New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
cara memperbaiki koil mobil yang rusak

Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak dari 3 Permasalahan ini

Cara memperbaiki koil mobil yang rusak perlu anda ketahui supaya permasalahannya bisa segera diatasi dengan baik. Pada setiap mobil sendiri selain mempunyai sistem kelistrikan, juga pastinya mempunyai sistem pengapian. Pada sistem pengapian ini mempunyai fungsi yang cukup penting pada mesin dalam proses pembakaran. Komponen-komponen yang ada di dalamnya pastinya sangat penting, termasuk salah satunya adalah koil.

Dalam sistem pengapian sendiri, koil berfungsi untuk menaikkan tegangan yang awalnya dari 12 volt hingga menjadi puluhan sampai ribuan volt. Tegangan yang dihasilkan ini sangat besar, dan nantinya akan dipakai dalam mematikan api busi yang ada pada ruang pembakaran. Karena peranannya yang sangat penting ini, kondisi koil perlu dilakukan pengecekan berkala ataupun diantisipasi apabila dirasa ditemukan masalah.

Ciri-ciri Koil Mobil Yang Rusak

cara memperbaiki koil mobil yang rusak

Sebelum anda memahami bagaimana cara memperbaiki koil yang rusak, penting juga untuk mengetahui bagaimana ciri-cirinya koil yang mengalami kerusakan. Terdapat ciri-ciri umum yang banyak dijumpai pada komponen ini jika mengalami ketidakberesan. Berikut beberapa diantaranya:

  • Mobil Sulit Dihidupkan Dan Kurang Bertenaga

Ciri pertama yang umum dijumpai adalah mobil yang cukup sulit dihidupkan. Hal ini terjadi pada kondisi udara yang masih dingin, terutama pada pagi hari. Atau, bisa juga karena mobil tidak dihidupkan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, ciri yang umum dijumpai adalah tenaga mobil yang dirasa kurang prima. Mobil terasa berat dan tersendat-sendat dan bahkan mati secara mendadak apalagi jika setelah menempuh jarak tempuh yang cukup jauh.

Lihat Juga : Harga Koil Mobil

  • Kebocoran Koil Dan Percikan Api

Memahami cara memperbaiki koil mobil yang rusak penting dan kerusakan bisa dilihat dari kebocoran koil juga terjadinya percikan api juga bisa menjadi ciri koil yang mulai rusak. Kebocoran tersebut dicirikan dengan seperti adanya isulator koil yang mengalami keretakan. Umumnya ini terjadi di pinggiran terminalnya. Selain itu, bisa juga terjadi percikan seperti bunga api pada sekitar sistem pengapian mesin. Hal ini disebabkan oleh terjadinya kebocoran pada koil atau kabel busi.

  • Bahan Bakar Yang Boros

Meskipun tidak selalu penyebabnya dari koil yang rusak, bahan bakar yang boros juga menjadi salah satu tandanya. namun, ini bukan tanda utama dan biasanya hanya sebagai penguat saja. banyak hal yang bisa menyebabkan bahan bakar boros, salah satunya misalnya dari oli mesin yang kurang.

Cara Memperbaiki Koil Mobil yang Rusak

cara memperbaiki koil mobil yang rusak

Panduan mengenai cara memperbaiki koil mobil yang rusak memang hanya bersifat sementara saja. Kalau Anda terus-menerus membiarkannya, maka bisa terjadi kerusakan yang lebih luas. Kalau lebih memungkinkan, akan lebih baik Anda menggantinya dengan yang baru dan carilah koil yang berkualitas agar performa mesin lebih awet juga.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kompresor AC Lemah

cara memperbaiki koil mobil yang rusak yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan pada komponen koil tersebut. Berikutnya, gunakanlah isolasi yang cukup tebal dan berwarna hitam. Pastikanlah bagian yang retak dan terkelupas tidak ada lagi. setelah itu, cobalah untuk memasang kembali koil pada tempatnya dan hidupkan mesin. Jika memang berhasil melakukan tahapan ini maka mobil bisa menyala dengan mudah dan permasalahan segera teratasi.

Kesimpulannya, koil mobil penting dalam sistem pengapian dan anda harus paham cara memperbaiki koil mobil yang rusak. Fungsinya sebagai mengkonversi tegangan sampai puluhan bahkan ratusan kali lipat penting dijaga agar mobil bisa menyala dengan mudah dan pengapian di ruang bakar bisa terjadi dengan sempurna.  Jika memang memungkinkan, lebih baik mengganti koil dengan yang baru daripada Anda memaksakan memperbaikinya sedangkan kondisinya sudah kurang bagus.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5123

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!