📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Ciri-ciri dan Solusi Kompresor AC Mobil Lemah

Ciri-ciri dan Solusi Kompresor AC Mobil Lemah

Kompresor AC mobil lemah, biasanya ditandai dengan beberapa ciri-ciri. Selain itu, di saat sudah berada di posisi tersebut dan tidak kunjung diperbaiki, maka permasalahan ini dapat merusak beberapa komponen lainnya.

Jadi bagi Anda yang sudah mengalami permasalahan pada kompresor AC mobil lemah, bisa segera mungkin untuk melakukan perbaikan di bengkel spesialis AC terpercaya. Hal ini guna melakukan pengecekan dan memastikan kompresor AC masih aman digunakan.

Ada beberapa ciri-ciri kompresor AC mobil lemah. Sedangkan, untuk Anda yang mempunyai kendaran roda empat dan ingin tahu mengenai ciri-ciri tersebut bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Ciri-ciri Kompresor AC Mobil Lemah

Pada umumnya kompresor AC mobil mempunyai ukuran pakai mulai dari 5-10 tahun. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bisa rusak lebih cepat tergantung dari pemakaian serta perawatan yang diberikan. Ciri-ciri kompresor AC mobil lemah adalah:

  1. Muncul Bunyi Kasar

Ciri pertama kompresor AC mobil lemah adalah muncul bunyi kasar atau bising di saat AC pertama kali dihidupkan. Suara kasar ini dihasilkan oleh piston atau bearing karena pelumasan oli tidak bisa berjalan secara optimal.

Umumnya gejala ini disebabkan oleh oli kompresor yang sudah mulai aus atau habis. Selain itu, indikasi bunyi ini menjadi tanda bahwa ada kerusakan internal mesin AC dan berujung pada kerusakan.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk melakukan pergantian oli kompresor setiap menempuh jarak 20 kilometer. Tujuannya supaya terhindar dari kerusakan pada komponen lainnya.

  1. Perlahan AC Tidak Dingin

Ciri kedua kompresor AC mobil lemah adalah perlahan-lahan AC tidak dingin sama sekali. Secara umumnya, ketika pertama kali menyalakan AC masih sejuk. Akan tetapi, kelama-lamaan kesejukan AC ini akan berkurang dengan sendirinya.

Gejala ini biasanya dinamakan dengan kehilangan kompresi atau tekanan karena kompresor AC sudah melemah. Dampaknya, yaitu AC bisa tidak dingin sama sekali akibat kompresi sudah benar-benar hilang.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Baca Juga: 6 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

  1. Freon Bocor

Ketika sudah mengalami freon bocor, maka Anda jangan pernah beranggapan masalah tersebut sepele. Komponen freon yang bocor ini tidak bisa menyalurkan uap dengan optimal oleh kompresor.

Sebaiknya Anda segera mengatasi permasalahan tersebut, karena kebocoran freon ini bisa membuat cairan yang ada di dalamnya habis dalam hitungan bulan saja. Dampak lain yang ditimbulkan dari ciri kompresor AC mobil lemah adalah udap bisa terhisap dengan bebas oleh pengendara mobil.

Dengan hal tersebut nantinya bisa mengancam kesehatan tubuh. Ada beberapa masalah tubuh yang diakibatkan oleh freon bocor, yaitu iritasi mata dan kinerja jantung yang bisa terganggu.

Cara Mengatasi Kompresor AC Mobil Lemah

Cara Mengatasi Kompresor AC Mobil Lemah

Pada saat mengalami kompresor AC mobil yang sudah melemah, Anda bisa melakukan perbaikan sendiri atau meminta bantuan bengkel terdekat. Jangan menjadikan kerusakan kecil ini semakin meluas begitu saja. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kompresor AC mobil lemah, yaitu:

  1. Memperhatikan Suara Kompresor

Panduan cara mengatasi kompresor yang lemah adalah memperhatikan suara yang keluar dari mesin kompresor terlebih dahulu. Cirinya adalah terdengar suara kasar seperti orang ngorok.

Ketika sudah terjadi seperti itu, maka untuk Anda segera melakukan pemeriksaan kondisi kompresor AC ke bengkel terdekat. Apalagi, di saat sudah disertai dengan menurunnya kualitas pendinginan di dalam kabin harus ditindaklanjuti segera.

  1. Memperhatikan Aliran Angin

Sebelum melakukan perbaikan, tentunya Anda harus merasakan kualitas dari tiupan angin AC kendaraan. Perhatikan bedanya di saat mobil berada di keadaan mati, dibandingkan di saat hidup. Kalau di saat kondisi idle yang kurang bagus, sedangkan di saat mobil dinyalakan jadi lebih dingin. Artinya, memang terjadi masalah pada sistem kompresi AC mobilnya.

  1. Memperhatikan Apakah Ada Kebocoran

Di dalam mengatasi kompresor AC mobil lemah, penting juga untuk memastikan apakah terjadi kebocoran oli kompresor atau tidak. Apabila terjadi rembesan kebocoran pada badan kompresor, maka bisa dipastikan adanya tetesan oli yang bocor.

Untuk mendalami freon tersebut bocor atau tidak, bisa dengan cara memberikan olesan air sabun di sekitar komponen yang sekiranya terjadi kebocoran. Kalau memang bocor, maka akan tercipta gelembung-gelembung dan kalau dibiarkan semakin lama bisa membuat tingkat keawetan kompresor menjadi berkurang.

  1. Membongkar AC untuk Diperiksa Lebih Lanjut

Cara mengatasi kompresor AC mobil yang sudah lemah terakhir adalah membongkar AC untuk dilakukan pemeriksaan. Lakukan pemeriksaan pada komponen magnetic clutch di saat proses bongkar berlangsung.

Apabila mengalami kerusakan pada komponen tersebut, akan mengakibatkan kompresor putarannya menjadi tidak stabil. Selain itu, periksa dengan menempelkan kabel 12 volt. Apabila centerpiece tidak merespon, maka harus diganti dengan yang baru.

  1. Membersihkan Komponen Kompresor

Hal berikutnya untuk mengatasi kompresor lemah adalah dengan melakukan pembersihan pada komponen tersebut. Hal ini bisa disebabkan, karena bearing bambu sudah mulai berkarat.

Ketika sudah terjadi hal tersebut, maka untuk para pemilik mobil harus membersihkan terlebih dahulu. Cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan amplas yang ukurannya 100. Setelah semuanya sudah dibersihkan dengan baik, maka Anda harus mengganti dengan oli kompresor dengan yang baru.

Baca Juga: Ganti Oli Kompresor AC Mobil Tanpa Bongkar? Ini Caranya

  1. Melakukan Pergantian Kompresor AC Mobil

Untuk melakukan perbaikan secara keseluruhan, tentunya perlu dilakukan penggantian kompresor AC mobil. Tentunya untuk hal tersebut harus dilakukan oleh bengkel yang mempunyai banyak pengalaman di dalam perbaikan sistem pendingin AC mobil. Pastikan juga untuk mekanik sudah berpengalaman supaya kondisi pendinginan AC bisa diperbaiki seperti sedia kala.

Kesimpulan

Kesimpulannya, untuk cara mengatasi kompresor AC mobil lemah bisa dilakukan sesudah mengerti beberapa ciri kerusakannya. Membiarkan AC di dalam kondisi yang tidak baik ini bisa mengganggu kenyamanan di saat berkendara.

Apalagi, ketika mobilitas kendaraan memang sangat tinggi dan sering digunakan pada siang hari. Tentunya, untuk kondisi permainan yang optimal ini bisa membuat penumpang mobil merasa nyaman.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa untuk mengatasi kompresor AC mobil lemah bisa dilakukan di bengkel spesialis supaya hasilnya sesuai dengan harapan. Apalagi, di era seperti ini banyak sekali macam-macam jenis bengkel spesialis AC mobil bermunculan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Penyebab Knalpot Mobil Bau Bensin

5 Penyebab Knalpot Mobil Bau Bensin

Apakah Anda pernah mengalami masalah knalpot mobil bau bensin di mobil kesayangan Anda? Bau yang tidak sedap ini bukan hanya mengganggu, tetapi juga bisa menjadi

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!