New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

AC Mobil Panas Di Siang Hari

Ada banyak penyebab AC Mobil Panas di Siang Hari ataupun di saat macet. Untuk itu anda perlu memperbaikinya segera karena 2 alasan. Pertama, membiarkan masalah ini dapat menyebabkan kerusakan lebih parah pada mobil anda. Kedua, membiarkan masalah ini dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara dan berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Penyebab AC Mobil Panas di Siang Hari

Mengendarai mobil di siang hari di kota besar dan panas seperti Jakarta sudah pasti harus dinetralisir dengan menyalakan AC mobil. Apes, perjalanan yang pada awalnya adem bin sejuk tiba-tiba berubah drastis. AC mobil mendadak tidak dingin. Sungguh sebuah pengalaman buruk yang tidak ingin Anda rasakan bukan?

Dilema pun mulai mengganggu pikiran. Membuka jendela jelas menjadi solusi paling cepat untuk membuat suhu di dalam kabin sedikit lebih sejuk. Tapi, dengan suhu di luar mobil yang sangat panas dan ditambah kemacetan di jalan yang dilalui, alhasil keringat pun mengucur deras membasahi tubuh.

Anda pernah mengalami hal seperti itu? AC mobil tidak dingin saat macet atau AC mobil tidak dingin hanya keluar angin? Sudah pasti kesal bukan? Perjalanan yang seharusnya menyenangkan bisa berubah menjadi menyebalkan.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab AC mobil tidak dingin. Mulai dari 

  1. Freon habis atau kurang

    Penyebab AC mobil tidak dingin bisa jadi karena freon yang habis. Sejatinya, freon tidak akan habis atau hilang selama tidak ada kebocoran pada sistem AC mobil. Kebocoran freon umumnya terjadi pada sambungan pipa yang sil o ring sudah getas dimakan usia. Bisa juga ada kerusakan di bagian saft maupun relief valve pada Kompresor.

    Penyebab lain dari kebocoran pada sistem AC yang mengakibatkan freon habis adalah lubang pada selang atau pipa. Lubang sebesar jarum saja udah cukup untuk membuat freon keluar dari sistem sirkulasi AC mobil.

    Untuk mengetahui lebih jauh apakah freon AC mobil masih cukup atau sudah habis bisa dilihat di bagaimana

  2. Fanbelt/Drivebelt putus

    Sebagai alat yang menyalurkan putaran mesin kepada Kompresor, fanbelt jelas punya peran vital terhadap kinerja AC mobil. Ketika fanbelt putus otomatis Kompresor tidak akan bisa bekerja atau berputar. Hasilnya sudah jelas, tanpa putaran pada Kompresor maka freon tidak bisa bersirkulasi sehingga ruangan kabin pun terasa panas.

  3. Kondenser kotor

    Selalu perhatikan kondisi Kondenser AC mobil Anda. Jangan sampai kotoran terlalu banyak dan terlalu lama menempel pada Kondenser. Kondisi Kondenser yang kotor bahkan berkarat akan membuat fungsinya menjadi tidak maksimal dalam membuang panas dari gas bertekanan tinggi yang dilepas Kompresor. Proses kondensasi yang kurang maksimal dari Kondenser yang kotor atau rusak bisa membuat AC mobil menjadi kurang dingin.

  4. Motor extrafan mati atau lemah

    Saat AC mobil Anda terasa kurang dingin, salah satu komponen yang harus dicek adalah motor extrafan. Tidak sulit melihat bahwa extrafan masih bekerja atau tidak. Saat AC mobil dinyalakan lihat apakah extrafan yang ada di depan Kondenser berputar atau hanya diam.

    Extrafan yang rusak akan membuat proses kondensasi pada Kondenser tidak berjalan dengan baik. Artinya tidak ada penurunan suhu di dalam Kondenser sehingga hawa panas inilah yang masuk dan dirasakan di dalam kabin.

    Bisa juga extrafan masih berputar tapi putarannya tidak cepat bahkan kadang-kadang berhenti. Itu artinya extrafan sudah lemah. Harus dilakukan penggantian dengan komponen yang baru untuk bisa kembali mendapatkan AC mobil yang dingin.

  5. Magnetic Clutch rusak

    Faktor lain yang bisa membuat AC mobil tidak dingin adalah kerusakan pada Magnetic Clutch. Kerusakan pada Magnetic Clutch ini bisa berupa putus, mati, atau terbakarnya spul sehingga center piece tidak terhubung dengan puli Kompresor. Alhasil Kompresor pun tidak berputar mengikuti putaran mesin. Bisa dillihat saat AC mobil dinyalakan dan fanbelt ikut berputar tapi Kompresor AC tidak ikut bekerja.

  6. Kompresor aus

    Kondisi Kompresor AC mobil yang sudah aus atau jebol biasanya akan ditandai dengan tekanan AC yang tidak normal. Selain itu, bisa juga dengan melihat Sight Glass yang akan terlihat hitam. Ini juga merupakan indikasi Receiver Dryer atau Expansion Valve tersumbat kotoran.

    Nah ketika tanda-tanda seperti di atas sudah muncul, segera saja ganti Kompresor AC mobil Anda. tidak ada jalan lain dengan mengganti Kompresor jika sudah aus. tidak mau ‘kan terlalu lama berpanas-panasan akibat AC mobil yang kurang optimal?

