📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Fungsi Filter Dryer AC Mobil, Ternyata Sangat Fundamental

Fungsi Filter Dryer AC Mobil, Ternyata Sangat Fundamental

AC mobil merupakan salah satu fitur yang sangat penting bagi pengguna kendaraan, terutama di negara tropis seperti Indonesia. AC mobil sangat membantu dalam memberikan kenyamanan selama berkendara, terutama ketika berada di jalanan yang macet atau saat berkendara di siang hari yang panas terik. Namun, perlu diingat bahwa AC mobil juga memerlukan perawatan yang baik agar dapat berfungsi dengan optimal. Salah satu komponen yang sangat penting dalam AC mobil adalah filter dryer. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai apa itu filter dryer AC mobil, fungsi filter dryer, cara kerja filter dryer, kapan perlu mengganti filter dryer AC mobil, dan efek dari jarang mengganti filter dryer AC mobil.

Apa itu Filter Dryer AC Mobil?

Filter dryer adalah salah satu komponen utama dalam sistem AC mobil yang berfungsi untuk menyaring kotoran dan air yang terdapat dalam sistem pendingin AC. Filter dryer biasanya terletak di antara kompresor dan evaporator. Filter dryer sendiri terdiri dari beberapa bagian, yaitu filter, dryer, dan desiccant.

Fungsi Filter Dryer AC Mobil

Komponen AC mobil yang satu ini memiliki beragam fungsi yang berguna untuk menunjang kinerja dan performa AC mobil, diantaranya sebagai berikut.

  1. Menyaring Kotoran dan Air

Fungsi utama dari filter dryer AC mobil adalah untuk menyaring kotoran dan air yang terdapat dalam sistem pendingin AC. Kotoran dan air dapat merusak sistem pendingin AC dan mengurangi kinerja AC. Filter pada filter dryer berfungsi untuk menyaring kotoran yang terdapat dalam sistem pendingin AC. Kotoran ini bisa berupa debu, serbuk, kotoran hewan peliharaan, dan lain sebagainya. Jika kotoran ini tidak disaring dengan baik, maka akan masuk ke dalam sistem pendingin AC dan dapat merusak komponen-komponen dalam sistem tersebut. Kotoran juga dapat menyumbat pipa AC, sehingga mengurangi kinerja AC.

Kotoran pada sistem pendingin AC bisa berasal dari dalam mobil atau dari lingkungan sekitar mobil. Jika AC mobil digunakan dalam lingkungan yang berdebu atau berlumpur, maka kotoran akan masuk ke dalam sistem pendingin AC. Kotoran juga bisa masuk ke dalam sistem AC melalui filter udara AC mobil yang tidak berfungsi dengan baik. Jika kotoran ini tidak disaring dengan baik oleh filter dryer, maka akan merusak komponen-komponen dalam sistem pendingin AC.

  1. Mencegah Korosi

Filter dryer juga berfungsi untuk mencegah korosi pada komponen-komponen dalam sistem pendingin AC. Kotoran dan air yang terdapat dalam sistem AC dapat menyebabkan korosi pada pipa, kompresor, dan evaporator. Korosi pada pipa AC dapat membuat pipa menjadi berlubang dan mengurangi kinerja AC. Korosi pada kompresor AC dapat merusak kompresor dan menyebabkan kebocoran gas pendingin. Korosi pada evaporator dapat membuat evaporator bocor dan mengurangi kinerja AC. Dengan adanya filter dryer yang berfungsi dengan baik, kotoran dan air dapat disaring dengan baik sehingga dapat mencegah terjadinya korosi pada komponen-komponen dalam sistem pendingin AC.

  1. Menjaga Tekanan Sistem

Filter dryer juga berfungsi untuk menjaga tekanan sistem pendingin AC agar tetap stabil. Tekanan yang tidak stabil dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pendingin AC dan mempengaruhi kinerja AC. Jika tekanan pada sistem pendingin AC terlalu tinggi, maka bisa menyebabkan kebocoran gas pendingin. Jika tekanan pada sistem AC terlalu rendah, maka kinerja AC akan menurun dan tidak mampu mendinginkan ruangan mobil dengan baik. Dengan adanya filter dryer yang berfungsi dengan baik, tekanan pada sistem pendingin AC dapat dijaga agar tetap stabil sehingga dapat mempertahankan kinerja AC yang optimal.

Kapan Perlu Ganti Filter Dryer AC Mobil?

Seperti komponen lainnya, filter dryer AC mobil juga memerlukan perawatan dan perhatian agar dapat berfungsi dengan optimal. Filter dryer perlu diganti secara berkala untuk menjaga kinerja AC mobil. Penggantian filter dryer tergantung pada kondisi filter dryer dan pemakaian mobil. Sebagai aturan umum, filter dryer sebaiknya diganti setiap 2 tahun atau setiap 30.000 kilometer. Namun, jika mobil digunakan dalam kondisi yang ekstrem atau sering digunakan dalam waktu yang lama, filter dryer perlu diganti lebih sering.

Efek Jarang Ganti Filter Dryer AC Mobil

Jarang mengganti filter dryer AC mobil dapat menyebabkan berbagai masalah pada sistem pendingin AC mobil, antara lain:

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Berkurangnya Performa AC

Ketika filter dryer AC mobil sudah kotor atau rusak, maka performa AC mobil juga akan menurun. Hal ini disebabkan karena sistem pendingin AC tidak bekerja dengan optimal. Udara yang dikeluarkan AC juga tidak sejuk seperti biasanya dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendinginkan ruangan mobil.

  1. Timbulnya Bau Tidak Sedap

Ketika filter dryer AC mobil sudah kotor atau rusak, maka bisa timbul bau tidak sedap pada udara yang dikeluarkan oleh AC. Hal ini disebabkan oleh kotoran yang menumpuk pada filter dryer dan tidak dapat disaring dengan baik.

Baca Juga: AC Mobil Bau Saat Baru Dinyalakan? Ternyata Ini Penyebabnya

  1. Meningkatnya Biaya Perawatan

Jika filter dryer AC mobil tidak diganti secara berkala, maka dapat meningkatkan biaya perawatan AC mobil secara keseluruhan. Kerusakan pada filter dryer dapat mempengaruhi komponen lain pada sistem pendingin AC mobil dan mempercepat kerusakan pada komponen tersebut. Akibatnya, biaya perawatan AC mobil akan meningkat.

  1. Kerusakan pada Komponen Lain

Jika filter dryer AC mobil tidak diganti secara berkala, maka dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain pada sistem pendingin AC mobil. Kotoran dan air yang tidak disaring dengan baik dapat menyebabkan korosi pada pipa, kompresor, dan evaporator.

Perawatan filter dryer AC mobil merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kinerja sistem pendingin AC mobil secara keseluruhan.

Penggantian filter dryer secara berkala dan dilakukan perawatan secara berkala adalah hal yang harus dilakukan untuk menjaga kinerja AC mobil dan mencegah kerusakan pada komponen lain dalam sistem pendingin AC mobil.

Oleh karena itu, penting untuk mencari bengkel spesialis AC mobil terpercaya yang dapat melakukan penggantian filter dryer AC mobil dan perawatan sistem pendingin AC dengan baik dan benar.

Penutup

Dari paparan informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa filter dryer AC mobil sangat fundamental dan perlu diperhatikan dalam perawatan AC mobil secara keseluruhan. Filter dryer berfungsi untuk menyaring kotoran dan air, mencegah korosi pada komponen-komponen dalam sistem pendingin AC, dan menjaga tekanan sistem agar tetap stabil. Filter dryer perlu diganti secara berkala untuk menjaga kinerja AC mobil dan mencegah kerusakan pada komponen lain dalam sistem pendingin AC mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!