Penyebab dan Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin
 
Posted by admin AC, Service AC Mobil

Penyebab dan Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin

Sebenarnya banyak sekali penyebab ac mobil tidak dingin. Namun sudahkah anda tahu mengapa ac mobil anda tiba-tiba tidak dingin? Kebanyakan pemilik mobil akan menjawab belum tahu. Apakah anda juga salah satunya ?

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Pada dasarnya masalah pada AC mobil tidak dingin ini dapat terjadi karena 5 hal sepele, yaitu :

1. Berkurang atau Habisnya Freon AC

Hal ini merupakan penyebab utama tidak dinginnya AC mobil anda. Namun anda juga perlu mengetahui fakta bahwa freon ac pada dasarnya tidak akan habis.

Lalu apa penyebab berkurang/habisnya freon ac mobil anda ?

Berkurang/habisnya freon disebabkan adanya kebocoran pada sistem AC mobil anda. Kebocoran ini terjadi karena :

– Kompresor AC yang retak/bocor akibat korosi
Korosi ini sendiri disebabkan masuknya kotoran/polusi (asap rokok, remah makanan, aroma parfum) yang masuk ke saluran AC, mengendap, dan menjadi lendir yang bersifat asam dan korosif.

– Benturan keras
AC mobil pun dapat bocor karena mobil mengalami benturan semisal tabrakan.

– Seal pada sambungan pipa yang tidak rapat
Hal ini menyebabkan freon AC rembes/bocor melalui celah sambungan. Ciri-cirinya berupa AC mobil diisi freon, namun setelah beberapa lama, volume freon berkurang.

SOLUSI :

Lalu bagaimana cara mengatasi penyebab ac mobil tidak dingin ini ? Caranya adalah dengan menambal kebocoran (pada kompresor) atau dengan mengencangkan seal pada sambungan pipa saluran AC.

Namun perlu diingat, jika kebocoran/retak sudah cukup besar, sebaiknya kompresor AC perlu diganti karena retak umumnya akan merembes ke titik lainnya.

2. Kurangnya Pasokan Freon ke Sistem AC

Masalah ini terjadi umumnya karena 2 sebab yaitu :

– Freon beku sehingga menyumbat saluran freon
Hal ini tentu akan menyebabkan pasokan freon berkurang.

– Tekanan pada kompresor AC tidak ideal
Penyebabnya adalah jumlah oli kompresor yang tidak sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Biasanya terjadi ketika oli kompresor terlalu banyak sehingga memakan ruang untuk freon.

Solusinya dapat dilakukan dengan flushing maupun mengisi ulang freon AC mobil.

3. Evaporator AC yang Kotor

Evaporator AC yang tidak pernah dibersihkan lama-lama akan dipenuhi kotoran/debu. Kotoran tersebut akan menumpuk dan menyumbat evaporator AC sehingga aliran udara terputus. Hal ini menyebabkan angin dari saluran AC melemah sehingga :

– AC mengeluarkan bau tidak sedap
AC mobil tidak dingin karena hawa dingin tidak sampai ke seluruh ruangan di dalam mobil.

Solusi untuk masalah ini tergolong mudah karena dapat anda selesaikan dengan cara membersihkan / mencuci ac maupun evaporator mobil anda.

cuci ac mobil - Ac Mobil Tidak Dingin
proses cuci ac mobil

4. Overheating pada Mesin

Banyak sistem AC mobil yang diletakkan dekat dengan mesin mobil. Namun hal ini justru menciptakan masalah ketika mesin mobil mengalami overheating.

Ketika mesin mengalami overheating/kepanasan, panas yang ada akan terkonveksi ke sambungan AC sehingga kualitas hawa dari freon menjadi tidak dingin. Hal ini menyebabkan AC mobil anda menjadi tidak dingin.

Overheating pada mesin mobil dapat disebabkan oleh banyak hal, namun umumnya terjadi karena oli mesin yang kualitasnya sudah berkurang, ataupun kipas yang bermasalah. Oleh sebab itu, solusi untuk masalah ini adalah dengan melihat kondisi oli mesin, dan mengecheck kipas apakah masih berputar dengan normal.

5. Komponen AC Mobil Rusak sehingga AC Mobil Tidak Dingin

Jika keempat masalah di atas tidak ditemukan pada mobil anda, maka kemungkinan besar ada kerusakan pada komponen AC mobil anda.

Beberapa komponen AC yang sering menjadi masalah penyebab AC mobil tidak dingin diantaranya adalah :

– Coil / spul magnetic clucth putus

Kerusakan pada spare part ini dapat teridentifikasi saat menghidupkan mesin. Jika kompresor AC tidak berputar saat menghidupkan mesin, maka dapat dipastikan coil/ spul putus.

– Fan Belt AC putus

Fan belt atau drive belt memiliki fungsi menyalurkan putaran mesin menuju kompresor. Jika fan belt ini putus/rusak maka puli kompresor tidak dapat ikut berputar sesuai putaran mesin.

– Sekering AC putus

Terjadi karena adanya hubungan arus pendek pada magnetic clutch.

Solusi sederhananya adalah dengan mengganti sekering. Namun jika hubungan arus pendek ini tetap terjadi maka sekering akan kembali putus. Oleh sebab itu disarankan untuk mengganti sekering dengan sekering yang dayanya lebih tinggi.

– Bearing AC macet/mampet sehingga AC mobil tidak dingin

Seperti halnya fan belt, bearing AC juga memiliki fungsi untuk meneruskan putaran mesin pada puli kompresor. Jika bearing macet, kompresor tidak dapat ikut berputar sesuai putaran mesin.

Selain komponen/spare part AC di atas, masalah AC mobil tidak dingin juga dapat disebabkan adanya kerusakan pada :
– Rusaknya Throttle Position Sensor (TPS) pada mobil injeksi
– Kerusakan resistor variabel yang ada pada pengatur suhu AC
– dan kerusakan lain pada spare part ac mobil yang tidak hanya menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin, namun juga masalah AC lainnya.

Itulah beberapa penyebab AC mobil tidak dingin dan beberapa solusi atau cara untuk mengatasi masalah tersebut. 

Artikel ini mungkin tidak dapat langsung membantu anda memperbaiki sendiri masalah pada AC mobil anda. Namun pastinya dapat membantu anda mendapatkan gambaran apa penyebab kerusakan dan solusi untuk masalah ac mobil anda.

DOKTER MOBIL , Spesialis AC Mobil Tidak Dingin

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil nomor satu untuk semua masalah AC mobil anda. Dokter Mobil dapat anda kunjungi/hubungi di alamat :

Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Beberapa kelebihan yang dapat anda peroleh di Dokter Mobil diantaranya adalah :

– Pengerjaan dilakukan oleh mekanik handal, profesional, dan berpengalaman
– Proses pengerjaan menggunakan mesin berteknologi canggih
– Proses pengerjaan tanpa bongkar yang menjamin proses service cepat (kurang dari 1 jam)
– Jaminan AC mobil pasti dingin

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

2 Comments

  1. […] untuk mendeteksi penyebabnya sudah bisa tahu cara untuk memperbaikinya. Adapun untuk cara mengatasi ac mobil tidak dingin bisa ditempuh dengan beberapa cara seperti […]

  2. […] AC Mobil Tidak Dingin – Jalanan yang macet dan panas terik matahari membuat Anda yang berada dalam mobil mungkin akan merasa jenuh apalagi jika AC mobil sudah tidak dingin lagi, mungkin Anda akan makin mudah emosi dan malas untuk mengendarai mobil tersebut. Namun tentu saja hal ini sebaiknya cepat diatasi dengan mengetahui cara mengatasi ac mobil tidak dingin. Anda tidak perlu khawatir untuk yang memiliki masalah AC mobil yang sudah tidak dingin bisa melakukan pengecekan untuk mendeteksi penyebabnya sudah bisa tahu cara untuk memperbaikinya. Adapun untuk cara mengatasi ac mobil tidak dingin bisa ditempuh dengan beberapa cara seperti : […]

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *