📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab dan Solusi Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab dan Solusi Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin

Saat kondisi AC mobil tidak dingin – terutama saat panas matahari di siang hari begitu menyengat – tentu rasanya sangat tidak nyaman, kan? Mengatasi AC mobil tidak dingin dilakukan sedemikian rupa agar kondisi AC mobil bisa lebih prima dalam mengusir suhu panas di dalam kabin mobil.

Permasalahan AC mobil tidak dingin ini bisa terjadi pada semua jenis merek mobil, karena kerusakannya yang lazim terjadi. Namun ada beberapa petunjuk kerusakan AC yang dapat diantisipasi dan menjadi penanda sebelumnya. Seorang pengemudi penting untuk bisa mengenali penyebab dan cara mengatasi AC mobil tidak dingin ini dengan baik. Karena akan sangat mengganggu jika perjalanan jauh justru rusak akibat dari AC yang tidak dingin ini.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Sebelum menuju ke pembahasan cara mengatasi AC mobil tidak dingin ini, penting untuk dibahas terlebih dahulu mengenai penyebab daripada AC mobil ini menjadi tidak dingin atau kurang dingin. Beberapa penyebab ini mungkin saja dialami oleh mobil kesayangan Anda.

  1. Freon Habis

Keberadaan treon yang habis memang dapat terjadi karena adanya kebocoran pada sistem atau komponen AC seperti pada kondensor sambungan pada seal o-ring, evaporator, ataupun pada komponen AC yang lainnya. Masalah pada AC mobil yang tidak dingin hanya keluar angin ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena akan memunculkan masalah tambahan yang akan memperbesar kerusakan di dalam komponen pendukung AC mobil ini.

  1. Fan Belt atau Drive Belt yang Terputus

pengemudi memang kerap mengalami putus dan copotnya fan belt yang menghubungkan mesin dengan kompresor AC mobil. kompresor tidak akan berputar dan membuat kondensor tidak bekerja dengan maksimalnya.

Baca Juga: Fungsi dan Cara Mengatasi Kondensor Kotor

Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin

Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari AC yang tidak dingin, akan diperjelas selanjutnya mengenai cara mengatasi AC mobil tidak dingin. Anda sebagai pemilik ataupun pengemudi mobil penting untuk mengetahui beberapa langkah pencegahan dan penanggulangan dalam cara mengatasi AC mobil tidak dingin untuk menjaga AC mobil. Cara- cara mengatasi AC mobil tidak dingin berlaku pada semua mobil dan seluruh jenis mobil yang terpenting yang memiliki komponen AC didalamnya.

  1. Menjaga Kebersihan Kabin

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai mengatasi AC mobil tidak dingin adalah dengan menjaga kebersihan bagian dalam mobil sebagai salah satu cara merawat dari AC mobil supaya dapat tetap dingin. Kebersihan daripada kabin mobil dari kotoran dan debu akan memudahkan evaporator dalam mengambil udara. Pembersihan ini dapat dilakukan ketika kabin dalam keadaan kosong, karena dengan begitu pembersihan dapat dilakukan dengan maksimal.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers đź‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Salah satu bagian dari kabin mobil yang mudah kotor adalah bagian karpet depan. Tentu bagian ini perlu untuk dibersihkan dengan baik supaya tidak memicu masalah lanjutan yang menjadi penyebab AC tidak dingin. tentunya, dengan rajin melakukan pembersihan kabin mobil, akan membuat AC mobil jauh lebih dingin dan terawatt, terlebih lagi ini juga menjadi cara mengatasi kabin mobil. mengatasi AC mobil tidak dingin ini paling banyak dilupakan oleh para pemilik mobil.

  1. Menutup Jendela Selama Berkendara

Cara mengatasi AC mobil tidak dingin selanjutnya muncul dari cara sederhana dengan menutup jendela ketika berkendara. memang  posisi jendela yang terbuka akan membuat kinerja AC ini tidak terasa karena kalah dengan udara yang masuk melalui jendela mobilnya. Terlebih dari kotoran dan debu yang ditimbulkan dari udara luar yang masuk akan membuat kerja AC mobil ini lebih berat. Evaporator dari AC akan lebih berat dalam mengambil udara jika memang udara yang masuk dari luar jendela besar.

Kotoran dan debu yang masuk dalam mobil melalui jendela ini akan masuk dan mengotori dari luar masuk ke dalam mobil yang membuat kinerja dari mesin untuk mengotori AC kurang optimal dan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Lantas akan lebih baik untuk  mengatasi AC mobil tidak dingin ini dengan segera menutup AC jika memang membuka jendela atau menutup jendela jika memang menyalakan AC mobil.

  1. Jangan Merokok di Dalam Mobil

Ternyata kebiasaan merokok didalam mobil ini membuat kerusakan pada AC mobil Anda. Kebiasaan merokok didalam mobil saat AC mobil ini dinyalakan akan membuat masa tahan dari AC ini berkurang. Asap rokok dapat masuk ke dalam AC dan membuat kandungan dan ampas dalam asapnya mengotori evaporator. Tentunya ini akan berakibat pada munculnya lendir di dalam AC mobil dan jika dibiarkan akan menjadikan AC mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Baca Juga: Faktor Utama Penyebab AC Mobil Bau dan Cara Mengatasinya

  1. Menghindari Menyalakan AC Secara Langsung

Mungkin hal ini tidak banyak diketahui secara khusus oleh pengemudi pemula. Tidak menyalakan AC saat mobil dihidupkan akan menjadi cara cara mengatasi AC mobil tidak dingin. Dengan tidak menyalakan AC secara langsung akan menjadi cara perawatan AC mobil paling ringan dan paling mudah dilakukan dibandingkan dengan mengatasi AC mobil tidak dingin sebelumnya.

Sebagai pengemudi atau pemilik dari mobil, Anda perlu untuk mengetahui mengatasi AC mobil tidak dingin ini dengan baik. Pastikan dengan benar jika AC yang digunakan tengah dalam keadaan mati ketika mobil dalam kondisi mati. Namun baru akan dihidupkan ketika mesin mobil dalam kinerjanya cukup stabil digunakan.

  1. Pembersihan Kondensor Ketika Mencuci Mobil

Selanjutnya, mengenai mengatasi AC mobil tidak dingin salah satunya bisa dicoba dengan membersihkan komponen kondensornya, Untuk mengatasi masalah pada pendingin kabin AC akan sering terjadi karena kondensor yang rusak ataupun kotor. Memang menjaga mengatasi AC mobil tidak dingin ini dilakukan paling mudah dengan membersihkan debu dan kotoran yang menempelnya.

Anda bisa membersihkan debu dan kotoran terlebih pada yang menempel pada kondensor sampai benar-benar bersih karena kotoran yang tertinggal dan menempel dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan kebocoran dan korosi pada kondensornya. Pembersihan ini dapat dilakukan dengan mencuci mobil dengan benar dan baik.

  1. Memasang Filter Kabin

Mengenai  mengatasi AC mobil tidak dingin ini dapat dilakukan juga dengan memasang filter pada kabin mobil. Fungsi daripada filter kabin adalah sebagai penyaring debu atau kotoran yang masuk ke dalam mobil. Sehingga jika memang terhisap oleh AC tidak akan masuk dan mengotori evaporatornya. Filter pada kabin mobil ini juga harus diperiksa secara teratur dengan melakukan service. Anda dapat meminta mekanik untuk melakukan pembersihannya dengan mengganti dengan yang baru jika memang tidak layak digunakan.

Bengkel Perbaikan AC Mobil Tidak Dingin yang Paling Recommended, Dokter Mobil Lontar

Permasalahan AC mobil tidak dingin memang sangat menjengkelkan. Mengingat komponen satu ini memang berguna agar kenyamanan saat berkendara bisa tetap terjaga, tentu saat AC mobil mati rasa nyaman saat berkendara pun tak akan terasa.

Apalagi di daerah-daerah yang memiliki cuaca yang seringkali panas, seperti di Surabaya, hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara. Bagi Anda yang berdomisili di daerah Surabaya dan perlu mencari bengkel yang tepat dalam mengatasi masalah AC mobil tidak dingin, Dokter Mobil Lontar adalah pilihan yang sangat tepat untuk Anda tuju.

Menggunakan peralatan canggih terkini, ditangani oleh teknisi yang ahli, serta mengantongi sertifikasi ISO 9001:2015 Quality Management System, membuat layanan dari Dokter Mobil Lontar ini begitu terpercaya kualitasnya.

Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menghubungi via WhatsApp di 0813-9860-1800 (atau klik di sini), CS Dokter Mobil akan langsung mengarahkan Anda menuju bengkel Dokter Mobil Lontar untuk langsung segera diberi penanganan.

Lokasi Dokter Mobil Lontar

Alamat: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota SBY, Jawa Timur 60216
Kontak: 0813-9860-1800 atau klik di sini

Penutup

Demikian beberapa cara  mengatasi AC mobil tidak dingin. Jika memang mobil Anda mengalami permasalahan ini, akan lebih baik untuk segera dilakukan penyelesaian ini dengan segera. Seluruh informasi dapat dijadikan sebagai alternatif cara mengatasi AC mobil tidak dingin.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4366

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya