Penyebab AC Mobil Tiba Tiba Tidak Dingin dan Solusinya
 
Posted by Roy Ivan Uncategorized

Penyebab AC Mobil Tiba Tiba Tidak Dingin dan Solusinya

penyebab ac mobil tiba tiba tidak dingin

Apakah anda sedang mencari tahu penyebab AC mobil tiba tiba tidak dingin dan ingin tahu apa solusinya? Kedua hal tersebut sangat penting untuk diketahui karena dapat membantu anda untuk :

  • Mencegah munculnya masalah tersebut pada AC mobil anda
  • Mengetahui cara memperbaiki atau mengatasi masalah tersebut
  • Memastikan masalah tersebut tidak akan kembali menimpa AC mobil anda.

Penyebab AC Mobil Tiba Tiba Tidak Dingin

AC Mobil yang tiba-tiba tidak dingin umumnya disebabkan adanya masalah pada beberapa komponen atau bagian AC mobil seperti :

  1. Kekurangan freon AC mobil  

    Kekurangan freon secara tiba-tiba, dapat menjadi penyebab AC mobil tiba tiba tidak dingin. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat melakukan isi ulang freon AC mobil. Namun anda perlu mengatasi satu masalah lainnya : “ Mengapa freon AC mobil anda tiba-tiba berkurang?”

    Penyebab berkurangnya freon AC mobil pastilah karena terjadi kebocoran pada selang freon maupun pada kompresor AC mobil. Oleh sebab itu, anda perlu untuk mencari tahu titik kebocoran yang menyebabkan berkurangnya freon pada AC mobil anda.

    Jika kebocoran ditemukan, beberapa langkah yang dapat anda lakukan antara lain :

    – Menambal kompresor AC yang bocor
    – Menambal selang kompresor AC yang bocor
    – Mengeratkan seal pada sambungan selang kompresor AC
    – Mengganti bagian yang bocor dengan yang baru.

    Pada beberapa kasus, ada beberapa bengkel AC yang nakal atau kurang berkompeten sehingga memberikan solusi hanya mengisi freon saja tanpa melakukan pencarian kebocoran. Hal ini mereka lakukan umumnya karena :

    – Tidak memiliki peralatan yang memadai untuk melakukan pencarian kebocoran dengan cepat dan akurat
    – Ingin mendapatkan keuntungan yang instant dengan terus menerus membuat anda mengisi freon AC mobil di bengkel tersebut.

    Untuk itu, disarankan untuk selalu menggunakan bengkel AC mobil yang memang sudah berpengalaman, terpercaya, dan terekomendasi oleh banyak orang dan banyak komunitas mobil.

  2. Rusaknya salah satu komponen kompresor AC mobil

    Ketika anda sedang berkendara, salah satu komponen kompresor AC mobil mungkin saja rusak. Hal ini menyebabkan munculnya kompresor AC tiba tiba menjadi tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, anda akan mengalami masalah AC mobil tidak dingin.

    Beberapa komponen kompresor AC mobil yang sering kali tiba-tiba rusak dan menjadi penyebab AC mobil tiba tiba tidak dingin antara lain adalah :

    Drive Belt
    2. Magnetic Clutch
    3. Kipas fan
    4. dan komponen-komponen kompresor AC mobil lainnya.

    Komponen-komponen yang rusak ini pada umumnya tidak dapat diperbaiki dan memang sebaiknya tidak perlu diperbaiki. Komponen ini wajib diganti dengan yang baru.

    Namun penggantian dengan yang baru pun wajib disertai dengan penyelidikan apa yang menjadi penyebab kerusakan komponen tersebut. Beberapa penyebab kerusakan komponen tersebut antara lain adalah :

    – menerima panas berlebihan dari mesin mobil sehingga meleleh atau terbakar
    – faktor usia komponen kompresor AC tersebut sehingga akhirnya rusak
    – korosi
    – kotoran yang biasa menempel pada komponen AC mobil
    – dan masalah-masalah lainnya yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

  3. Melemahnya Kelistrikan pada AC Mobil

    AC dan kompresor AC mobil sangat bergantung pada kelistrikan AC mobil. Jika tiba-tiba kelistrikan AC mobil anda mengalami penurunan daya, maka kinerja AC mobil akan ikut melemah sehingga AC mobil akan kehilangan dayanya.

    AC mobil yang tiba-tiba kekurangan daya listrik akan menjadi penyebab AC mobil tiba tiba tidak dingin. Hal ini biasanya disertai dengan munculnya keluhan seperti :

    – AC mobil tidak dingin saat mobil berjalan lambat ( AC mobil tidak dingin di RPM rendah)
    – AC mobil tidak dingin atau kurang dingin saat macet
    – AC mobi kurang atau tidak dingin saat panas atau saat siang hari

    Untuk mengatasi masalah ini, beberapa langkah yang dapat anda lakukan antara lain adalah dengan :

    – mengganti aki dan radiator mobil serta komponen kelistrikan AC mobil lainnya
    – mengetes AC mobil apakah menjadi tiba-tiba tidak dingin karena benar-benar masalah kelistrikan atau karena adanya masalah lainnya.

    Walaupun masalah kelistrikan pada AC mobil cukup jarang menjadi penyebab AC mobil tiba tiba tidak dingin, anda tetap perlu untuk memastikan ada tidaknya masalah pada kelistrikan AC mobil anda.

    Karena ini sangat berhubungan dengan kelistrikan, pastikan untuk selalu menggunakan peralatan keselamatan yang memadai sehingga anda tidak mengalami setrum saat sedang melakukan pengecheckan.

    Atau anda dapat menyerahkan masalah ini kepada bengkel atau montir yang memang ahlinya dalam menangani AC dan kelistrikan AC mobil.

  4. AC Mobil Kotor

    Mungkin pada awalnya AC mobil anda sudah kotor. Namun udara dan hawa dingin tetap dapat melewati evaporator AC sehingga udara dingin tetap terasa. Tetapi saat evaporator tersebut sudah sangat kotor dan menyumbat evaporator, hawa dingin tidak dapat keluar sehingga menjadi penyebab AC mobil tiba tiba tidak dingin.

    Beberapa ciri bahwa masalah AC mobil tidak dingin pada mobil anda disebabkan oleh kotornya AC mobil adalah :

    – Adanya bau yang dikeluarkan oleh AC mobil

    Bau yang dikeluarkan ini berbau cukup menyengat seperti bau lendir dan pada beberapa kasus bau tersebut disertau dengan munculnya jawa panas.

    – Udara yang dikeluarkan oleh AC mobil membuat anda pusing

    Karena evaporator AC yang kotor tersebut, udara yang dihembuskan adalah udara yang kotor dan tidak baik bagi kesehatan. Akibatnya, anda dapat mengalami berbagai penyakit seperti pusing, mual, gangguan pernapasa, atau bahkan kanker paru-paru.

    Untuk mengatasi masalah ini, beberapa langkah yang dapat anda lakukan adalah dengan :

    Mengganti evaporator AC mobil yang kotor dengan yang baru
    Namun tentu saja hal ini sangat jarang dilakukan karena berbagai pertimbangan seperti :
    – harganya relatif cukup mahal
    – sulitnya mencari evaporator AC mobil yang memang sesuai dengan jenis mobil anda
    – memasang kembali evaporator AC biasanya memakan biaya yang cukup besar.

    Untuk itu, langkah terbaik selain mengganti evaporator AC mobil yang kotor adalah dengan melakukan cuci AC.

    2. Cuci Evaporator AC Mobil
    Evaporator AC yang kotor sebaiknya segera dicuci, baik itu dari debu, maupun dari lendir-lendir yang menempel pada evaporator AC. Jika lendir-lendir ini dibiarkan, beberapa masalah yang umum terjadi pada evaporator anda adalah :

    – evaporator AC menjadi kotor, terkorosi, dan retak/jebol
    – evaporator AC akan menjadi sarang kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit

    Selain melakukan cuci evaporator, anda juga dapat melakukan cuci AC mobil. Pada dasarnya cuci evaporator adalah bagian dari cuci AC mobil. Oleh sebab itu, cuci AC mobil akan sangat baik untuk anda pilih karena selain membersihkan evaporator, cuci AC juga akan membersihan bagian-bagian lain AC mobil seperto bagian kondensor, blower, kipas fan, dan lain-lain.

Jika anda membutuhkan sebuah bengkel AC mobil ataupun konsultan yang mampu mengatasi masalah pada AC mobil, anda dapat menghubungi Dokter Mobil ( http://www.doktermobil.com ).

Apapun mobilnya, Dokter Mobil bengkelnya.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *