📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Tanda Kapan Ganti Shockbreaker Mobil yang Tepat, Wajib Tau!

5 Tanda Kapan Ganti Shockbreaker Mobil yang Tepat, Wajib Tau!

Mengganti shockbreaker mobil adalah salah satu hal yang tidak bisa dihindari ketika memiliki kendaraan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan demi kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

Namun, banyak pengemudi yang masih bingung tentang kapan waktu yang tepat untuk ganti shockbreaker mobil.

Sebagai seorang pengemudi yang baik, Anda harus tahu bahwa ada beberapa tanda yang harus diperhatikan untuk menentukan waktu yang tepat untuk mengganti shockbreaker mobil Anda.

Dengan mengetahui tanda-tanda tersebut, Anda dapat menghindari kerusakan yang lebih besar pada mobil Anda dan meningkatkan kinerja kendaraan Anda.

5 Tanda Kapan Ganti Shockbreaker Mobil

Shockbreaker atau suspensi merupakan komponen penting pada kendaraan, terutama mobil. Fungsi utamanya adalah untuk menyerap getaran dan guncangan saat mobil melaju di jalan yang tidak rata.

Namun, seperti halnya komponen lainnya, shockbreaker juga memiliki umur pemakaian yang terbatas.

Oleh karena itu, penting bagi Anda sebagai pemilik mobil untuk mengetahui tanda-tanda kapan waktu yang tepat untuk ganti shockbreaker mobil Anda.

Berikut adalah 5 tanda yang perlu Anda perhatikan:

1. Mobil bergoyang-goyang saat melewati jalan yang tidak rata

Tanda ganti shockbreaker mobil pertama yang perlu diperhatikan adalah saat mobil Anda bergoyang-goyang saat melewati jalan yang tidak rata.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Jika shockbreaker mobil sudah mulai aus, maka mobil akan kehilangan kemampuannya untuk menyerap guncangan, sehingga mobil akan terasa bergoyang-goyang saat melewati jalan yang tidak rata.

Bahkan, pada kondisi yang lebih parah, mobil bisa terasa tidak stabil saat melewati tikungan atau saat melakukan pengereman.

2. Knalpot berdengung atau berguncang saat mobil melaju

Tanda kedua yang perlu diperhatikan adalah ketika knalpot mobil berdengung atau berguncang saat mobil melaju.

Jika shockbreaker sudah tidak berfungsi dengan baik, maka getaran yang ditimbulkan oleh roda mobil akan menyebar ke seluruh bagian mobil, termasuk knalpot.

Akibatnya, knalpot akan berdengung atau berguncang saat mobil melaju. Hal ini bisa sangat mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara.

3. Mobil terasa tidak stabil saat bermanuver atau saat melakukan pengereman

Tanda ganti shockbreaker mobil ketiga yang perlu diperhatikan adalah saat mobil terasa tidak stabil saat bermanuver atau saat melakukan pengereman.

Jika shockbreaker sudah mulai aus atau rusak, maka mobil akan kehilangan kemampuannya untuk menstabilkan kendaraan saat melakukan bermanuver atau saat melakukan pengereman.

Akibatnya, mobil bisa terasa tidak stabil dan sulit dikendalikan.

4. Adanya bercak-bercak minyak di shockbreaker

Tanda keempat yang perlu diperhatikan adalah adanya bercak-bercak minyak di shockbreaker. Jika shockbreaker mengeluarkan minyak, maka hal tersebut menandakan bahwa shockbreaker sudah rusak dan perlu segera diganti.

Kondisi ini bisa berbahaya karena bisa mempengaruhi kinerja kendaraan dan keamanan selama berkendara.

5. Munculnya suara berisik dari shockbreaker saat mobil melewati jalan yang tidak rata

Tanda ganti shockbreaker mobil kelima yang perlu diperhatikan adalah munculnya suara berisik dari shockbreaker saat mobil melewati jalan yang tidak rata.

Jika Anda mendengar suara berisik atau gemerincing dari shockbreaker saat mobil melewati jalan yang tidak rata, maka hal tersebut menandakan bahwa shockbreaker sudah tidak berfungsi dengan baik dan perlu diganti.

BACA JUGA: 8 Ciri Shockbreaker Mati dan Rusak, Kenali Sebelum Terlambat!

Kesimpulannya, sebagai pemilik mobil, Anda perlu memperhatikan kondisi shockbreaker secara berkala.

Mengganti shockbreaker mobil tepat waktu akan meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat berkendara serta mencegah kerusakan yang lebih parah pada mobil Anda.

Jangan menunggu hingga terjadi kerusakan yang parah sebelum mengganti shockbreaker mobil Anda.

Jika Anda mencurigai adanya tanda-tanda yang telah disebutkan di atas, segera periksakan kendaraan Anda ke bengkel terpercaya untuk melakukan pengecekan dan penggantian jika memang diperlukan.

Hal ini akan membantu Anda menjaga kondisi mobil tetap prima dan aman untuk digunakan selama perjalanan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!