📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Pemilik Mobil Wajib Tahu! Inilah Beberapa Penyebab AC Mobil Keluar Asap

penyebab ac mobil keluar asap

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Masalah AC mobil yang keluar asap tidak jarang ditemukan. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengetahui beberapa penyebab AC mobil keluar asap. Penyebabnya ada yang sederhana, ada juga yang serius. Berikut ini telah kami rangkum penjelasan lengkap mengenai beberapa penyebab AC mobil keluar asap, mari disimak!

Beberapa Penyebab AC Mobil Keluar Asap

penyebab ac mobil keluar asap (2)

  1. Komponen inti yang terlalu panas

Penyebab AC mobil keluar asap yang pertama adalah komponen inti yang terlalu panas. Dalam hal ini apabila komponen inti pendingin menjadi terlalu panas, maka ada kemungkinan inti bocor. Ketika itu terjadi, asap dihasilkan, yang keluar melalui ventilasi AC. Jika tidak berbau, dan lebih seperti kabut es, itu adalah tanda bahwa tingkat cairan pendingin (freon) rendah. Bagaimanapun itu, asap yang keluar berarti Anda perlu memeriksa tingkat cairan pendingin di mobil Anda.

  1. Kopling kompresor bermasalah

Penyebab AC mobil keluar asap yang kedua adalah kopling kompresor AC yang bermasalah. Sering kali, masalah dengan beberapa komponen lain dari mobil Anda dapat menghasilkan asap yang kemudian tersedot ke ventilasi AC. Ini juga terjadi ketika Anda menghadapi kopling kompresor yang bermasalah. Dalam hal ini, kopling kompresor mungkin terlalu panas dan menghasilkan asap. Asap yang dihasilkan ini kemudian bisa terhisap ke dalam mobil Anda.

  1. Kadar oli rendah

Penyebab AC mobil keluar asap yang ketiga adalah kadar oli rendah. Saat ini, kebanyakan dari kita pasti secara teratur menggunakan AC di mobil kita selama berkendara. Untuk hal yang sama, kadar oli harus pada tingkat yang sesuai. Jika oli habis, sistem AC mungkin memanas dan menghasilkan asap.

Baca Juga: Rekomendasi Oli Mobil Yang Tepat Untuk Mobil Anda

Jika Anda ingin mengetahui apakah ini benar-benar penyebab AC mobil keluar asap atau tidak, Anda hanya perlu mengingat-ingat, kapan terakhir kali Anda mengganti oli di mobil Anda. Itu akan memberi tahu Anda apakah ini masalahnya atau tidak.

  1. Lubang pembuangan tersumbat

Penyebab AC mobil keluar asap yang keempat adalah lubang pembuangan yang tersumbat. Baik itu sistem pendingin udara yang berada di rumah Anda atau di mobil Anda, sistem pendingin umumnya akan menghasilkan setidaknya beberapa kondensasi. Mekanisme yang biasa terjadi adalah mengumpulkan hasil kondensasi. Setelah itu, ini digunakan untuk menjaga berbagai komponen mobil tetap dingin.

Namun, pada AC yang lebih tua, ada lubang pembuangan untuk mengalirkan air kondensasi ini. Jika lubang pembuangan ini tersumbat, air akan mulai menumpuk dan akan berubah menjadi uap karena panas dari sistem pendingin udara. Uap ini akan tersedot ke dalam ventilasi AC dan berpotensi untuk menjadi penyebab AC mobil keluar asap.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Kelembaban tinggi

Penyebab AC mobil keluar asap yang kelima adalah kelembapan yang tinggi. Jika kelembaban di sekitar unit AC lebih tinggi dari kelembaban biasa, maka kabut akan terbentuk di sistem AC. Ini akan tersedot ke dalam ventilasi AC dan dilepaskan di mobil Anda. Kabut ini biasanya tidak berbau dan tidak menimbulkan masalah atau risiko langsung.

  1. Masalah komponen

Penyebab ac mobil keluar asap yang keenam adalah terjadi masalah pada komponen sistem pendingin kendaraan. Terkadang, mungkin keausan komponen dapat menghasilkan asap. Ketika keausan seperti itu terjadi dengan cepat, panas berlebih terjadi, maka pada gilirannya hal ini dapat menghasilkan asap. Ketika ini terjadi, asap biasanya akan memiliki bau terbakar. Terlepas dari ini, asap ini juga beracun, dan itulah mengapa Anda tidak boleh terus mengemudikan mobil Anda ketika Anda mengalami hal serupa.

  1. Masalah kelistrikan

Masalah kelistrikan di mobil Anda juga dapat mengakibatkan kebakaran dalam kasus-kasus tertentu. Asap seperti itu juga akan memiliki bau seperti terbakar.

Baca Juga: Komponen Kelistrikan Mobil Utama Yang Sebaiknya Diketahui

Bagaimana Cara Mengatasi Penyebab AC Mobil Keluar Asap?

Ada beberapa solusi yang paling umum dan layak untuk masalah AC mobil keluar asap, di antaranya yaitu:

  1. Isi ulang freon

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus memperhatikan level cairan pendingin (freon). Jika lebih cepat habis, Anda perlu memeriksa inti dan mengisi kembali cairan pendingin setelah memperbaiki masalah.

  1. Ganti kopling kompresor yang bermasalah

Jika kopling kompresor yang bermasalah, Anda harus menggantinya dengan kompresor yang benar-benar baru. Itu karena memperbaikinya cukup sulit. Selain itu, kopling kompresor yang sudah tua dan lama digunakan juga dapat mengalami masalah tertentu. Mengganti kopling kompresor hanya akan memakan waktu tiga puluh menit sehingga dapat menjadi solusi jitu bagi masalah AC mobil yang mengeluarkan asap.

  1. Ganti oli

Solusi untuk masalah ini cukup sederhana. Anda hanya perlu mengganti oli. Dasbor Anda akan menampilkan level oli, sehingga mudah untuk mendeteksi dan memperbaiki masalahnya. Namun, pastikan agar oli yang digunakan sesuai dengan kategori mobil dan jenisnya.

  1. Lepaskan lubang pembuangan yang tersumbat

Dalam hal ini, penyumbatan pada lubang pembuangan dapat dihilangkan oleh profesional. Hal ini terjadi karena ini tidak sama dengan membuka sumbat lubang pembuangan di rumah Anda. Itulah mengapa Anda tidak memiliki pilihan lain selain menghubungi seorang profesional untuk penanganan yang lebih baik.

  1. Bersihkan filter yang tersumbat

Apabila AC mobil sering mengeluarkan asap, maka Anda harus memeriksa filter. Hal ini terjadi karena umumnya filter AC digunakan dalam waktu yang lama untuk menyaring partikel dan debu. Oleh karena itu, ketika filter mobil tidak pernah dibersihkan maka risiko AC mengeluarkan asap dapat terjadi.

  1. Memperhatikan komponen pendingin

Bahkan jika Anda mencoba menemukan sumber bau terbakar, Anda tidak akan dapat menemukannya dengan tepat. Jika itu adalah masalah komponen, perbaikan masalah hanya dapat dilakukan oleh mekanik profesional. Selain itu, menghirup bau terbakar juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Untuk menghindari semua ini, ada baiknya bagi Anda untuk menghubungi seorang profesional dan menentukan penyebab serta solusi masalahnya.

  1. Memperhatikan komponen listrik

Anda tidak dapat menyelesaikan masalah listrik kendaraan sendiri. Masalah ini bisa berupa keausan kabel atau korsleting listrik. Hal ini juga dapat mengakibatkan bahaya kebakaran. Untuk menghindari semua masalah ini, ada baiknya untuk menghubungi bengkel profesional jika Anda menemukan tanda-tanda masalah listrik.

Memeriksakan dan Mengatasi Penyebab AC Mobil Keluar Asap

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa AC mobil yang keluar asap bisa disebabkan oleh beberapa faktor utama. Sebenarnya, memperhatikan beberapa faktor ini bukanlah hal yang sulit. Namun penanganan dan perbaikan dari masalah ini membutuhkan perhatian yang lebih serius.

Untuk melakukan pemeriksaan atau servis komponen pendingin mobil, sangat disarankan untuk mendapatkan layanan terbaik dari bengkel profesional seperti Dokter Mobil. Telah dikenal sebagai spesialis service AC terkemuka, Dokter Mobil dipercaya oleh ribuan dengan beragam jenis mobil untuk diperiksa dan diatasi permasalahan seputar AC mobilnya. Dari mulai pembersihan AC hingga mengatasi AC mobil yang keluar asap, Dokter Mobil mampu mengatasinya dengan teknisi yang ahli dan berpengalaman serta dibekali teknologi yang mutakhir.

Lakukan reservasi service AC di Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp agar berbagai pertanyaan Anda seputar AC mobil kesayangan Anda yang mengeluarkan asap dapat terjawab dengan tuntas. Anda juga bisa berkunjung langsung ke cabang Bengkel Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa penyebab AC mobil keluar asap dan cara mengatasinya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, beberapa kondisi AC mobil yang mengeluarkan asap mungkin sama sekali tidak berbahaya, namun ada juga kondisi di mana asap yang keluar menimbulkan bahaya kesehatan. Oleh sebab itu sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan pengecekan dan servis komponen pendingin mobil di bengkel spesialis service AC terpercaya seperti Dokter Mobil untuk hasil terbaik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8676

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *