New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus

Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Menyala Terus Menerus

Sebenarnya cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus bisa Kamu deteksi sendiri sehingga perbaikan akan lebih mudah nantinya. Pada dasarnya, bila lampu indikator terus menerus menyala maka artinya mobil memerlukan perbaikan. Dan tentu saja hal tersebut berkaitan dengan munculnya kendala yang menimpa mobil kesayangan.

Lalu bagaimana cara mengatasi lampu indikator yang terus menyala? Simak ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Menyala Terus Menerus

cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus

  1. Indikator dengan lambang oli

Jika lampu indikator dengan lambang oli terus menyala, menandakan bahwa oli yang ada pada mesin tinggal sedikit atau bahkan habis. Kamu sudah bisa menebak solusinya bukan? Ya, cara mengatasinya adalah dengan mengganti atau menambah oli. Jangan biarkan mobil kehabisan oli dalam jangka waktu lama karena dapat menimbulkan kerusakan pada komponen-komponen mesin.

  1. Indikator dengan lambang aki

Tak jauh berbeda dengan sebelumnya, bila lampu indikator berlambang aki menyala, menandakan bahwa aki yang terdapat pada mobil sudah mulai kehilangan daya. Solusi terbaiknya adalah segera mengganti aki mobil dengan yang baru.

  1. Indikator dengan lambang engine check

Bagi yang belum tahu, cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus berupa gambar bongkahan mesin, tidak asing bukan? Jika Kamu menemukan indikator ini menyala, sangat disarankan untuk memperbaikinya sesegera mungkin sebelum terjadi kerusakan lebih parah. Ada dua cara untuk mengatasi hal ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

Cara yang pertama, saat mesin dalam kondisi mati Kamu bisa mencabut konektor aki negatif. Kemudian hubungkan bagian konektor aki positif dan negatif, tunggu sekitar 5 detik lalu pasang kembali. Cek lampu indikator, seharusnya permasalahan sudah dapat diselesaikan. Namun bila masih menyala maka ada kemungkinan terjadi masalah lain.

Cara yang kedua yang dapat Kamu lakukan adalah men-scan ulang. Hal ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas letak masalah pada sensor yang mengalami kerusakan. Tentu lebih sederhana dan cepat karena setelah Kamu tahu letak kerusakan sensor, Kamu hanya perlu memperbaiki atau menggantinya.

  1. Indikator dengan lambang airbag

cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus

Biasanya, cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus ini hanya terdapat pada jenis mobil keluaran terbaru, pasalnya kendaraan keluaran lama kebanyakan tidak dibekali dengan airbag. Dengan adanya indikator, Kamu dapat memastikan kondisi airbag yang ada pada mobil dalam keadaan baik atau malah sebaliknya. Bila indikator airbag menyala, tentu harus segera diperbaiki karena sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan bilamana terjadi kecelakaan. Untuk mengatasinya, Kamu dapat membawa mobil kesayangan ke bengkel atau dealer resmi terdekat.

Baca Juga : Mobil Tersendat Saat Akselerasi

Nah, itulah beberapa cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus yang harus Kamu ketahui. Lakukan perbaikan sesegera mungkin sebelum komponen lain pada mobil terkena dampaknya. Semoga tulisan ini bermanfaat khususnya untuk Kamu yang tengah mengalami kendala serupa.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2132

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *