5 Cara Buat Mobil Tetap Awet | Dokter Mobil
 
Posted by admin Uncategorized

5 Cara Buat Mobil Tetap Awet

5-cara-buat-mobil-tetap-awet

5-cara-buat-mobil-tetap-awet

Memiliki mobil merupakan hal yang membuat seseorang menjadi lebih bangga. Pasalnya dengan memiliki mobil sudah menandakan seseorang memiliki kondisi keuangan yang bagus. Bagaimana tidak, hanya orang dengan kondisi ekonomi kecukupan saja yang dinilai mampu membeli mobil yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Mengingat harganya yang sangat mahal inilah, banyak orang yang rela melakukan perawatan agar mobil mereka tetap awet dan tidak mudah rusak. Bagaimanakah cara perawatan tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Memeriksa tekanan ban dan oli mobil

Hal pertama yang bisa Anda lakukan memang terkesan sepele yakni memeriksan keadaan udara pada ban dan kondisi oli pada mobil. Pemeriksaan tekanan udara dalam ban memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ban dalam keadaan kempes atau tidak. Jika ban mobil keadaannya kempes, tentu saja mobil tidak akan layak dikendarai bukan. Selain itu periksa juga kondisi oli mobil. Sebab jika oli dalam mobil tidak berkualitas lagi akan menyebabkan komponen tidak terlumasi dengan baik. Akibatnya mobil akan terasa kurang nyaman saat dikendarai.

Memanaskan mesinĀ 

Sebelum menggunakan mobil Anda, ada baiknya panaskan mesin mobil terlebih dahulu. Tidak perlu terlalu lama. Maksimal lima menit saja setiap hari sebelum digunakan. Pemanasan mesin ini memiliki tujuan untuk membiarkan oli melumasi dan menyebar ke seluruh komponen mesin. Sehingga mesin mobil menjadi ringan saat dikendarai. Selain itu ada beberapa manfaat memanaskan mesin mobil. Antara lain:

  • Bisa mencegah kerusakan mesin mobil yang dipaksa untuk beroperasi sebelum dipanaskan dengan maksimal.
  • Bisa memaksimalkan penggunaan bahan bakar yang digunakan oleh mobil itu sendiri.
  • Komponen mobil cenderung lebih siap digunakan apabila dilakukan pemanasan terlebih dahulu.

Itulah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika memanaskan mesin mobil sebelum digunakan.

Kondisi berkendara

Kondisi Anda berkendara ternyata juga mempengaruhi keawetan mobil yang digunakan. Jika Anda ingin mobil pribadi awet, ada baiknya Anda tidak mengendarai mobil terlalu kencang atau terlalu lambat. Lebih baik kendarai mobil dalam keadaan yang stabil. Sehingga akselerasinya tetap terjaga. Namun perlu diingat, meskipun Anda mengendarainya dengan tempo stabil tetap saja komponen mobil bisa rusak karena faktor usia penggunaan.

Rajin membersihkan body mobil

Rajin membersihkan body mobil ternyata juga bisa mempengaruhi keawetannya. Sebenarnya ada beberapa cara untuk membersihkan dan melindungi bodu mobil ini. Antara lain:

  • Mencuci body mobil dalam waktu yang rutin. Minimal dua minggu sekali. Namun jika kotoran pada body mobil tidak terlalu banyak, disarankan untuk menyemprotnya saja dengan cairan pembersih.
  • Jika garasi Anda terbuka, ada baiknya Anda menutupi body mobil menggunakan plastik tebal yang anti air.
  • Pada saat membersihkan body mobil, disarankan juga untuk membersihkan celah-celah mesin mobil. Karena bisa jadi debu yang menempel pada celah tersebut mempengaruhi performa mobil Anda.

Mudah bukan untuk merawat dan menjaga kebersihan dari body mobil ini? Untuk itu sebaiknya lakukan beberapa step diatas secara rutin.

Perawatan bengkel

Selain yang sudah disebutkan diatas, Anda tetap saja diwajibkan untuk menyervis mobil ke bengkel terbaik. Dokter mobil merupakan bengkel terbaik yang bisa menangani keluhan dari permasalahan mobil Anda. Selama di bengkel Dokter mobil Anda juga akan diberikan beragam tips seputar mobil. Bukan hanya spesialis dalam memperbaiki mobil saja. Dokter mobil ternyata juga menjadi spesialis dari segala aksesoris mobil. Terutama aksesoris yang berkaitan dengan peningkatan performa mobil.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author