Sistem Kerja Kondensor AC Mobil dan Penanganan Masalahnya
 
Posted by admin AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Sistem Kerja Kondensor AC Mobil dan Penanganan Masalahnya

sistem-kerja-ac-mobil-dan-fungsi-komponen-di-dalamnya

Apa itu kondensor ac mobil ?

Kondensor AC mobil adalah sebuah komponen AC mobil yang berfungsi untuk merubah freon dalam bentuk gas menjadi bentuk cair melalui suatu proses kondensasi. Freon yang sudah cair akan dikabutkan dan dihembuskan. Kabut yang dihembuskan akan membawa hawa sejuk ke ruangan sekitar.

Mengapa mobil membutuhkan AC Mobil ?

Terik matahari sudah semakin panas, fungsi kaca film sudah tidak lagi maksimal. Mengingat bahwa kaca film yang bawaan dari pabrik mempunyai standar yang sangat rendah dalam menolak panas mengakibatkan mobil anda menjadi Sauna Berjalan.

AC mobil di jaman sekarang menjadi satu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa hal ini maka mood kerja akan menjadi turun dan anda akan lebih sering ganti baju.

Sejarah Penemuan AC Mobil

AC mobil pertama kali di ciptakan pada tahun 1939, dan pada tahun 1940 pertama kalinya uji coba pemasangan ac mobil . perusahaan yang pertama kali menawarkan ac mobil tidak memiliki thermostat.

Kemudian pada tahun 1969 sebagian mobil yang di jual di pasaran sudah menggunakan ac, tetapi belum bisa di pasang ac mobil after market. Hal ini membuat ketergantungan pada pabrik yang membuat ac mobil, karena jika ada hal yang rusak maka biaya perbaikan nya akan mahal sekali.

Akhirnya di tetapkan bahwa Freon yang pertama kali di gunakan di dunia adalah Freon dengan jenis R-12 / cfc-12 ( kemudian baru di ketahui bahwa Freon jenis itu tidak aman bagi lingkungan. Di mana dapat membuat lapisan ozon menjadi rusak.

Setelah itu muncul alternative Freon yang di pakai yaitu Freon R-134a / HFC-134a yang di produksi pertama kali di Amerika Serikat. Kemudian pada tahun 1996 pertama kali nya Freon jenis R134a di instalasi di kendaraan. Sampai dengan tahun 2016 ini.

Freon R134a ini telah di riset lebih aman di gunakan bagi manusia dan lingkungan sehingga semua jenis mobil yang ada menggunakan Freon jenis ini.

Cara Kerja Kondensor AC

Kondensor AC Mobil terdiri dari 2 bagian besar, yaitu komponen mekanikal, dan komponen elektrikal.
Komponen mekanikal terdiri dari filter drier, evaporator, kondensor, dan kompresor.
Komponen elektrikal terdiri dari magnetik clutch, motor fan dan relay, motor blower, wenstand, saklar angin, termostat, dan amplifier AC.

Kebanyakan orang hanya tahu bahwa ac berfungsi untuk mendinginkan udara tanpa tahu AC Mobil terdiri dari 3 komponen penting, yaitu Kompressor, Kondensor dan Evaporator.

Fungsi dari ketiga bagian ini adalah :

  1. Kompressor

Kompressor adalah pompa yang di gerakkan oleh Crankshaft mesin, ketika Freon yang di tarik ke compressor itu dalam bentuk gas bertekanan rendah. Kemudia gas di pompa keluar dari compressor. Compressor tidak memadatkan cairan hanya memadatkan gas.

  1. Kondensor

Kondensor pada dasarnya fungsi nya sama seperti radiator, untuk membuang panas keluar dari sistem ac mobil. Ketika Freon memasuki kondensor dari compressor. Kemudian Freon bergerak ke kondensor dan menciptakan panas, tetapi udara yang ada di sekitar tabung dari kondensor membuat Freon nya menjadi dingin sampai berbentuk cairan, proses dari ini yang membuat cairan yang berfungsi mendinginkan mobil. Ketika pindah dari kondensor cairan melewati dryer. Fungsi dari dryer ini adalah untuk menghisap air yang memasuki sistem ac mobil.

Setelah itu akan melewati Thermal Expansion Valver yang mengubah tekanan tinggi ke tekanan terendah, jika anda bisa menyentuh nya maka bisa merasakan tekanan dari panas ke dingin.

