📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

CEO DOKTER MOBIL INDONESA

PROFESSIONAL TIPS

Ko Lung-Lung merupakan seorang S2 lulusan dari Universitas of Western Sydney. Pengetahuannya yang mendalam di bidang mechatronik dan robotik menjadikannya diterima di beberapa team balap mobil luar negeri sebagai Konsultan Ahli dan juga CEO dari Dokter Mobil Indonesia.

Tips Irit BBM pada Mobil Kesayangan Anda Ala Ko Lung-Lung Dokter Mobil

Harga BBM memang sedang naik saat ini. Tentu Anda pun kelimpungan selaku para pemilik mobil. Agar konsumsi bahan bakar pada mobil tetap terkendali, berikut tips irit BBM dari Ko Lung-Lung, CEO Dokter Mobil.

Thayne Lika

Thayne Lika

Alias Ko Lung-Lung merupakan seorang S2 lulusan dari Universitas of Western Sydney. Pengetahuannya yang mendalam di bidang mechatronik dan robotik menjadikannya diterima di beberapa team balap mobil luar negeri sebagai Konsultan Ahli dan juga CEO dari Dokter Mobil Indonesia.
Thayne Lika

Thayne Lika

Alias Ko Lung-Lung merupakan seorang S2 lulusan dari Universitas of Western Sydney. Pengetahuannya yang mendalam di bidang mechatronik dan robotik menjadikannya diterima di beberapa team balap mobil luar negeri sebagai Konsultan Ahli dan juga CEO dari Dokter Mobil Indonesia.

Post Views

30.657 Views

Watch Time

5 menit

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Teruntuk para pengguna kendaraan bermotor, naiknya harga BBM tentu menjadi salah satu permasalahan yang banyak dipikirkan akhir-akhir ini. Pada Pertamina contohnya, harga BBM non-subsidi mengalami peningkatan, seperti Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, serta Pertamina Dex.

Mengingat kebutuhan mobilitas yang perlu ditunjang tetapi harga BBM yang semakin melambung, tentu Anda sudah memutar otak bagaimana agar kebutuhan mobilitas bisa tetap terpenuhi dengan transportasi bermotor namun budget untuk bahan bakar tetap terkendali. 

Agar tak terlalu pening memikirkan bagaimana agar anggaran bahan bakar tak turut membengkak, tips irit BBM pada mobil ala Ko Lung-Lung dari Dokter Mobil ini patut untuk Anda perhatikan dan coba untuk mobil kesayangan Anda. Mari disimak!

Konsep Bahan Bakar pada Mesin Mobil

tips agar irit bbm

Jika digambarkan secara sederhana, bahan bakar merupakan asupan energi selayaknya makanan untuk manusia yang berguna agar mobil bisa melaju. Bahan bakar pada mobil menjadi asupan energi bagi mesin di ruang bakar untuk selanjutnya dilakukan proses pembakaran yang selanjutnya menyebabkan mobil bisa melaju sebagaimana fungsinya. 

Konsumsi bahan bakar pada mesin ini proporsional dengan beban yang ditarik. Semakin besar beban yang ditarik atau ditopang oleh mesin, maka semakin banyak pula bahan bakar yang dikonsumsi oleh mesin. 

Sehingga jika konsumsi bahan bakar pada mobil Anda jadi “membengkak”, maka ini menjadi sinyal bahwa beban yang ditopang oleh mesin mobil pun bisa jadi melebihi kapasitasnya yang mengakibatkan konsumsi bahan bakar mobil jadi boros. 

Baca Juga: Cek Fakta: Menggoyang Mobil Saat Mengisi Bensin Bikin Jadi Irit?

Sebetulnya konsumsi bahan bakar bisa diatur sedemikian rupa melalui pengaturan di bagian ECU yang menuju pada sensor-sensor tertentu, sebagaimana proses DOMO Remap, layanan pengaturan ECU untuk peningkatan performa dan konsumsi bahan bakar mobil yang tersedia di Dokter Mobil. 

Namun, penghematan bahan bakar ini juga bisa dilakukan tanpa harus mengatur atau mengubah pengaturan mesin pada mobil. Inilah tips irit BBM mobil dari Ko Lung-Lung yang bisa Anda coba di mobil kesayangan Anda.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Jaga Konsumsi Bahan Bakar dengan Menaikkan Tekanan Angin pada Ban Mobil

Tips irit BBM pada mobil yang pertama dan bisa Anda terapkan adalah dengan menaikkan tekanan angin pada ban mobil. Isilah angin pada ban sesuai dengan ketentuan atau standar mobil Anda, namun tambahkan angin sedikit sekitar satu sampai dua bar saja. 

Saat ban mobil Anda diisi dengan tekanan angin dengan melebihi sekitar satu sampai dua bar dari yang ditentukan oleh standar, ban mobil akan menjadi lebih ramping jika dibandingkan saat ban diisi dengan angin sesuai dengan tekanan standarnya. 

Ketika ban mobil jadi lebih ramping, friction atau gaya gesekkan pada ban mobil dengan jalanan lebih sedikit dibandingkan biasanya. Saat gaya gesekkan antar ban dengan jalan ini lebih sedikit, bebannya juga jadi jauh lebih sedikit. Hal ini sesuai dengan pemaparan sebelumnya, ketika beban pada mobil jadi sedikit, maka kinerja mesin jadi lebih ringan dan konsumsi bahan bakar pun jadi lebih irit. 

  • Mengencerkan Kekentalan Oli Mesin Bisa Jadi Tips Irit BBM pada Mobil

Sebenarnya hal ini tidak disarankan, karena oli mesin bagaikan “darah” bagi mesin pada mobil. Sehingga menggunakan oli mesin yang kualitasnya kurang bagus. Namun jika anda membutuhkan tips irit BBM pada mobil Anda, Anda bisa menggunakan oli yang “sedikit lebih encer” dari oli yang mobil Anda pakai sebelumnya. 

Misalnya, jika Anda biasa menggunakan oli mesin dengan viskositas 540, maka Anda bisa menggunakan oli mesin dengan viskositas 530 dengan tingkat kekentalan yang lebih rendah. Namun, jika oli yang Anda gunakan adalah 020, maka JANGAN gunakan oli 016 karena penguapan olinya akan sangat parah.

Namun ada yang perlu Anda waspadai dan perhatikan dengan seksama jika Anda menggunakan oli dengan kadar kekentalan yang lebih rendah. Pertama, mesin pada mobil biasanya jadi lebih berisik dibandingkan biasanya. Selanjutnya, oli jadi lebih rentan penguapan. Sehingga harus sering dilakukan pengecekan melalui dipstick berapa volume oli yang tersisa, agar oli mesin tak kehabisan saat mobil digunakan.  

Tapi selain dari itu, oli mesin tetaplah oli mesin. Tak akan terjadi kerusakan yang parah selama Anda menggunakan oli mesin dengan spesifikasi yang sesuai dengan standar pada mobil yang Anda gunakan. Karena saat menggunakan oli dengan kekentalan yang lebih rendah dibandingkan sebelumnya, beban yang ditopang oleh mesin jadi berkurang sehingga sangat cocok sebagai tips irit BBM pada mobil Anda. 

  • Pastikan Kaca Film Mobil Anda Bisa Menghalau Panas dari Luar

Anda mungkin bingung, bagaimana korelasi antara kaca film mobil dengan tips irit BBM pada mobil Anda, bukan? 

Sebenarnya prinsipnya cukup sederhana. Jika panas matahari masuk ke dalam kabin mobil, otomatis suhu dalam kabin mobil juga jadi panas dan pengap. Agar suhu dalam kabin mobil bisa turun akibat panas terik matahari yang masuk, maka AC mobil perlu bekerja lebih ekstra dalam menurunkan suhu ruang. Ketika AC mobil bekerja dengan lebih ekstra, konsumsi bahan bakarnya pun jadi lebih banyak dibandingkan sebelumnya. 

Sehingga tips irit BBM yang ketiga adalah pastikan untuk menggunakan kaca film mobil yang benar-benar bisa melindungi dari panas matahari dari luar, sehingga kinerja AC mobil tidak menjadi berat yang berujung pada konsumsi BBM jadi lebih boros. 

Kaca film mobil DOMO Film dari Dokter Mobil dapat jadi opsi pilihan yang tepat untuk Anda pasang di mobil kesayangan Anda. Karena menyematkan Nano Armor Technology, DOMO Film mampu menghalau panas matahari hingga sinar UV dengan efektif hingga 99%. 

  • Angkat Beban-beban Berlebih pada Mobil, seperti Barang hingga Car Seat Jajaran Ketiga

Tips irit BBM yang keempat adalah angkat beban-beban berlebih pada mobil Anda, mulai dari barang bawaan yang berlebihan hingga car seat jajaran ketiga. 

Jika mobil Anda dipenuhi oleh berbagai barang bawaan yang berlebih dan tak begitu berguna, sebaiknya keluarkan barang-barang tersebut dari mobil Anda. Begitupun dengan car seat jajaran ketiga. Jika mobil Anda memiliki car seat hingga 7 seaters namun penggunaannya tak begitu sampai dengan kapasitas tersebut, sebaiknya cabut saja car seat di bagian belakang. 

Saat car seat belakang yang jarang terpakai ini dicabut, Anda pasti akan merasakan bahwa bobot pada mobil jadi berkurang cukup banyak. Bobot yang lebih ringan ini tentunya akan meringankan kinerja mesin dalam upaya membuat mobil melaju, sehingga konsumsi bahan bakar pun jadi lebih efisien. Karena tips irit BBM pada mobil salah satunya adalah dengan mengupayakan agar beban pada mobil tak memberatkan kinerja mesin.

  • Pasang Anti Karat yang Juga Berfungsi Sebagai Peredam

Tips irit BBM pada mobil yang terakhir adalah dengan memasang lapisan anti karat yang juga berfungsi sebagai peredam. Peredam ini dapat berguna sebagai peredam suara sekaligus peredam panas dari luar. 

Untuk Anda yang masih bingung mengapa memasang anti karat mobil yang dapat menjadi peredam ini bisa menjadi tips irit BBM pada mobil, ini berkaitan dengan fungsinya sebagai peredam panas. Untuk anti karat yang berbahan dasar karet/rubber, seperti anti karat RUSTPRO, mampu menghalau panas dari luar ke dalam kabin mobil. Jika panas tak masuk ke dalam kabin mobil, kinerja AC mobil dalam mendinginkan suhu ruang pun jadi lebih ringan, sehingga konsumsi bahan bakar juga terkendali. 

Demikian informasi seputar tips irit BBM dari Ko Lung-Lung, CEO Dokter Mobil. Inti dari tips irit BBM ini adalah bagaimana agar kinerja mesin dan komponen lain pada mobil Anda menjadi lebih ringan, sehingga konsumsi bahan bakar pun jadi lebih irit dan efisien. Silahkan coba tips-tips di atas pada mobil Anda dan rasakan bagaimana perbedaan konsumsi BBM-nya dibandingkan sebelumnya.

Selain menjalankan tips irit BBM pada mobil Anda, kondisi mobil pada komponen lain pun perlu Anda rawat dengan baik agar tak muncul permasalahan-permasalahan lain. Agar terhindar dari kerusakan pada komponen mobil hingga menjaga agar kondisinya tetap prima, percayakan mobil Anda di Dokter Mobil yang memiliki layanan yang lengkap, ditangani oleh teknisi yang andal dan berpengalaman, serta dibekali dengan peralatan berteknologi mutakhir.

Hubungi kontak Dokter Mobil dengan melakukan reservasi (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan mobil hingga diskon-diskon menarik. Anda juga bisa kunjungi langsung cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda untuk mencoba langsung layanannya. 

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coba Berbagai Layanan Service di Dokter Mobil, GRATIS General Checkup hingga di 32 Titik

Latest Posts

AC Hyundai Creta Bermasalah? Ini Penyebab dan Solusinya!
Pajero Sport: Mobil Gagah nan Mewah
Honda Jazz: Permasalahan Umum dan Cara Mengatasinya
Konsumsi BBM Hyundai Creta, Boros atau Hemat?
Toyota Raize: Jenis Servis hingga Estimasi Biaya Servis di Bengkel Terpercaya