  7. Oli Kompresor berlebih

    Volume atau ruang di dalam Kompresor untuk menampung oli sudah diukur sedemikian rupa dan tidak boleh berubah. Ketika volume oli pada Kompresor berlebih maka ruang untuk freon otomatis akan berkurang. Ambil contoh sebuah mobil membutuhkan 0,5 kg freon untuk membuat AC mobil terasa dingin. karena ruang untuk freon di dalam Kompresor berkurang akibat oli yang berlebih maka freon kurang memadai untuk membuat dingin kabin mobil.

    Jika dipaksakan dengan memasukkan 0,5 kg freon ke dalam sistem AC mobil maka yang terjadi adalah tekanan AC yang berlebihan. AC mobil pun bisa mengalami overheat dan yang terasa di kabin justru hawa panas.

  8. Tekanan sistem AC mobil yang berlebihan

    Seperti yang dijelaskan di poin ke-7, oli Kompresor yang melebihi takaran akan membuat tekanan pada freon meningkat. Tekanan yang berlebihan inilah yang kemudian membuat Kompresor terlalu panas. Kondenser kesulitan untuk melakukan proses kondensasi. Akibat kinerja kedua komponen tersebut yang kurang maksimal suhu AC mobil tidak terasa dingin.

  9. Evaporator yang kotor atau tersumbat

    Debu menjadi momok utama dari masalah yang dialami Evaporator. Debu atau kotoran lain yang menempel pada Evaporator merupakan  hasil hisapan blower yang memang terhubung langsung dengan Evaporator. Dengan adanya kotoran dan debu maka  aliran udara yang dihembuskan blower akan terhambat. Hal ini mengakibatkan sistem sirkulasi AC kurang lancar, sehingga AC kurang atau malah tidak dingin sama sekali.

    Bisa juga hambatan yang dialami Evaporator adalah karena filter AC yang udah lama tidak dibersihkan. Debu yang menempel pada filter lah yang membuat aliran udara terhambat dan AC mobil menjadi terasa kurang dingin.

  10. Saluran pembuangan air kondensasi tersumbat

    AC mobil Anda kurang dingin? Boleh jadi penyebabnya adalah tersumbatnya saluran pembuangan air kondensasi. Ciri-ciri ada sumbatan pada saluran pembuangan air kondensasi adalah ada tetesan air di bawah dashboard. Bisa juga bagian atas dashboard menjadi berembun ketika AC dinyalakan.

    Hal tersebut terjadi akibat boks Evaporator dipenuhi dengan air karena tersumbatnya saluran air kondensasi. Ketika air memenuhi boks Evaporator maka aliran udara yang dihembuskan blower otomatis akan terhambat. Alih-alih bisa membuat kabin terasa dingin, yang terjadi malah karpet menjadi basah dan menyebabkan bau lembap yang kurang sedap.

  11. Thermistor atau Termostart yang bermasalah

    Di dalam Evaporator terdapat satu alat yang berfungsi untuk membaca temperatur atau suhu. Alat bernama Thermistor Cooler atau Thermostat ini akan membaca perubahan temperatur yang terjadi dan kemudian melanjutkan data yang diperoleh kepada amplifier.

    Pada amplifier inilah akan ditentukan dan diatur waktu cut off dari Kompresor. Ketika alat initidak berfungsi, otomatis sistem AC akan terganggu dan berdampak pada suhu AC mobil yang tidak dingin atau kurang dingin.

Solusi :

  1. Perbaikan yang bisa dilakukan adalah penggantian motor fan radiator atau memperbaiki kerusakan fan radiator dan isi freon yang sudah berkurang tersebut.
  2. Evaporator kotor dan berdebu dengan tanda angin ac kecil dan filter kabin kotor. Hal ini bisa dengan mudah dilihat dari slang ac tekanan rendah terlihat berembun tetapi udara ac di dalam kabin terasa kurang dingin.

Periksa kondisi dan bersihkan atau ganti filter kabin yang terletak dirunah evaporator biasanya berada di sebelah kiri dashboard. Dan membersihkan permukaan evaporator, jika filter kabin sudah dibersihkan tetapi angin ac masih kurang kencang.

Dokter Mobil

Bagi anda yang membutuhkan perawatan dan service AC mobil untuk mengatasi masalah AC Mobil Panas Di Siang Hari

Silahkan menghubungi Dokter Mobil.

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil yang memiliki beberapa keunggulan seperti:

– Mekanik berpengalaman lebih dari 5 tahun
– Peralatan service yang lengkap dan berteknologi terbaru
– Spare part pengganti asli dan berkualitas
– Pengecheckan AC mobil yang “By Data” menggunakan mesin canggih
– Pengecheckan AC mobil GRATIS
– Garansi uang kembali 100% jika masalah muncul kembali.

Jika anda membutuhkan service AC Mobil Panas di Siang Hari silahkan menghubungi Dokter Mobil di phone/kontak:

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa
☏ (021) 2245 4429 ☏ 085817653292 ☏ 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887
WA : 087787133366 WA : 085817653292 WA : 0813-1991-2289 WA : 087887589899

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!