Cara Isi Freon AC Mobil Sendiri | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Cara Isi Freon AC Mobil Sendiri

cara-isi-freon-ac-mobil-sendiri

cara-isi-freon-ac-mobil-sendiri

Inilah bagaimana cara isi freon AC mobil sendiri. AC pada masa ini sudah merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan, Peralatan AC atau AC juga dipergunakan di mobil selain di rumah ataupun di gedung perkantoran dan perbelanjaan. Secara umum peralatan  AC ini mempunyai fungsi sebagai berikut :

– Mengatur sirkulasi udara.

– Mengatur kebersihan udara.

– Mengatur suhu udara.

– Mengatur kelembaban udara.

Secara umumnya AC Mobil berfungsi menjaga kondisi udara, baik suhu maupun kelembabannya agar terasa nyaman. Peralatan AC yang dipergunaklan di unit Mobil yang terdiri dari :

– Drier.

– Blower evaporator.

– Kompresor.

– Expansion valve.

– Condensor.

– Evaporator / Cooling coil.

– Electrical (Amplifier, kabel, dan lain-lainnya).

– Extra Fan Kondensor.

Untuk memeriksa sendiri tekanan freon dan mengisi freon pada mobil hanya butuh beberapa perlengkapan service utama yaitu Manifold serta Quick Coupler R 134a. Alangkah bermanfaatnya jika kita setidaknya mengerti permasalahan pada AC Atau AC mobil kita sebelum dibawa ke Bengkel langganan.

Pada kebanyakan kasus Kompresor lah yang paling sering bermasalah dan salah satu alasan memasang kompresor yang sudah diperbaiki  ataupun baru karena kompresor lama yang Original sudah parah keadaannya, Maka dari itu  seharusnya bertanya pada diri sendiri mengapa itu terjadi ?

Ada 3 alasan sejenis yang biasanya menyebabkan kerusakan kompresor.

  1. Gas pendingin yang kurang. Kompresor menjadi sangat panas.

Kebocoran kecil dapat berakibat sistem bekerja dengan cairan yang kurang di suplai ke Ekspansi. Gas hisap balik tidak cukup dingin untuk membuat dingin bagian dalam kompresor. Seal sambungan menjadi keras dan bocor, oli semakin berkurang dan bagian metal rusak.

2. Tekanan “Head” terlalu tinggi.

Dalam kasus ini ada 3 alasan  yaitu :

  • Tekanan yang tinggi pada sistem :  Sistem pendinginan mobil tidak baik, Sirip kondensor rusak, termo fan atau kopling fan sudah rusak, terlalu banyak uap air dalam sistem.
  • Sistem Tersumbat. (periksa Filter drier, ekspansi dan bagian dalam Kondensor)
  • Pengisian gas yang berlebihan. untuk jenis kompresor ND kompresor sangat sensitif dalam keadaan ini.3. Pelumas (Oli) yang kurang.

Kekurangan pelumas dikarenakan oleh 2 hal :

  • Sistem Tersumbat :  Dapat mengurangi aliran balik pelumas ke kompresor. (Ekspansi, drier, kondensor, evaporator / cooling coil yang beku).
  • Sistem Bocor :  Menyebabkan pelumas merembes keluar dari sistem.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *