Inilah Penyebab Kerusakan pada Sistem AC Mobil | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Inilah Penyebab Kerusakan pada Sistem AC Mobil

inilah-penyebab-kerusakan-pada-sistem-ac-mobil

inilah-penyebab-kerusakan-pada-sistem-ac-mobil

Inilah penyebab kerusakan pada sistem AC mobil. Saat AC mobil tidak bekerja atau sudah tidak dingin lagi, pasti Anda bertanya-tanya penyebabnya. Keadaan tersebut akan menganggu karena mobil menjadi tidak nyaman dikendarai.Sebaiknya segera bawa kendaraan Anda ke bengkel AC mobil karena bisa jadi salah satu dari beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut:

  • Umur AC yang memang sudah tua
  • Instalasi atau perawatan AC yang tidak tepat
  • Kecelakaan mobil yang menyebabkan kerusakan pada sejumlah komponen sistem AC

 Sistem AC mobil yang bermasalah tersebut bisa dikurangi hanya dengan beberapa pencegahan yang harus Anda lakukan seperti:

  • Jaga kebersihan dari kondensor yang ada di depan radiator.Langkah ini dapat dilakukan saat mencuci mobil ditempat-tempat pencucian mobil yang menggunakan pompa steam. Berikan arahan pada operator cuci mobil untuk menyemprotkan air ke arah kondensor. Jika condensor bersih, kalor yang dibawa oleh bahan pendingin dari kompresor akan mudah dilepas ke udara bebas. Namun jika kondensor kotor, pendingin yang bersuhu dan temperatur tinggi itu akan mengakibatkan kerusakan pada karet-karet yang ada di berbagai sambungan, akibatnya terjadi kebocoran dan bahkan akan menimbulkan kerusakan pada mechanical seal di kompresor.
  • Jaga kebersihan evaporator tanpa membongkar AC dan membuang freon.Langkah ini dapat dilakukan oleh lokasi service AC, umumnya bagian dalam evaporator disemprot dengan air bertekanan tidak terlalu tinggi, supaya kotoran ikut larut dan terbuang keluar melalui selang pembuangan yang terhubung dengan evaporator. Jika evaporator berjenisbuilt-in, mau tidak mau harus dibongkar dan membuang pendingin. Langkah ini berlaku untuk AC mobil yang telah berumur lebih dari 3 tahun atau lebih saja.
  • Jangan hidupkan AC dengan posisi jendela terbuka baik sedikit atau banyak, misalnya penumpang hendak merokok atau sebagainya. Kebiasaan ini akan menyebabkan temperatur pendingin semakin tinggi, akibatnya akan merusak bagian utama sistem AC, yaitu kerusakan pada mechanical seal di kompresor. Sebaiknya matikan AC jika memang ingin membuka jendela mobil
  • Jika AC Anda memang berumur tua, periksa kebocoran pada sambungan-sambungan pipa.Cara mendeteksinya mudah saja, yaitu cek sambungan terlihat kotor yang berlumur oli, kemudian periksa dengan busa yang dicelupkan di air sabun atau busa sabun. Apabila terjadi kebocoran, maka akan terlihat gelembung-gelembung udara pada busa yang dilekatkan pada sambungan yang dicurigai terjadi kebocoran.

Itulah tips singkat menjaga AC mobil Anda berumur lebih panjang. Jangan lupa untuk rutin memeriksa kendaraan kesayangan ke bengkel terpercaya. Semoga bermanfaat.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *