New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Solusi pada Sistem Pendinginan AC Mobil yang Lemah

Sistem Pendinginan AC Mobil yang Lemah- Bagaimana rasanya jika berkendara diselimuti hawa panas sebab AC mobil yang lemah? 99,9% orang pasti menjawab sangat tidak nyaman, sebab keringat selalu bercucuran hingga membasahi pakaian kerja kamu. Beruntung banget kamu mampir kesini, sebab ini solusinya agar AC mobil kamu kembali nyaman seperti sedia kala. Scroll terus yaa..

1.Drive Belt Putus

Drive belt atau fan belt ini bertugas untuk menyalurkan putaran mesin dengan putaran kompresor AC. Jika sudah putus, otomatis AC jadi tidak dingin. Ada baiknya kamu harus segera ganti dengan yang baru.

2.Freon kurang atau habis

Berkurangnya freon ini terjadi karena kebocoran pada sistem AC. Bocor freon yang terlalu kecil dan hanya terjadi pada tekanan tertentu misalnya pada 120 psi pada tekanan tinggi. pada tekanan tersebut ada kemungkinan bocor berhenti, sehingga freon tidak sampai habis sama sekali. Sedangkan kalau freon habis sudah jelas akan menyebabkan AC mobil jadi tidak dingin.

3.Kondensor dan Radiator Kotor

Permukaan kondensor atau radiator yang kotor karena debu,karatan atau sirip pada permukaan yang tertekuk akan membuat pembuangan panas dari freon gas bertekanan tinggi pada kondensor terjadi tidak sempurna sehingga proses kondensasi juga tidak sempurna.

4.Motor Cooling Fan Mati

Jika motor cooling fan ataupun extra fan terganggu dengan ditandai putaran lemah atau mati mengakibatkan pembuangan panas di kondensor tidak berjalan dengan baik. Begitu pula jika putaran motor cooling fan terbalik dalam artian  arah angin yang di hembuskan mengarah kedepan mobil.

5.Field Coil atau Spul Kagnetic Clutch Putus

Spul magnetic clutch jika mati,putus atau terbakar menyebabkan armature asembly (center piece) tidak terhubung dengan puli kompressor ac yang ikut berputar dengan mesin. Dan akan terlihat kompresor ac tidak berputar saat ac dihidupkan.

6.Tekanan dalam Sistem AC Mobil Berlebihan

Tekanan pada system ac berlebihan berkaitan dengan point 3 diatas akan menyebabkan over heat pada system ac sehingga high pressure switch bekerja dan memutus arus listrik ke Field Coil dari magnetic clutch. Atau untuk kompressor ac yang di lengkapi temperature switch jika over heating terjadi maka temperature switch yang tertanam di body kompressor bekerja dan memutus arus listrik menuju spull magnetic clutch.

7.Kelebihan Oli Kompressor

Pada System Ac mobil memiliki volume atau ruang yang tetap,jika kelebihan oli kompressor maka ruang untuk freon akan berkurang artinya jika sebuah mobil sedan membutuhkan freon seberat 0,40 kg dengan kelebihan oli kompressor maka jika 0,40 kg freon bisa masuk semua ke system ac, akan menyebabkan tekanan berlebihan. Dan jika menyesuaikan tekanan agar sesuai dengan spesifikasi standar harus mengurangi jumlah freon yang masuk, beruntung kalau hasilnya ac kurang dingin. Karena terkadang tidak mau dingin sama sekali. 

8.Kompressor Aus

Kompressor AC aus biasanya di tandai dengan tekanan tidak normal,timbul bunyi dari kompresor saat ac hidup dan saling berkaitan jika kompressor Ac aus,bebrapa hal yang di akibatkan adalah pada sigh glass terlihat hitam, receiver driyer dan katup expansi tersumbat.

9.Evaporator Kotor atau tersumbat 

Kotoran yang terdapat pada permukaan evaporator lebih banyak disebabkan oleh debu yang di hisap oleh blower kemudian menempel pada permukaan evaporator yang mengakibatkan aliran udara yang dihembuskan oleh blower ac tersumbat dan akan kita rasakan angin ac yang kurang kencang dari biasanya. Bisa juga disebabkan karena filter ac yang penuh debu karena kita lupa membersihkannya.

10.Saluran Buang Air Kondensasi Tersumbat

Jika saluran buang air kondensasi tersumbat oleh kotoran. Pada rumah evap akan penuh dengan air yang berasal dari hasil kondensi pada permukaan evaporator. Pada rumah evap akan berembun dan air akan menetes di bawah dashboard membasahi karpet mobil. Selain menyebabkan air menetes dari rumah evaporator. Jika air kondensasi memenuhi rumah evap akan mengakibatkan hembusan angin dari blower juga berkurang.

11.Terjadi Overheating

Contoh lain terkadang kita tidak menyadari bahwa suhu mesin sudah terlalu panas atau overheat, justru yang terlebih dahulu dirasakan adalah ac panas atau ac tidak dingin.

Ac panas karena suhu mesin terlalu tinggi ini disebabkan karena kompresor ac menempel pada blok mesin. Juga suhu kompresor pun ikut naik. Hal ini mengakibatkan tekanan freon didalam sistem ac ikut naik dan berdampak pada kinerja ac mobil.

12. Pemakaian Freon

Pada kasus tertentu pemakaian freon juga ikut berperan menjadi salah satu penyebab ac mobil tidak dingin.

13. Masalah Pada Katup Ekspansi

Katup ekspansi rusak juga bisa menyebabkan ac mobil tidak dingin. Kerusakan pada katup ekspansi bisa karena saluran membuka terlalu banyak atau pun saluran pada katup tersumbat, sehingga freon tidak bersirkulasi jika kerusakan tersebut benar-benar menutup saluran pada katup ekspansi. Hal ini bisa dilihat dari tekanan
pada sisi low pressure berada dibawah nol ketika ac mobil dinyalakan.

Baca Juga : Inilah Masalah Umum dan Solusi Kerusakan AC Mobil

Nah, itulah ulasan terkait Sistem Pendinginan AC Mobil yang Lemah. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh Jasa Bengkel AC Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Hubungi Dokter Mobil untuk melakukan booking di Dokter Mobil.
Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 08788088457

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!