📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Penyebab Evaporator AC Mobil CRV Rusak, Wajib Tau!

5 Penyebab Evaporator AC Mobil CRV Rusak, Wajib Tau!

Evaporator AC mobil CRV merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem pendingin udara mobil.

Evaporator bertugas untuk mengubah refrigeran dari wujud cair menjadi wujud gas sehingga bisa menyerap panas dan menjaga suhu di dalam mobil tetap sejuk.

Namun, seperti halnya komponen kendaraan lainnya, evaporator AC mobil CRV juga rentan mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil CRV, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab kerusakan evaporator agar bisa menghindari kerusakan yang lebih parah dan meminimalisir biaya perbaikan.

5 Penyebab Evaporator AC Mobil CRV Rusak

Evaporator AC mobil CRV adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendingin udara mobil.

Namun, seperti halnya komponen kendaraan lainnya, evaporator AC mobil CRV juga rentan mengalami kerusakan. Berikut ini adalah 5 penyebab kerusakan evaporator AC mobil CRV yang wajib diketahui.

1. Kelembapan Tinggi

Kelembapan yang tinggi bisa membuat air condensate yang dihasilkan oleh evaporator AC mobil CRV menjadi lebih banyak.

Jika air condensate ini tidak segera dibersihkan, maka bisa terjadi penumpukan air di dalam evaporator yang dapat memicu timbulnya karat dan korosi.

Selain itu, penumpukan air juga bisa memicu pertumbuhan bakteri dan jamur di dalam evaporator yang dapat menyebabkan bau tidak sedap dan masalah kesehatan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

2. Kotoran dan Debu

Kotoran dan debu yang menempel pada evaporator AC mobil CRV juga bisa menyebabkan kerusakan.

Hal ini terjadi karena kotoran dan debu dapat menyumbat filter evaporator dan mengurangi sirkulasi udara di dalam mobil.

Akibatnya, evaporator akan bekerja lebih keras untuk menjaga suhu di dalam mobil tetap sejuk, yang pada akhirnya bisa menyebabkan kerusakan pada komponen.

3. Refrigeran Bocor

Refrigeran yang berfungsi untuk mengubah wujud cair menjadi wujud gas di dalam evaporator AC mobil CRV bisa bocor jika terdapat kebocoran pada sistem pendingin udara.

Ketika refrigeran bocor, maka tekanan di dalam sistem akan menurun dan menyebabkan suhu di dalam mobil menjadi tidak sejuk.

Selain itu, bocornya refrigeran juga bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya seperti kompresor AC.

4. Overload

Overload atau beban yang terlalu berat juga bisa menyebabkan kerusakan pada evaporator AC mobil CRV.

Overload bisa terjadi karena beberapa faktor seperti penggunaan mobil yang kurang tepat atau terlalu sering menghidupkan AC pada suhu terlalu rendah.

Akibatnya, evaporator akan bekerja lebih keras dan lebih cepat aus.

5. Umur Evaporator yang Sudah Lama

Seperti halnya komponen kendaraan lainnya, evaporator AC mobil CRV juga memiliki umur pakai atau masa kerja yang terbatas.

Evaporator yang sudah tua dan aus bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lain di dalam sistem pendingin udara mobil.

Oleh karena itu, sebaiknya evaporator diganti secara berkala setiap beberapa tahun atau sesuai dengan rekomendasi dari produsen mobil.

BACA JUGA: 7 Penyebab AC Mobil CRV Tidak Dingin, Ternyata Karena Hal Ini

Evaporator AC mobil CRV merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pendingin udara mobil.

Ada beberapa penyebab kerusakan evaporator yang perlu diketahui, seperti kelembapan tinggi, kotoran dan debu, refrigeran bocor, overload, dan umur evaporator yang sudah tua.

Untuk mencegah kerusakan dan memperpanjang umur evaporator, sebaiknya lakukan perawatan dan perbaikan secara teratur dan tepat waktu.

Berapa Umur Evaporator AC Mobil CRV?

Umur evaporator AC mobil CRV dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti intensitas penggunaan mobil, kondisi lingkungan, dan cara perawatan.

Namun, secara umum, evaporator AC mobil CRV dapat bertahan hingga 8-10 tahun dengan asumsi pemakaian yang normal dan perawatan yang tepat.

Jika evaporator telah berusia lebih dari 10 tahun, sebaiknya segera ganti dengan yang baru untuk mencegah kerusakan yang lebih parah dan menghindari biaya perbaikan yang lebih mahal di kemudian hari.

Selain itu, perawatan evaporator secara rutin seperti membersihkan kotoran dan debu serta mengganti filter AC secara teratur juga dapat memperpanjang umur evaporator AC mobil CRV.

Yuk Service Evaporator AC Mobil CRV di Dokter Mobil!

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Pegangsaan Dua

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Kalimalang

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Narogong

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Cara Singkat Melakukan Tune Up Mobil

Cara Singkat Melakukan Tune Up Mobil

Cara singkat melakukan tune up mobil merupakan pekerjaan pemeriksaan dan perawatan mesin mobil, berperan mengecek perubahan kondisi mesin akibat penggunaan mobil terus-menerus secara dini. Tune

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form