New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Ini Sebab Dinamo AC Mobil Jadi Berisik

Seberapa sering Dinamo AC Mobil Sobat Jadi Berisik? Hal ini tentu menganggu kenyaman berkendara karena suara bising yang ditimbulkan.  Kenali sebab masalah-masalah umum yang menyebabkan kerusakan pada kompresor AC.

Suara kompresor berisik yang seperti gesekan benda logam itu, disebabkan oleh beberapa masalah. Diantaranya seperti karena oli kompresor yang kurang, piston dalam kompresor aus dan longgarnya bearing.

Jangan anggap enteng masalah satu ini, karena cukup berdampak buruk pada mobilmu itu. Memang selama jangka waktu tertentu tidak akan ada efek samping. Tetapi, lambat laun AC mobilmu itu tidak dingin saat mobil berjalan pada RPM rendah.

Selengkapnya, yuk simak dibawah ini;

1. Fan mati atau lemah

Ketika Fan AC maupun fan radiator mati/lemah, akan membuat tekanan freon pada jalur high press meningkat atau overheat. Hal ini akan membuat kompresor menjadi panas berlebihan, serta berpotensi menjadi bermasalah seperti bunyi kasar ataupun bocor.

2. Freon yang terlalu sedikit didalam sistem

Jika pada selang freon AC mobil terdapat lubang atau retakan, AC akan mengalami kebocoran freon. Dan setelah beberapa saat, level freonnya jadi sangat rendah dan mengakibatkan kompresor harus bekerja lebih keras memompa freon yang cukup ke seluruh sistem untuk mendinginkan kabin. Ketegangan ini akhirnya akan menyebabkan kondisi kompresor memburuk.

3. Terlalu banyak freon yang diisi

Apabila AC mobil kita ditangani oleh teknisi yang kualifikasinya kurang memadai lalu teknisi tersebut menambahkan terlalu banyak freon, atau bahkan menggunakan tipe freon yang salah, hal tersebut dapat berefek mematikan pada kompresor.

4. Kebuntuan / mampet

Pada dasarnya, sistem kerja AC mobil adalah sirkulasi freon secara terus-menerus didalam sistem. Apabila aliran sirkulasi yang terhambat (buntu) membuat kompresor terus berkerja (memompa) akan tetapi aliran sirkulasi tidak normal dan mengakibatkan kompresor jebol.

5. Oli pelumas yang tidak cukup

Anggaplah oli pelumas AC ini sebagai darah di tubuh manusia. Jika oli ini tidak cukup, sistem tidak dapat bekerja dengan benar dan segala jenis masalah dapat timbul, termasuk masalah kerusakan kompresor AC. Saat sistem terawat secara rutin oleh teknisi AC yang profesional, teknisi tersebut akan mengecek level oli dan kondisi pompa oli untuk mencegah masalah yang satu ini.

6. Hilangnya kompresi pada kompresor

Kamu perlu tahu apa itu fungsi kompresor sendiri ? perhatikan baik-baik ya ! Fungsi dasar kompresor sendiri adalah untuk menghisap refigrerant (freon) dan memompanya menuju kondensor AC dengan tekanan yang lebih tinggi.

Nah, apabila fungsi kompresi tadi berkurang, maka akan timbul gejala seperti AC kurang dingin saat mobilmu itu melaju pada RPM yang rendah dan akan sangat dingin bila saat mobilmu melaju di kecepatan tinggi.

7. Magnetic Clutch bermasalah

Sudah tahu, apa itu magnetic clutch? Ya ini juga merupakan komponen penting dalam suatu kendaraan, khususnya mobil. Komponen satu ini lah yang menyambungkan putaran mesin dengan kompresor. Apabila kinerja magnetic clutch mulai lemah, efeknya juga berdampak pasa AC mobilmu yang mana akan lebih dingin saat mobil dipacu pada kecepatan tinggi.

8. Kebocoran saluran AC

Yang terakhir, yaitu masalah kebocoran saluran AC pada mobil. Hal inilah yang membuat refrigerant cepat habis dan menyebabkan oli pada kompresor akan dikeluarkan sedikit demi sedikit sampai habis.

9. Usia pemakaian

Dengan mengikuti prosedur pemakaian dan perawatan yang rutin tentunya dapat memperpanjang usia komponen komponen spare part ac mobil anda khusus nya pada kompresor.

Nah, itulah ulasan terkait Sebab Dinamo AC Mobil Sobat Jadi Berisik.

Sobat juga dapat mengunjungi Dokter Mobil untuk mendapatkan pelayanan Service AC dan Tune Up dengan sistem Tanpa Bongkar Pertama di Indonesia. Dengan hasil data yang akurat dan dapat dicetak dengan garansi service. Semoga bermanfaat dan dapat membantu untuk DomoLovers 🙂

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!