Pilih Bengkel Tune Up Mobil yang Baik | Dokter Mobil
 
Posted by admin bengkel mobil

Pilih Bengkel Tune Up Mobil yang Baik

service-bengkel-tune-up-mobil

service-bengkel-tune-up-mobil

Pilih bengkel tune up Mobil yang baik karena tune up atau perawatan rutin pada mobil dilakukan untuk membantu menjaga performa kendaraan yang Anda gunakan setiap hari. Perlakuan yang salah akan membawa dampak yang tidak baik nantinya, oleh sebab itu perhatikan langkah tune up mobil berikut supaya Anda setidaknya lebih memahami proses yang dilakukan mekanik.

  1. Saringan Udara (Filter)

Saringan udara harus dilakukan perawatan pertama karena merupakan komponen mesin yang paling dingin dibandingkan dengan komponen yang lain setelah mesin dihidupkan. Selain itu saringan udara juga berpengaruh terhadap komponen lain jika diservis belakangan, seperti adanya pembentukan campuran udara dan bensin di saluran pada saluran pemasukan gas.

  1. Platina

Platina terletak di dalam distributor, perlu diperiksa atau diservis terlebih dahulu sebelum menyetel saat pengapian dan putaran stasioner. Setelah perbaikan platina selesai, pemasangannya juga harus diteliti dengan benar. Perhatikan kabel yang bisa menyebabkan hubungan singkat dengan bodi mesin. Hubungan singkat dengan bodi mesin mengakibatkan tidak terjadinya loncatan bunga api pada busi. Apabila mobil sudah menggunakan teknologi CDI maka tidak perlu melewati tahapan ini.

  1. Kabel Busi

Kabel busi harus diperiksa atau diservis terlebih dahulu daripada businya, sebab kabel busi merupakan pengantar untuk lewatnya arus tegangan tinggi ke busi. Nyala api busi sangat dipengaruhi oleh kondisi kabel-kabel businya.Kabel busi tidak boleh diganti dengan kabel yang sembarangan kualitasnya. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari hambatan yang besar pada busi.

  1. Tutup Distributor

Tutup distributor sebaiknya diperiksa kondisinya bersamaan dengan pemeriksaan kabel-kabel busi dan servis platina. Hal ini dimaksudkan untuk meng¬hemat waktu kerja. Jika pemeriksaan tutup ditributor dilakukan setelah mesin dihidupkan, akan mengulangi pekerjaan melepas dan mencabut kabel busi dan tutup distributor.

  1. Accu (aki)

Air accu harus cukup, ketinggiannya antara garis batas atas (upper level) dan garis batas bawah (lower level). Jika air accu jumlahnya kurang, tambahkan dengan accu zur secukupnya. Ketinggian air accu pada prinsipnya adalah merendam seluruh sel-sel accu sekurang-kurangnya 1 cm di atas sel-sel accu tersebut.Jika mobil menggunakan accu kering, perawatannya menjadi lebih mudah karena tidak memerlukan air accu yang bisa berkurang karena penguapan. Kutub-kutub accu juga harus bersih, tidak kotor oleh jamur dan sejenisnya.

Segera perbaiki kendaraan roda empat kesayangan Anda di bengkel jika memang menemukan kendala. Sebaiknya jangan mencoba-coba sendiri jika Anda memang tidak paham akan mesin mobil.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author