Tekanan tinggi yang mengantarkan cairan pendingin melalui katub ekspansi di mana hall ini dapat mengurangi tekanan pada Freon, sehingga dapat pindah ke evaporator.

Katub tekanan ini mengatur aliran Freon yang membuat sistem ac dapat bekerja secara maksimal (harus di perhatikan bahwa katub katub sistem ac yang Aus / lemah harus memerlukan penggantian), tetapi katub tidak akan lemah jika Oli Kompressor ac mobil nya dig anti setiap 20.000 km ( ingat penggantian oli compressor ac dengan cara manual / bongkar dapat membuat sistem ac rusak, hanya dokter mobil yang dapat mengganti oli compressor ac mobil tanpa bongkar.

  1. Evaporator

Sebelum cairan masuk ke evaporator, katub expansi mengalirkan Freon secara konstan, hall ini yang dapat membuat evaporator menjadi bocor. Evaporator menjadi bocor di karena kan malas nya pemilik mobil untuk membersihkannya sehingga evaporator menjadi mampet dan tersumbat (umumnya evaporator di bersihkan setiap 6 bulan sekali)

Umumnya di Indonesia proses maintenance ac mobil dilakukan secara manual, tetapi dengan sumber daya manusia yang sangat terbatas dan kelalaian dalam pemasangan. Hall ini mengakibat kan sistem ac yang terpasang tidak dapat sempurna seperti bawaan pada mobil baru.

Masalah-masalah yang sering Dialami Kondensor AC Mobil

Kondensor AC mobil sendiri sering mengalami masalah entah karena faktor usia kondensor, penggunaan yang salah, ataupun karena gangguan lainnya. Apa saja masalah yang umum terjadi pada kondensor ac mobil ? Pada dasarnya masalah yang sering dialami hanya berpusat pada hal-hal berikut :

  • Usia spare part, spare part ac yang sudah tua dan aus harus diganti dengan yang baru
  • Habis freon, yaitu kondisi di mana freon habis sehingga ac tidak dingin. Biasa disebabkan oleh kebocoran
  • Kebuntuan, yaitu kondisi di mana aliran freon terhambat sehingga tidak dapat mengalir dengan seharusnya
  • Kebocoran, yaitu kondisi di mana aliran freon bocor sehingga freon habis

Hal-hal di atas menyebabkan pasokan freon ke sistem pendingin berkurang sehingga AC menjadi kurang atau tidak dingin.
Untuk kebuntuan dapat diatasi dengan penggantian silicagel oleh teknisi AC mobil.
Untuk kebocoran dapat diatasi dengan pengelasan komponen yang berlubang/bocor

Mengatasi Masalah pada Kondensor AC Mobil

Jika tidak segera diperbaiki, kerusakan pada kondensor AC mobil seringkali menjalar ke bagian-bagian lain mobil anda. Oleh sebab itu tanda-tanda kerusakan AC mobil seperti AC mobil tidak bekerja dengan seharusnya (AC mati, tidak dingin, keluar hawa panas), ac mengeluarkan bau tidak sedap, dan keluhan lainnya harus segera ditangani dengan serius dan profesional.

Anda dapat memperbaiki sendiri AC mobil anda dengan berbekal membaca panduan yang tersedia di website, namun seringkali anda tidak akan menyadari adanya spare part yang sebenarnya sudah harus mengalami penggantian. Oleh sebab itu, disarankan untuk membawa masalah ac mobil anda kepada ahlinya. 

Baca juga : harga service ac mobil

Untuk mengatasi berbagai masalah kondensor AC mobil anda, anda dapat menggunakan jasa Dokter Mobil Spesialist AC mobil di Kelapa Gading Jakarta Utara ataupun Cibubur yang telah berpengalaman serta berkompeten dalam menangani segala jenis masalah pada AC mobil. Dokter Mobil akan memberikan data yang valid mengenai kondisi kondensor AC mobil anda sehingga anda dapat menentukan apakah anda harus mengganti sparepartnya saja atau anda sudah harus mengganti kondensor. Dan tentunya Dokter Mobil hanya akan memberikan saran yang objektif dan tepat sehingga kondensor AC mobil anda akan berfungsi secara normal.

Dokter MobilBoulevard Raya Blok QJ1 No. 17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Dokter Mobil Cibubur
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Jl. Alternatif Cibubur Km 4
Mobile : 0858 1765 3292

Tags: , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *