šŸ“¢ SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   šŸ“¢ Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ā© Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

5 Faktor Penyebab AC Wuling Almaz Tidak Dingin

AC Wuling Almaz Tidak Dingin – Komponen AC pada mobil memang menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki. Hal ini karena komponen yang satu ini berperan untuk mendinginkan udara dan mengatur sirkulasi udara agar tetap bersih. Terlebih lagi, di negara yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia. Dimana sinar matahari bersinar dengan terang di sepanjang tahun, bahkan bisa sangat panasa di musim kemarau.

Karena faktor yang seperti ini, tentunya AC mobil jelas menjadi sebuah kebutuhan khusus bagi para pengendara. Tetapi sayang, terkadang AC mobil juga sering mengalami berbagai permasalahan seperti AC wuling almaz tidak dingin.

Penyebab AC Wuling Almaz Tidak Dingin

Penyebab AC Wuling Almaz Tidak Dingin

Padahal AC Mobil Wuling Almaz ini bisa dibilang sebagai AC mobil yang cukup tangguh. Lalu, kenapa bisa terjadi permasalahan AC Wuling Almaz tidak dingin? Berikut ini adalah paparan informasi untuk menjawab apa penyebab dari AC Wuling Almaz tidak dingin.

  1. Drive Belt yang Longgar

Memiliki AC mobil yang terasa kurang dingin jelas menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Mengingat peran penting dari AC mobil adalah untuk mendinginkan mobil di saat cuaca panas agar penumpang merasa nyaman. Tetapi, terkadang ada beberapa permasalahan yang menyebabkan AC wuling almaz tidak dingin. Dimana salah satu faktor penyebabnya adalah drive belt yang longgar.

Drive belt atau yang sering juga kita kenal dengan sebutan fan belt ini adalah komponen yang bisa menjadi penyebab dari AC wuling almaz tidak dingin. Hal ini karena, pada saat fan belt longgar, maka sudah pasti akan membuat AC dari mobil ini menjadi tidak dingin. Terlebih lagi pada saat rpm mobil sedang rendah. Kenapa hal ini bisa terjadi? Alasan dari hal ini adalah karena fan belt memiliki tugas untuk menyalurkan putaran dari mesin dengan putaran kompresor AC.

Sehingga ketika Fan Belt ini longgar, maka jumlah putaran AC mobil juga akan lebih berkurang. Ketika AC mobil sedang berada di RPM yang tinggi, AC mobil mungkin masih akan bisa berputar dengan normal. Tetapi, pada saat RPM pada mobil lebih rendah, putaran dari kompresor ini akan tersengal. Hal inilah yang kemudian akan menyebabkan AC mobil Wuling Almaz terasa kurang atau mungkin tidak dingin.

  1. Freon atauĀ RefrigerantĀ yang Kurang

Selain dengan penyebab dari fan belt yang ada pada AC mobil longgar. Freon juga sangat berpengaruh terhadap kelangsungan dari AC mobil. Tanpa adanya freon, tentunya AC juga tidak akan bisa bekerja dengan semestinya. Oleh karena hal itu, Freon AC yang berkurang seringkali menjadi penyebab utama dari ac wuling almaz tidak dingin.

Berkurangnya jumlah freon yang ada di dalam AC ini, biasanya terjadi karena adanya kebocoran pada sistem AC mobil. Bocor yang terjadi pada freon biasanya terjadi dalam jumlah yang terlalu kecil. Kebocoran ini hanya terjadi pada tekanan tertentu misalnya saja pada 120 psi. Dimana pada tekanan yang tinggi, maka pada tekanan tersebut akan ada kemungkinan jika bocor tersebut berhenti.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers šŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ā¤ļø

Loading...
Cabang :
Service :

Hal ini juga membuat freon mobil meskipun mengalami bocor, tidak akan sampai habis sama sekali. Kebocoran yang terjadi pada freon ini biasanya sering di temui pada sel o ring. Lebih tepat terdapat pada pada berbagai sambungan yang ada di pipa AC. Juga pada bagian seal saft kompressor atau pun pada bagian relief valve pada kompressor.

  1. Kondensor dan Radiator yang Kotor

Selain disebabkan oleh fan belt dan juga freon yang bocor. Penyebab lainnya dari AC mobil Wuling tidak dingin adalah radiator dan kondensor yang kotor. Ada beberapa penyebab yang sebenarnya cukup kompleks yang membuat AC Wuling Almaz tidak dingin. Dimana penyebab utama sebenarnya adalah karena AC yang jarang dibersihkan dan dirawat dengan baik.

Karena AC yang jarang dibersihkan, maka hal ini tentunya akan membuat beberapa bagian didalamnya kotor. Seperti pada bagian kondensor dan juga radiator, yang dimana hal ini akan mempengaruhi kinerja dari AC mobil. Permukaan kondensor atau radiator AC yang kotor karena debu, karatan, atau juga sirip pada permukaan yang tertekuk. Akan bisa membuat pembuangan panas dari freon gas yang bertekanan tinggi pada kondensor menjadi tidak bisa sempurna.

Hal ini tentunya akan berakibat pada proses dari kondensasi AC yang juga menjadi tidak bisa sempurna. Penyebab dan alasan kenapa ac wuling almaz ini menjadi tidak dingin saat radiator kotor sebenarnya adalah. Pada saat bagian tersebut kotor, maka hembusan dari angin tentunya akan menjadi lebih kencang. Udara dingin yang terlalu banyak ini, tidak akan bisa lewat jika kondensor dan radiator AC kotor, dan hal inilah yang akhirnya membuat AC terasa tidak dingin.

Baca Juga: 6 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

  1. Motor Cooling Fan Lemah atau Mati Total

Penyebab lainnya dari ac wuling almaz tidak dingin ini adalah karena motor Cooling pada AC yang mati atau mungkin juga lemah. Jika motor cooling fan atau yang sering disebut dengan extra fan inj terganggu. Maka, akan bisa ditandai dengan putaran yang lemah atau mati. Selain itu, jika extra fan pada AC ini mati, maka akan mengakibatkan pembuangan panas di kondensor tidak bisa berjalan dengan baik.

Begitu juga jika putaran motor cooling fan pada AC ini terbalik. Dalam artian, arah dari angin yang di hembuskan oleh ekstra fan ini justru mengarah ke depan mobil. Hal ini juga bisa jadi penyebab AC wuling almaz tidak dingin. Lalu, apa solusinya? Anda hanya perlu membenarkan posisi dari cooling fan ini.

  1. Field Coil Atau Spul Magnetic Clutch Putus

Alasan yang selanjutnya kenapa AC wuling almaz tidak dingin adalah karena putusnya Spul Magnetic Clutch pada bagian AC mobil. Selain dengan beberapa penyebab yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas. Alasan lain yang menjadi penyebab AC tidak dingin ini adalah karena ada bagian yang terputus. Hal ini sebenarnya sangat jelas, karena AC mobil memang terdiri dari berbagai komponen yang memiliki peran sama pentingnya.

Sehingga, jika terdapat sebuah masalah pada komponen didalamnya. Bahkan, jika sampai mengalami putus seperti ini, hal ini tentunya akan membuat kinerja AC menjadi terganggu dan tidak bisa maksimal. Spul magnetic clutch jika mengalami putus juga mati. Maka, hal ini akan menyebabkan armature asembly atau yang juga disebut sebagai center piece menjadi tidak terhubung dengan bagian puli kompressor ac.

Dimana karena hal ini, maka puli kompresor ini menjadi akan ikut berputar dengan mesin. Dan hal ini akan terlihat seperti kompresor ac tidak berputar pada saat ac dihidupkan.

Menjaga AC Mobil dengan Rutin Melakukan ServiceĀ  AC Mobil di Dokter Mobil BSD

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menjaga AC mobil Wuling Almaz agar tetap awet dan bisa bekerja dengan maksimal adalah rajin melakukan servis. Melakukan servis AC ini perlu dilakukan untuk mengetahui apabila ada kerusakan yang terjadi pada komponen AC. Bagi Anda yang berdomisili di BSD, salah satu tempat terpercaya yang bisa digunakan untuk melakukan servis AC dengan kualitas layanan yang kredibel adalah Dokter Mobil BSD.

Dikenal sebagai bengkel spesialis AC mobil, layanan service AC mobil di Dokter Mobil BSD menggunakan peralatan canggih berteknologi terkini serta ditangani oleh teknisi yang ahli. Sehingga kualitas dari layanan service AC mobil di sini begitu terbukti.

Agar kondisi kondensor AC mobil senantiasa terawat, reservasi layanan service AC mobil di Dokter Mobil BSD sekarang melalui WhatsApp di 0813-9860-1800 (atau klik di sini). Bisa reservasi di mana saja, Anda akan diarahkan menuju cabang Dokter Mobil terdekat untuk nikmati langsung layanan service AC mobilnya tanpa harus khawatir menunggu dapatkan layanannya.

Lokasi Dokter Mobil BSD

Alamat: Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310
Kontak: 0813-9860-1800 (atau klik di sini)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4356

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers šŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ā¤ļø


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya