New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
AC Mobil Panas Saat Jalan

AC Mobil Panas Saat Jalan

Judul sedikit aneh dan mungkin kurang bisa di terima oleh analisa, kenapa? Karena pada kebanyakan permasalahan ac mobil adalah sebaliknya yaitu “saat berhenti ac panas saat mobil jalan ac dingin” yang disebabkan oleh keausan kompresor.

AC Mobil Panas Saat Jalan

AC Mobil Panas Saat Jalan

Penyebab

Judul sedikit aneh dan mungkin kurang bisa di terima oleh analisa, kenapa? Karena pada kebanyakan permasalahan ac mobil adalah sebaliknya yaitu “AC Mobil Panas Saat Jalan” yang disebabkan oleh keausan kompresor. Saat AC Mobil Panas Saat Jalan tetapi saat jalan ac mobil dingin disebabkan oleh beberapa hal antara lain:

  • Kondensor kotor

    Menyebabkan pendinginan kondensor kurang saat mobil berhenti lihat posting prinsip kerja konden

  • Kemampuan kompressor memompa freon sudah tak maksimal

    biasanya dibarengi bunyi kompressor kasar, sehingga hanya saat putaran mesin tinggi kompressor bisa bekerja dengan baik.

Kembali ke judul posting, ketika di beritahu keluhan AC Mobil Panas Saat Jalan ? Pemilik menjelaskan setiap berhenti mobil sambil hidupkan ac, ac mobil dingin tetapi ketika dipakai jalan, hilang hawa dingin dari grill ac di dashboard. Harus matikan dulu ac mobil dan hidupkan lagi, setelah itu ac normal kembali.
Setelah mengikuti yang di beritahukan pemilik mobil, memang ternyata benar ac mobil saat dalam kondisi mobil diam ditempat ac dingin, tetapi saat di pakai jalan sehabis diam hilang hawa dingin dari grill ac.

Sambil perhatikan dengan seksama di bantu kemampuan analisa bisa diambil kesimpulan bahwa saat di pakai jalan sehabis berhenti on dan off kompressor terlalu cepat kurang dari 6 detik, lebih cepat daripada saat mobil kondisi berhenti. Masalahnya sudah jelas, thermistor cooler terlalu cepat memberi sinyal cut off kompressor ac yang menyebabkan AC Mobil Panas Saat Jalan.

Akhirnya apa yang dilakukan? setelah periksa semua sistem pendukung ac diperiksa bekerja dengan baik, termasuk jumlah freon cukup, kenapa jumlah freon ada hubungan nya ya dengan on/off kompressor?
Ya memang ada hubungan antara jumlah freon dengan kecepatan dari on/off kompressor, kompressor akan lebih cepat on /off kalau isi freon sekitar 80% dari kapasitas maksimal dalam satu mobil dan punya hubungan istimewa dengan thermistor cooler atau peraba suhu di evaporator, mungkin yang ini akan di bahas di posting terpisah.

Dibaca Juga: Cara Memperbaiki AC Mobil Yang Tidak Dingin Secara Mandiri

Setelah diketahui  masalahnya sudah jelas yaitu thermistor cooler terlalu cepat memberi sinyal cut off ke kompressor ac, lihat posting modifikasi thermistor cooler ac mobil dan akhirnya di lakukan cara yang sama, tetapi dengan ukuran atau nilai resistor yang berbeda dan hasilnya ac mobil normal kembali.

Perlu di ingat siapa yang melakukan pengukuran dengan kesadaran penuh dan pengetahuan akan terhindar dari kecelakaan.

Solusi

1.Periksa kondisi AC secara rutin

Lebih baik mencegah daripada mengobati, ato dalam istilah lainnya: Periksalah kondisi AC mobil Anda sebelum rusak seperti AC Mobil Panas Saat Jalan di kemudian hari.

Ikuti saja tips berikut ini:

a.Periksa temperatur mobil

Anda memeriksa temperatur mobil dengan menggunakan thermometer digital. Itu sangat penting.

Yup! Sebagai langkah pencegahan

Thermometer tidak hanya digunakan untuk mengukur suhu badan, tapi juga untuk mengukur suhu kendaraan bermotor. Caranya dengan mamasukkan ato menyelipkannya ke dalam grill(kisi-kisi) AC di dashboard mobil.

b.Setel Angin

Setelah kita Setel angin pada posisi angka 1, lalu periksa temperatur paling dingin-nya ada di suhu berapa derajat. Note-to-self: suhu dingin ideal ada di kisaran angka 30 sampai 80C. Biasanya pada saat suhu dingin ideal tercapai maka kompresor akan otomatis cut off.

Terus bagaimana kalau suhu sudah dibawah 30Ctapi kompresor tidak cut offcut off juga yang dapat menyebabkan AC Mobil Panas Saat Jalan ?Tenang…jangan dibanting thermometer-nya ato di-gebuk mobilnya. Itu tandanya sudah terjadi pembekuan di evaporator.

 Yang dimaksud dengan pembekuan di evaporator adalah adanya es batu yang mem-block keluarnya angin ke kabin penumpang. Hal seperti inilah yang nantinya mengakibatkanAC mobil Anda berembun.

Terus bagaimana?

Ada cara mengatasinya tidak jika sedang darurat ketika belum sempat ke bengkel ac mobil? Ada…hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan tiga langkah berikut:

1.Setel temperature AC ke posisi off dan angin pada posisi angka 3 atau 4 (posisi  blower max);

2.Matikan tombol AC (tombol kompresor) dan Biarkan selama 3  sampai  4 menit;

3.Sekarang coba nyalakan kembali sesuai dengan prosedur sebelumnya – angin pada posisi 1 dan seterusnya. Jika masih belum dingin juga, berarti AC Anda memang minta di-servis.

Gampang kan? Ya, tapi…ada tapinya loh! Servis AC tidak berhenti sampai disitu saja. Masih ada hal lain yang perlu Anda pahami, yaitu cara kerja sistem dan komponen-komponen pembentuknya untuk menghilangkan AC Mobil Panas Saat Jalan.

Dokter Mobil

Bagi anda yang membutuhkan perawatan dan service AC mobil untuk mengatasi masalah Kenapa AC Mobil Panas Saat Jalan

Silahkan menghubungi Dokter Mobil.

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil yang memiliki beberapa keunggulan seperti:

– Mekanik berpengalaman lebih dari 5 tahun
– Peralatan service yang lengkap dan berteknologi terbaru
– Spare part pengganti asli dan berkualitas
– Pengecheckan AC mobil yang “By Data” menggunakan mesin canggih
– Pengecheckan AC mobil GRATIS
– Garansi uang kembali 100% jika masalah muncul kembali.

Jika anda membutuhkan service silahkan menghubungi Dokter Mobil di phone/kontak:

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa
☏ (021) 2245 4429 ☏ 085817653292 ☏ 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887
WA : 087787133366 WA : 085817653292 WA : 0813-1991-2289 WA : 087887589899

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1242

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda
Fungsi Master Silinder Kopling Pada Kendaraan Anda
Rekomendasi Service AC Mobil Surabaya Untuk Mobil Anda