New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
cara kerja sistem AC mobil

Cara Kerja Sistem AC Mobil Bertransmisi Manual dan Matic

Mungkin beberapa pemilik kendaraan belum paham betul bagaimana cara kerja sistem AC mobil. Mekanisme pola kerja AC mobil manual dan matic ini tidak jauh berbeda. Ada beberapa tahapan sebelum gas freon yang berbentuk cairan ini menjadi zat gas. Kemudian, zat gas tersebut disalurkan ke blower AC mobil. Sehingga, suhu kabin mobil akan sesuai dengan indikator yang dipilih.

Sebetulnya, sistem AC mobil ini bekerja secara otomatis. Jadi, setelah Anda menekan tombol “on” untuk menghidupkan AC mobil. Maka, komponen-komponen akan bekerja untuk menghasilkan suhu dingin. Jadi, gas freon akan diolah menjadi suhu gas yang kemudian dialirkan ke blower AC mobil hingga ke beberapa sudut kabin mobil.

Komponen-Komponen AC Mobil yang Wajib Anda Ketahui

Anda wajib mengetahui apa saja komponen-komponen AC mobil yang berguna untuk mengolah dan menghasilkan suhu dingin. Komponen AC mobil yang mengolah gas freon hingga menjadi gas udara ini cukup banyak. Maka dari itu, ini dia macam-macam komponen yang harus Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Perawatan untuk AC mobil


  1. Kompresor

Kompresor merupakan salah satu komponen inti dari AC mobil. Fungsinya pun sangat vital. Mekanisme pola kerja AC mobil komponen kompresor ini cukup vital. Sebab, kompresor bertugas untuk menghisap gas freon dan kemudian mengolahnya menjadi zat cair yang masih panas karena terkompresi. Setelah itu, cairan freon akan disalurkan ke kondensor.


  1. Kondensor

Kondensor ini menjadi komponen yang tidak kalah penting dari kompresor. Kondensor bertugas untuk mengolah zat cair yang disalurkan oleh kompresor. Sehingga, suhu zat cair akan turun hingga 60 derajat celcius.


  1. Filter Dryer

Cara kerja sistem AC mobil ini kemudian diteruskan ke filter dryer. Disini, kotoran-kotoran yang tersangkut pada zat cair freon akan disaring hingga debu dan kotoran terangkat. Sehingga, udara yang nantinya dihasilkan tidak terkontaminasi dengan debu dan kotoran.


  1. Expansion Valve

Setelah debu dan kotoran terangkat, maka zat cair freon akan diteruskan ke expansion valve. Disini, zat cair akan dikonversi menjadi zat gas. Zat inilah yang nantinya diteruskan ke komponen evaporator.


  1. Evaporator

Dan komponen terakhir adalah evaporator. Evaporator ini berfungsi untuk menampung zat gas yang telah diolah oleh komponen lainnya. Nantinya, gas tersebut akan disalurkan ke blower AC dan disebarkan hingga ke sudut-sudut kabin mobil.

Cara Kerja Sistem AC Mobil Bertransmisi Manual dan Matic

Mekanisme pola kerja AC mobil ini cukup sederhana. Pertama, kompresor akan menghisap gas freon. Apabila kompresor AC mobil Anda bocor, maka gas freon tidak akan terhisap sempurna.

Kemudian, gas freon yang terhisap akan dikompresi dengan suhu hingga 100 derajat celcius. Sehingga, gas freon akan berubah menjadi zat cair. Kemudian, zat cair tersebut akan diteruskan ke kondensor. Kemudian, kondensor akan mendinginkan zat cair tersebut hingga ke suhu 60 derajat celcius.

Biasanya, zat cair freon masih bercampur dengan debu dan kotoran. Setelah itu, zat tersebut akan diteruskan ke filter dryer. Disini, debu serta kotoran akan disaring dan akan diteruskan ke expansion valve.

Lalu, expansion valve akan mengubah zat cair menjadi zat gas kembali. Zat gas inilah yang akan diteruskan ke evaporator. Dari evaporator, zat tersebut akan diteruskan ke blower AC mobil. Kemudian, zat gas akan disalurkan ke kabin mobil melalui blower AC  mobil Anda. Jadi, cara kerja sistem AC mobil cukup ribet karena harus melalui berbagai proses.

baca juga : Mobil Ndut Ndutan Saat Injak Gas? Ternyata Ini Penyebabnya

Bagaimana Jika Komponen AC Mobil Mengalami Kerusakan?

apabila Mekanisme pola kerja AC mobil mengalami malafungsi, maka Anda bisa langsung menuju ke bengkel spesialis. Sebab, kerusakan komponen AC mobil ini harus ditangani oleh montir berpengalaman. Maka dari itu, Anda dapat mempercayakan Dokter Mobil sebagai bengkel spesialis servis dan perawatan AC.

Kami siap melayani Anda untuk mengatasi segala kerusakan pada komponen AC mobil. Selain itu, kami juga melayani perawatan komponen AC mobil hingga penggantian sparepart. Kami juga menyediakan layanan Home Service AC mobil bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk service kendaraan di bengkel kami.

Setiap mobil memiliki komponen AC mobil yang menghasilkan suhu dingin yang disebarkan hingga ke sudut-sudut kabin. Sebagai pemilik kendaraan, Anda wajib mengetahui cara kerja sistem AC mobil dari gas freon hingga diolah menjadi zat gas yang disebarkan melalui blower.

 

 

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda