📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Cara Pasang Aki Mobil yang Benar, Wajib Tau!

5 Cara Pasang Aki Mobil yang Benar, Wajib Tau!

Mengetahui cara pasang aki mobil yang benar merupakan suatu keharusan bagi setiap pengguna mobil.

Karena, tidak hanya menghindari kerusakan pada sistem kelistrikan mobil, Anda juga dapat menghemat waktu dan uang Anda.

Memasang aki mobil yang benar akan memperpanjang usia aki dan dapat mencegah kerusakan pada sistem kelistrikan mobil.

Dengan mengikuti 5 cara pasang aki mobil yang benar, Anda dapat menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang.

Ingatlah bahwa aki mobil adalah salah satu komponen terpenting dalam sistem kendaraan Anda, jadi pastikan untuk memasangnya dengan hati-hati.

5 Cara Pasang Aki Mobil yang Benar

Aki mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam kendaraan, karena aki berfungsi sebagai sumber listrik yang dibutuhkan oleh seluruh sistem elektronik mobil.

Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik mobil untuk mengetahui cara pasang aki mobil yang benar. Berikut adalah 5 cara pasang aki mobil yang wajib Anda ketahui:

1. Pastikan Kondisi Aki dalam Kondisi Baik

Cara pasang aki mobil yang pertama adalah pastikan bahwa aki dalam kondisi baik dan sehat. Periksa terlebih dahulu kondisi kutub aki, pastikan tidak ada karat yang menempel dan bersihkan jika diperlukan.

Selain itu, pastikan bahwa aki memiliki kapasitas dan tegangan yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Hal ini dapat diperiksa dengan melihat informasi yang tertera pada aki mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

2. Pastikan Koneksi Kabel Positif dan Negatif Terpasang dengan Benar

Koneksi kabel positif dan negatif pada aki mobil sangat penting. Pastikan kabel positif terpasang pada kutub positif aki dan kabel negatif terpasang pada kutub negatif aki dengan benar.

Pastikan juga kabel terpasang dengan kuat dan tidak ada kabel yang terlepas saat memasang aki.

Jika kabel tidak terpasang dengan benar, akan mengakibatkan arus listrik yang tidak stabil dan dapat merusak sistem kelistrikan mobil.

3. Bersihkan Terminal Aki

Cara pasang aki mobil selanjutnya yaitu sebelum memasang aki mobil, pastikan untuk membersihkan terminal aki dari kotoran atau karat yang menempel.

Hal ini dapat dilakukan dengan membersihkan terminal menggunakan sikat dan cairan pembersih khusus terminal aki. Setelah bersih, pastikan terminal kering sebelum memasang kabel positif dan negatif.

4. Pasang Aki pada Tempat yang Tepat

Pastikan aki dipasang pada tempat yang tepat di dalam mesin mobil. Tempatkan aki dengan benar di dalam bracket atau tempat yang disediakan untuk menghindari getaran yang berlebihan saat mobil berjalan.

Pastikan aki terpasang dengan kuat dan tidak bergerak saat mobil berjalan. Hal ini akan membantu menghindari kerusakan pada terminal dan sistem kelistrikan mobil.

5. Pasang Kembali Semua Bagian dengan Benar

Cara pasang aki mobil yang terakhir yaitu setelah memasang aki mobil, pastikan untuk memasang semua bagian kembali dengan benar.

Pasang kembali tutup aki, kabel positif dan negatif, serta semua bagian yang dilepas sebelumnya dengan benar.

Pastikan tidak ada bagian yang terlewatkan atau terlepas saat memasang kembali semua bagian. Hal ini akan membantu mencegah masalah kelistrikan di kemudian hari.

BACA JUGA: 5 Cara Mengetahui Masa Kadaluarsa Aki Mobil, Agar Tidak Salah!

Memasang aki mobil dengan benar sangat penting untuk menjaga kinerja mobil dan memperpanjang umur aki.

Terdapat 5 cara pasang aki mobil yaitu memastikan kondisi aki, memastikan koneksi kabel positif dan negatif terpasang dengan benar, membersihkan terminal aki, memasang aki pada tempat yang tepat, dan memasang kembali semua bagian dengan benar.

Dengan mengikuti cara-cara ini, Anda dapat menghindari risiko korsleting listrik dan kerusakan sistem elektronik pada mobil Anda.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

10 Pilihan Mobil Mewah untuk Wanita

10 Pilihan Mobil Mewah untuk Wanita

Mobil mewah bukan hanya sekadar kendaraan, tetapi juga merupakan simbol status dan gaya hidup yang elegan. Bagi wanita yang mencari kendaraan yang cocok dengan kepribadian

Alasan Toyota Supra Menjadi Pilihan

4 Alasan Toyota Supra Menjadi Pilihan

Kenapa Toyota Supra Menjadi Pilihan? Tentu saja Mobil asal jepang ini telah hadir dengan keluaran terbaru. Desain yang stylish dan performa mesin yang sesuai serta

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form