New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Sebagai pemilik mobil, Anda wajib melakukan tune up secara berkala. Namun sebelum itu, Anda wajib perlu tahu perkiraan biaya tune up mobil. Sebab, harga tune up ini berbeda-beda untuk beberapa jenis mobil. Ya, untuk mobil city car berpenumpang 4 orang dengan mobil city car berpenumpang 7 orang ini tentu saja berbeda harganya.

Jadi, sebagai pemilik mobil ini wajib tahu perkiraan harga tune up mobil. Agar pemilik mobil memperkirakan besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk tune up mobil di bengkel resmi maupun umum. Untuk itu, Kami akan membahas mengenai perkiraan-perkiraan biaya dari tune up mobil terbaru di bengkel resmi maupun umum.

Ini Dia Perkiraan Biaya Tune Up Mobil Terbaru

Tune up mobil adalah ini merupakan langkah pengecekan kondisi kendaraan secara menyeluruh. Pengecekan ini tidak bisa Anda lakukan sendiri dirumah. Sehingga, Anda wajib membawa kendaraan ke bengkel resmi atau umum terpercaya.

Sebelum membawa mobil ke bengkel, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu perkiraan biaya yang harus Anda keluarkan untuk tune up mobil. Sebab, bisa saja ada praktek nakal dari bengkel-bengkel tersebut guna mendapatkan keuntungan dengan cara menaikkan harga tune up diatas harga normal.

Untuk itu, ini dia perkiraan harga tune up mobil yang perlu Anda  ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Perkiraan Biaya Tune Up Untuk Mobil City Car 4 Penumpang

Biasanya, biaya untuk tune up mobil city car 4 penumpang ini membutuhkan biaya sekitar Rp. 850.000 hingga Rp. 1.000.000 rupiah. Biaya tersebut meliputi pengecekan mobil secara menyeluruh. Selain itu, biaya tersebut juga termasuk ongkos montir mobil yang mengecek kondisi mobil Anda.

  1. Perkiraan Biaya Tune Up Mobil City Car 7 Penumpang

Perkiraan harga tune up mobil city car 7 penumpang ini lebih mahal dibandingkan dengan jenis mobil city car 4 penumpang. Sebab, proses pengecekannya lebih mendetail dan lebih sukar untuk diketahui apabila ada kerusakannya.

Umumnya, biaya tune up city car berpenumpang 7 orang ini sekitar Rp. 1.250.000 hingga Rp. 2.000.000 untuk satu kali tune up. Biaya tersebut juga termasuk biaya ongkos montir yang mengecek kondisi mobil Anda.

  1. Perkiraan Harga Tune Up Mobil Sport

Harga tune up mobil sport ini memang lebih mahal dibandingkan dengan perkiraan harga tune up mobil city car, baik berpenumpang 4 dan 7 orang. Sebab, pengecekan mobil sport ini membutuhkan peralatan yang lebih canggih dan harus dicek oleh montir bengkel berpengalaman.

Sehingga, tidak semua jenis bengkel menerima tune up mobil sport. Perkiraan harga tune up mobil sport ini sekitar Rp. 2.500.000 hingga Rp. 5.000.000 untuk satu kali tune up mobil jenis sport.

Pengecekan Apa Saja yang Dilakukan Saat Tune Up Mobil ?

Apa saja yang dicek saat tune up mobil? Setelah mengeluarkan harga tune up mobil, apakah semua kerusakan pada mobil dapat terdeteksi? Untuk mengetahui adanya kerusakan pada mobil. Maka, pemilik kendaraan dapat melakukan pengecekan secara menyeluruh atau tune up mobil.

Sehingga, semua kerusakan pada mobil Anda ini dapat terdeteksi. Setelah itu, Anda wajib memperbaiki kerusakan mobil setelah proses tune up.Jadi, tune up ini mengecek secara keseluruhan komponen mobil.

Baca Juga : penyebab mobil kurang tenaga di tanjakan

Tujuannya adalah memastikan apakah komponen tersebut masih layak guna atau harus ganti komponen. Untuk itu, ini dia pengecekan-pengecekan saat melakukan tune up mobil :

  • Mengecek sekaligus membersihkan filter udara
  • Mengganti komponen filter bahan bakar
  • Mengecek, membersihkan dan mengganti busi mobil (apabila diperlukan)
  • Mengganti oli filter
  • Membersihkan komponen sistem injektor mobil
  • Membersihkan dan menyetel ulang sistem rem mobil
  • Mengecek sekaligus membersihkan komponen AC mobil
  • Mengganti kampas rem (apabila diperlukan)
  • Scan sistem injektor untuk mengetahui apakah ada system error pada injektor mobil
  • Memeriksa kadar oli mesin dan oli transmisi mobil

Untuk mengetahui adanya kerusakan atau tidak pada mobil Anda. Maka, Anda wajib melakukan tune up di bengkel terdekat. Sebelum itu, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu perkiraan biaya tune up mobil terlebih dahulu. Sebab, banyak oknum bengkel nakal yang sengaja member harga diatas normal untuk mencari keuntungan berlebih.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.