📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Biar Awet Sempurna, Ini Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua

Biar Awet Sempurna, Ini Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua

Mesin mobil tua membutuhkan perawatan khusus agar tetap berfungsi dengan baik. Melakukan pembersihan secara berkala dapat membantu Anda menghemat biaya perbaikan dan menjaga kinerja mesin. Pembersihan mesin mobil tua Anda membutuhkan waktu dan usaha, tetapi jika dilakukan dengan benar, Anda dapat memastikan mesin tetap berfungsi dengan baik. 

Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua

Agar ‘mobil tua’ yang Anda gunakan performanya selalu optimal, berikut adalah beberapa saran tentang cara membersihkan mesin mobil tua Anda.

  1. Siapkan Alat-alat yang Dibutuhkan

Pertama-tama, pastikan Anda memiliki alat yang sesuai untuk melakukan pembersihan mesin. Anda akan membutuhkan sikat khusus untuk membersihkan bagian mesin dan pelumas. Juga, pastikan Anda memiliki bahan pembersih khusus untuk mesin, seperti deterjen atau bahan pelumas. Gunakan cara yang benar ketika menggunakan alat-alat ini, dan hindari memasukkan bahan kimia berbahaya ke bagian mesin.

  1. Keluarkan Bagian Mesin yang Akan Dibersihkan

Selanjutnya, Anda harus mengeluarkan semua bagian mesin yang akan Anda bersihkan. Anda dapat melakukannya dengan mengangkat bagian mesin dengan tangan. Pastikan tangan Anda tidak kotor ketika melakukan hal ini. Anda juga harus mengeluarkan semua bagian lain yang berisiko terkena debu dan kotoran. Jika mungkin, hindari menggunakan alat untuk mengeluarkan bagian mesin.

  1. Lakukan Pembersihan

Setelah Anda selesai mengeluarkan bagian mesin, Anda dapat mulai membersihkannya. Gunakan sikat untuk membersihkan bagian mesin dengan bahan pembersih khusus untuk mesin. Pastikan bahwa Anda menggosok bagian mesin dengan lembut, agar tidak merusak bagian mesin. Jika Anda menemukan bagian mesin yang sangat kotor, Anda dapat menggunakan bahan kimia untuk membersihkannya. Jangan gunakan bahan kimia terlalu banyak, karena dapat merusak bagian mesin.

  1. Ganti Oli Mesin

Setelah selesai membersihkan bagian mesin, Anda dapat mulai mengganti pelumas dan oli. Pastikan Anda menggunakan jenis pelumas dan oli yang sesuai dengan mesin Anda. Gunakan pelumas dan oli dengan takaran dan interval yang tepat. Dilansir dari situs resmi Kia, pergantian oli mesin dapat dilakukan setiap mobil sudah mencapai jarak tempuh 4.500 km hingga 15.000 km. 

Baca Juga: Kapan Ganti Oli Transmisi Mobil Matic yang Tepat?

  1. Pasang Kembali Komponen Mesin

Setelah Anda selesai mengganti pelumas dan oli, Anda dapat mulai memasang kembali bagian mesin yang telah Anda keluarkan. Pastikan Anda memasang bagian mesin dengan benar agar bagian mesin berfungsi dengan baik. Jika Anda tidak yakin tentang cara memasang bagian mesin, Anda dapat meminta bantuan ahli mekanik.

Pembersihan Mesin Mobil Tua Tanpa Bongkar dengan Service Tune Up Jet Clean di Dokter Mobil

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Pembersihan mesin mobil tua Anda dapat membantu Anda menjaga kinerja mesin. Pembersihan secara berkala dapat membantu Anda menghemat biaya perbaikan dan memastikan bahwa mesin berfungsi dengan baik.

Dengan melakukan pembersihan secara berkala, Anda dapat memastikan bahwa mesin tetap berfungsi dengan baik.

Apabila Anda tak yakin bagaimana cara membersihkan mesin mobil yang baik, Anda dapat percayakan langsung pada bengkel spesialis service tune up terpercaya dari Dokter Mobil. 

Penutup

Itulah beberapa tips tentang cara membersihkan mesin mobil tua. Pastikan Anda menggunakan alat yang sesuai, bahan pembersih khusus untuk mesin, dan pelumas dan oli yang tepat untuk memastikan bahwa mesin Anda berfungsi dengan baik. Jika Anda tidak yakin tentang cara membersihkan mesin mobil tua Anda, Anda dapat menghubungi ahli mekanik untuk membantu Anda.

Demikianlah artikel tentang cara membersihkan mesin mobil tua. Dengan melakukan pembersihan secara berkala, Anda dapat memastikan bahwa mesin tetap berfungsi dengan baik

Referensi:

Kia. How often should I change the oil in a car? https://www.kia.com/dm/discover-kia/ask/how-often-should-i-change-the-oil-in-a-car.html (Diakses 13 Januari 2023)

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!