📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Penyebab Mobil Mogok Setelah Isi Bensin, Rusak Total?

Penyebab Mobil Mogok Setelah Isi Bensin

Mobil mogok setelah isi bensin bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan dan bahkan membahayakan keselamatan Anda di jalan.

Penyebabnya mobil mogok setelah isi bensin ini bisa bermacam-macam. Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang penyebab mobil mogok setelah isi bensin dan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Berbagai Penyebab Mobil Mogok Setelah Isi Bensin

Ketika mobil Anda tiba-tiba mogok setelah isi bensin, ini bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan.

Berikut adalah beberapa penyebab umum mengapa mobil mogok setelah isi bensin dan apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya:

  1. Kualitas Bensin Buruk

Kualitas bensin buruk adalah salah satu penyebab umum mengapa mobil mogok setelah isi bensin. Bensin buruk dapat terkontaminasi dengan air atau kotoran yang mengakibatkan masalah pada sistem bahan bakar mobil.

Bensin yang terkontaminasi dengan air dapat menghasilkan endapan dan membuat sistem bahan bakar menjadi tersumbat.

Hal ini dapat menyebabkan mesin mobil tidak bisa menghasilkan tenaga dan bahkan mogok. Selain itu, bensin yang buruk juga dapat mengandung zat-zat yang berbahaya bagi mesin mobil, seperti sisa pembakaran dan kotoran.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk isi bensin di pompa bensin yang terpercaya dan memperhatikan kualitas bensin yang Anda beli.

  1. Masalah pada Sistem Bahan Bakar

Masalah pada sistem bahan bakar adalah penyebab lain mengapa mobil mogok setelah isi bensin. Sistem bahan bakar pada mobil terdiri dari beberapa komponen, seperti pompa bahan bakar, fuel injector, dan filter bahan bakar.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Jika salah satu komponen ini rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka aliran bahan bakar ke mesin mobil akan terhambat.

Ini dapat menyebabkan mesin mobil tidak bisa menghasilkan tenaga dan bahkan mogok. Selain itu, jika sistem bahan bakar tidak dirawat dengan baik, maka endapan kotoran dapat menumpuk di dalamnya dan menyebabkan masalah yang serupa.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk merawat sistem bahan bakar mobil secara rutin dan membawanya ke bengkel untuk diperiksa secara berkala.

  1. Tekanan Udara yang Tidak Seimbang

Tekanan udara yang tidak seimbang di dalam tangki bahan bakar mobil juga dapat menjadi penyebab mobil mogok setelah isi bensin.

Jika tekanan udara tidak seimbang, maka aliran bahan bakar ke mesin mobil dapat terhambat. Selain itu, jika tangki bahan bakar terlalu penuh atau terlalu kosong, maka tekanan udara di dalamnya juga akan berubah.

Hal ini dapat menyebabkan masalah pada sistem bahan bakar dan bahkan mengakibatkan mobil mogok.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan kondisi tangki bahan bakar mobil Anda dan isi bahan bakar sesuai dengan kapasitasnya.

Selain itu, pastikan tangki bahan bakar selalu dalam kondisi yang benar-benar terisi penuh.

  1. Sistem Pengapian yang Rusak

Sistem pengapian pada mobil adalah salah satu bagian penting yang berfungsi untuk menghidupkan mesin mobil.

Jika sistem pengapian rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka mobil Anda tidak bisa menyala setelah mengisi bensin dan bahkan mogok.

Beberapa penyebab kerusakan sistem pengapian antara lain busi yang aus, koil yang rusak, atau kabel busi yang putus.

Penting bagi Anda untuk memeriksa dan merawat sistem pengapian mobil secara rutin, dan jika ada masalah, segera membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki.

Baca Juga: Penyebab Pengapian Mobil Tidak Stabil

  1. Sensor Level Bahan Bakar Rusak

Sensor level bahan bakar pada mobil berfungsi untuk memberikan informasi tentang seberapa banyak bahan bakar yang ada di dalam tangki mobil.

Jika sensor ini rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka mesin mobil dapat mengalami masalah dan bahkan mobil mogok setelah isi bensin.

Beberapa tanda kerusakan sensor level bahan bakar antara lain lampu indikator level bahan bakar yang selalu menyala atau tidak bergerak sama sekali.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel dan mengganti sensor level bahan bakar yang rusak.

  1. Kabel Busi Kotor atau Aus

Kabel busi yang kotor atau aus juga bisa menjadi penyebab mobil mogok setelah isi bensin.

Kabel busi yang kotor dapat mengganggu aliran listrik ke mesin mobil, sedangkan kabel busi yang aus dapat menghambat aliran bahan bakar ke mesin.

Hal ini dapat menyebabkan mesin mobil tidak bisa menghasilkan tenaga dan bahkan mogok.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk merawat kabel busi mobil secara rutin dan menggantinya jika sudah aus atau kotor.

Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan area sekitar kabel busi agar tidak terkontaminasi kotoran atau air.

Atasi Masalah Mobil Mogok Setelah Isi Bensin dengan Tune Up Jet Clean di Dokter Mobil

Masalah mobil mogok setelah isi bensin yang disebabkan oleh tumpukan kotoran di komponen yang terhubung dengan proses pembakaran, dapat diatasi dengan melakukan pembersihan secara rutin.

Tumpukan kotoran pada komponen-komponen seperti throttle body, intake manifold, fuel injector, dan spark plug, dapat mengganggu aliran bahan bakar dan udara yang dibutuhkan dalam proses pembakaran.

Hal ini dapat membuat mesin mobil mengalami masalah dan bahkan mogok. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan pembersihan secara berkala untuk menjaga komponen-komponen tersebut tetap bersih dan berfungsi dengan baik.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

jenis marka jalan

Yuk Pahami 7 Jenis Marka Jalan dan Artinya!

Marka jalan merupakan bagian penting dari infrastruktur jalan yang berfungsi untuk mengatur, memandu, serta memberikan informasi kepada pengguna jalan. Ada berbagai jenis marka jalan, masing-masing

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!