📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Fitur Eco Driving: Kelebihan, Kekurangan, hingga Kiat Penggunaan

Fitur Eco Driving - Kelebihan, Kekurangan, hingga Kiat Penggunaan

Eco driving adalah sebuah mode berkendara mobil yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbon dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Dengan mengubah cara Anda mengemudi, Anda dapat membantu melindungi lingkungan dan menghemat pengeluaran akibat borosnya konsumsi bensin. 

Fitur eco driving berfokus pada mengurangi gesekan dan penggunaan bahan bakar yang tidak perlu, sehingga menghasilkan penghematan bahan bakar yang signifikan. Di sini, akan  dijelaskan lebih dekat bagaimana Anda dapat mengubah cara Anda mengemudi untuk mencapai manfaat eco driving.

Apa Itu Eco Driving?

Eco driving adalah teknik mengemudi yang telah dirancang khusus untuk membantu pengendara mobil matic meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Ini dilakukan dengan menggunakan teknik berpikir yang tepat tentang bagaimana memaksimalkan kinerja mesin tanpa menimbulkan peningkatan emisi gas buang. Hal ini mungkin meliputi penggunaan perlahan-lahan, penggunaan gigi yang tepat, dan menghindari menggunakan pedal gas secara berlebihan. Dengan menerapkan eco driving saat berkendara di mobil matic, pengendara mobil matic dapat melakukan  penghematan bahan bakar yang signifikan dan mengurangi polusi.

Fitur ini akan memonitor kecepatan mobil, akselerasi, dan penggunaan mesin untuk memastikan bahwa pengemudi berkendara dengan efisien. Fitur ini juga akan memberi tahu pengemudi jika ia terlalu lama berhenti di persimpangan jalan atau jika ia mengendarai mobil terlalu berat. Secara keseluruhan, fitur ini akan membantu pengemudi untuk melakukan penghematan bahan bakar dengan memonitor penggunaan mesin dan mengikuti cara berkendara yang lebih efisien.

Kelebihan dan Kekurangan Eco Driving

Kelebihan dan Kekurangan Eco Driving

Memiliki sisi kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari fitur eco driving pada mobil matic.

Kelebihan Eco Driving

Inilah sisi kelebihan dan keunggulan dari adanya fitur eco driving:

  1. Lebih Hemat BBM

Fitur Eco Driving membantu meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar, dengan membantu mengendalikan laju kendaraan dan optimalkan penggunaan mesin. Ini membantu mengurangi penggunaan bahan bakar dan meningkatkan jarak tempuh per liter.

  1. Lebih Halus & Aman

Fitur Eco Driving membantu meningkatkan kehalusan dan kestabilan pengemudi. Ketika mobil matic berjalan dengan laju yang tepat, maka tidak akan ada jeritan mesin dan pengemudi akan lebih aman.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers đź‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Lebih Ramah Lingkungan

Eco Driving membantu mengurangi emisi karbon dan meningkatkan kualitas udara. Ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk melawan perubahan iklim.

  1. Lebih Aman

Fitur Eco Driving juga membantu meningkatkan keselamatan pengemudi. Penggunaan mesin yang efisien dapat membantu menghemat waktu dan mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan.

  1. Lebih Nyaman

Fitur Eco Driving juga membantu meningkatkan kenyamanan pengemudi. Ini membantu meminimalkan gesekan antara mesin dan mobil, sehingga pengemudi akan lebih nyaman saat berkendara.

  1. Lebih Cepat

Fitur Eco Driving membantu menghemat waktu dengan mengurangi jumlah gulungan dan meningkatkan efisiensi mesin. Ini membantu pengemudi mencapai tujuan lebih cepat.

Baca Juga: Cek Fakta: Ngebut Bikin Mesin Mobil Optimal?

Kekurangan Eco Driving

Perlu dipertimbangkan pula, inilah kekurangan dari fitur eco driving pada mobil matic:

  1. Tidak Ada Kontrol Transmisi secara Manual

Fitur Eco Driving menyediakan transmisi otomatis untuk mengontrol kecepatan mobil. Hal ini berarti Anda tidak dapat mengubah kecepatan transmisi secara manual untuk mengatur kecepatan mobil.

  1. Kurang Safety (Bagi Sebagian Pengguna)

Karena Anda tidak dapat mengontrol transmisi secara manual, maka Anda tidak akan dapat bereaksi secara cepat terhadap situasi yang berubah.

  1. Konsumsi Bahan Bakar yang Tinggi

Karena fitur Eco Driving beroperasi dengan menggunakan transmisi otomatis, maka bahan bakar yang dikonsumsi akan lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan sistem transmisi manual.

  1. Kinerja Mesin yang Kurang Responsif

Karena fitur Eco Driving mengontrol kecepatan mobil secara otomatis, maka kinerja mesin tidak akan responsif seperti ketika Anda menggunakan transmisi manual. 

Fitur eco driving pada mobil matic membuat kinerja mesin jadi kurang responsif karena fitur ini meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan mengurangi tingkat pemakaian bahan bakar. Hal ini dicapai dengan mengurangi jumlah rpm mesin, yang menyebabkan konsumsi bahan bakar menurun dan menurunkan tingkat responsivitas mesin.

  1. Tidak Ada Kontrol Laju

Anda tidak dapat mengontrol laju mobil secara manual. Ini berarti Anda tidak dapat menyesuaikan kecepatan mobil sesuai dengan kondisi jalan dan kondisi lalu lintas yang berbeda.

  1. Biaya Perawatan yang Tinggi

Fitur Eco Driving menggunakan sistem transmisi otomatis yang membutuhkan banyak perawatan. Hal ini berarti biaya perawatan akan menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan sistem transmisi manual.

Kiat yang Perlu Diperhatikan saat Gunakan Eco Driving

Ada beberapa yang perlu diperhatikan saat Anda ingin mengaktifkan fitur eco driving saat sedang menyetir mobil matic. Berikut ini adalah kiat-kiat yang tak boleh Anda lewatkan:

  1. Berhati-hati saat menggunakan fitur eco driving.
  1. Jangan menggunakan fitur eco driving di saat lalu lintas padat.
  1. Pastikan untuk menyesuaikan kecepatan mobil dengan kondisi jalan.
  1. Jangan menggunakan fitur eco driving di saat berbelok.
  1. Jangan menggunakan fitur eco driving untuk mengerem mobil.
  1. Pastikan bahwa fitur eco driving tidak menyebabkan akselerasi mobil yang berlebihan.
  1. Aktifkan fitur eco driving secara bertahap ketika mempercepat mobil.
  1. Jangan menggunakan fitur eco driving pada kondisi jalan yang berliku.
  1. Pastikan bahwa fitur eco driving tidak menyebabkan kendaraan berjalan terlalu lambat di jalan raya.
  1. Pastikan untuk menggunakan fitur eco driving dengan benar dan tepat

Agar fitur eco driving selalu terjaga kondisinya, penting untuk selalu merawat kondisi transmisi mobil Anda agar kinerja mobil selalu optimal. Pastikan untuk memilih bengkel spesialis transmisi terpercaya di DOMO Transmisi. —

Referensi:

Kumar, A., & Gopalakrishnan, S. (2016). Influence of Eco-driving on Performance and Emission of a diesel engine. International Journal of Scientific and Research Publications, 6(5), 8-12.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers đź‘‹, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya