Masalah Umum yang Menganggu Kerja AC Mobil | Dokter Mobil
 
Posted by admin Uncategorized

Masalah Umum yang Menganggu Kerja AC Mobil

ac-mobil-ngambek

ac-mobil-ngambek

Inilah masalah umum yang menganggu kerja AC mobil. Bagi pemilik kendaraan roda empat, mendapatkan kenyamanan saat berkendara sepertinya wajib didapatkan. Terutama mengingat kondisi jalan raya yang semakin panas dan berdebu. Adanya pendingin udara dalam kabin mobil juga ikut berpengaruh menentukan konsentrasi pengemudi.

Kondisi sistem pendingin udara yang baik dengan kualitas udara yang dingin dan bersih sangat diharapkan pemilik mobil.Ada beberapa gejala yang dapat timbul jika AC mobil Anda mulai bermasalah seperti udara yang dihasilkan tidak dingin, mengeluarkan bunyi, atau bau tidak sedap.

Berikut adalah beberapa masalah umum yang mengganggu kerja AC mobil:

Drive Belt Putus.  Drive belt atau bahasa umumnya banyak dienal dengan fan belt AC putus tentunya akan menjadi faktor utamaAC tidak dingin karena fan belt ini bertugas untuk menyalurkan putaran mesin dengan putaran kompresor AC.

Freon berkurang atau habis.Sebenarnya freon tidak dapat berkurang, berkurangnya freon ini biasa terjadi karena kebocoran pada sistem AC. Kebocoran seperti ini sering di temui pada sel o ring pada sambungan pipa AC serta pada seal saft kompressor atau pun pada relief valve pada kompresor.

Kondensor dan Radiator Kotor.  Permukaan kondensor atau radiator yang kotor karena kotoran maupun debu, berkarat atau sirip pada permukaan yang tertekuk akan membuat pembuangan panas dari freon gas bertekanan tinggi pada kondensor terjadi tidak sempurna sehingga proses kondensasi juga tidak sempurna.

Motor Cooling Fan Mati.Jika motor cooling fan ataupun extra fan terganggu dengan ditandai putaran lemah atau mati mengakibatkan pembuangan panas di kondensor tidak berjalan dengan baik. Begitu pula jika putaran motor cooling fan terbalik dalam artian arah angin yang diembuskan justru mengarah ke depan mobil.

Field Coil (spul) Magnetic Clutch Putus. Spul magnetic clutch jika mati, putus atau terbakar menyebabkan komponen tengah tidak terhubung dengan puli kompresor AC yang ikut berputar dengan mesin, biasanya akan terlihat kompresor AC tidak berputar saat AC dihidupkan.

Tekanan Dalam Sistem AC Mobil Berlebihan.  Tekanan pada system AC berlebihan akan menyebabkan overheat pada sistem ACmobil sehingga high pressure switch bekerja dan memutus arus listrik ke field coil dari magnetic clutch.

Kompresor Aus.  Kompressor ACyang aus biasanya ditandai dengan tekanan tidak normal,timbul bunyi dari kompresor saat AC hidup dan saling berkaitan. Jika kompresor AC aus,beberapa hal yang diakibatkan adalah pada sight glass terlihat hitam, receiver dryer dan katup ekspansi tersumbat.

 Jika mengalami masalah AC mobil, sebaiknya segera lakukan perbaikan di bengkel AC mobil kepercayaan Anda supaya tidak menjadi semakin parah.

 “Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author