New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Cara Mengatasi Mesin Mobil Cepat Panas dan Mencegah Masalah Ini Muncul Kembali

Ini Cara Mengatasi Mesin Mobil Cepat Panas dalam 30 Menit

Ternyata cara mengatasi mesin mobil cepat panas cukup mudah. Hal paling penting untuk dilakukan adalah segera melakukan penanganan. Pastikan untuk segera menangani masalah ini sebelum kerusakan yang semakin parah terjadi.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menangani masalah ini. Di Dokter Mobil, masalah ini bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 30 menit. Bagaimana cara melakukannya?

Cara Mengatasi Mesin Mobil Cepat Panas ala Dokter Mobil

Untuk menangani masalah mesin yang memiliki gejala baru sebentar dinyalakan mesin sudah overheat diperlukan pengetahuan yang baik perihal mobil. Hal terpenting yang perlu disadari adalah, beda penyebab masalah maka beda juga solusinya.

Hal PERTAMA yang Harus Dilakukan : Tetap Tenang

Pada dasarnya masalah yang tergolong overheat ini merupakan masalah yang kerap dialami oleh banyak mobil. Khususnya mobil yang kurang memperhatikan perawatan mobil dan perawatan radiator. Namun bukan berarti masalah ini tidak perlu dianggap serius.

Walaupun resiko sampai turun mesin sangat jarang, namun resiko mesin dan mobil terbakar sangatlah besar. Oleh sebab itu, hal pertama yang perlu dilakukan adalah tetap tenang. Bawa mobil ke tempat yang tidak mengganggu lalu lintas orang lewat. Lalu matikan mesin. Buka kap mesin sehingga panas di mesin dapat cepat hilang.

Jika hal tersebut sudah dilakukan, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan apakah anda ingin menghubungi team teknisi profesional untuk menangani masalah ini sendiri. Jika anda tidak memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai otomotif, sangat disarankan untuk segera memanggil team teknisi agar proses service bisa lebih cepat dan meminimalisir resiko terjadinya kesalahan saat pengerjaan.

Tindakan KEDUA : Cari Penyebab Masalah

Kita tidak bisa asal-asalan menebak apa sumber masalah gejala overheat pada mobil. Pada kasus mesin mobil yang mudah sekali panas, maka untuk penanganannya perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab masalahnya.

Adapun beberapa hal yang menjadi penyebab mesin mobil cepat panas antara lain adalah:

  • Radiator dan selang radiator yang bocor
  • Penggunaan air biasa sebagai coolant
  • Coolant yang kualitasnya sudah jelek
  • Sirkulasi radiator yang tidak lancar karena ada kotoran maupun karat
  • Oli mobil yang berkurang banyak, atau sudah tidak layak pakai
  • Kerusakan pada thermostat mobil
  • Adanya masalah pada kipas radiator mobil
  • Menggunakan BBM yang tidak sesuai dengan mesin mobil.

Dengan mengetahui yang mana jadi sumber masalah, maka solusi yang paling efektif dan ideal bisa ditentukan. Dengan demikian, biaya service dan lama pengerjaan juga menjadi lebih efisien.

Tahap KETIGA : Lakukan Tindakan Sesuai Hasil Pengecekan

Setelah melakukan pengecekan secara menyeluruh, kita akan mendapatkan detail bagian mana saja yang menjadi sumber masalah. Berikut ini adalah tindakan-tindakan yang harus dilakukan:

  1. Jika Ada Kebocoran di Radiator

    Cek sumber kebocorannya di mana. Biasanya kebocoran ini menyebabkan berkurangnya isi coolant. Oleh sebab itu, kebocoran harus segera ditambal lalu coolant diisi denga yang baru.

    Seringkali kebocoran disebabkan karena tutup radiator yang kualitasnya jelek. Oleh sebab itu, pastikan untuk mencari tutup radiator yang dapat menahan tekanan radiator dengan sebaik mungkin.

  2. Jika Masalah ada di Coolant

    Pastikan untuk mengganti air biasa dengan coolant yang memang berbahan cairan pendingin serta tidak dapat menyebabkan karat.

    Agar cara mengatasi mesin mobil cepat panas ini bisa efektif, pastikan untuk melakukan penggantian coolant secara berkala minimal 1 tahun sekali. Pastikan juga untuk mengecek kondisi coolant minimal 2 bulan sekali.

  3. Jika Radiator Mampet

    Masalah mampet ini biasa terjadi karena ada karat maupun kotoran. Melakukan flushing pada komponen radiator bisa menjadi solusi. Namun jika karat sudah menumpuk cukup tebal, penggantian radiator wajib dilakukan.

  4. Jika Mesin Mobil Cepat Panas Karena Oli dan BBM yang Kurang Tepat

    Jika hal ini yang terjadi, tentu solusinya adalah dengan melakukan penggantian oli ataupun bahan bakar. Pastikan memilih bahan bakar dengan oktan ataupun cetan yang tepat. Pastikan juga volume dan kualitas oli dalam keadaan baik.

  5. Jika Masalahnya Terjadi karena Thermostat Rusak

    Thermostat berfungsi sebagai indikator suhu mesin. Jika thermostat rusak, radiaor tidak tahu kapan mesin mobil sedang panas dan harus didinginkan. Oleh sebab itu, thermostat sangat penting.

    Thermostat sebenarnya bisa diperbaiki. Namun jikaa anda hendak bepergian cukup jauh, pastikan untuk mengganti saja thermostat yang bermasalah. Karena kita tidak pernah tahu kapan masalah di thermostat hasil perbaikan akan muncul kembali.

  6. Jika Masalah Ini Muncul Karena Kipas Radiator Rusak atau Terbalik

    Jika masalah ini yang terjadi maka perbaikan atau penggantian kipas menjadi solusinya. Untuk melakukan penggantian atau perbaikan kipas radiator cukup rumit. Oleh sebab itu, jika merasa belum memiliki keahlian otomotif, tanpa bimbingan professional secara langsung, dan tidak memiliki peralatan yang lengkap sebaiknya jangan mencoba membongkar kipas radiator.

    Silahkan memanggil team teknisi yang sudah berpengalaman untuk melakukan perbaikan pada part ini.

Itulah beberapa cara mengatasi mesin mobil cepat panas yang bisa dilakukan dalam 30 menit dan sudah teruji di Dokter Mobil. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!