📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Tips Penting saat Cari Mobil Bekas, Biar Tak Salah Pilih!

5 Tips Penting saat Cari Mobil Bekas, Biar Tak Salah Pilih!
5 Tips Penting saat Cari Mobil Bekas, Biar Tak Salah Pilih!

Membeli mobil bekas adalah salah satu cara terjangkau untuk mendapatkan mobil yang bagus tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Namun, karena kualitas mobil bekas tidak sama dengan mobil baru, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum cari mobil bekas.

Penting untuk memperhatikan kondisi mobil bekas sebelum membeli agar Anda tak salah dalam melakukan keputusan pembelian dan kualitas mobil bekas yang Anda pilih pun tak ‘zonk’.

Tips Penting saat Cari Mobil Bekas

Tak susah namun memerlukan ketelitian dan kecermatan, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan saat akan cari mobil bekas untuk pemenuhan kebutuhan mobilitas harian Anda.

  1. Lakukan ‘Riset’ Terlebih Dahulu

Pertama, pastikan untuk melakukan ‘riset’ saat akan cari mobil bekas. Pastikan Anda telah mengetahui segala hal tentang mobil yang ingin Anda beli, termasuk tahun, model, dan spesifikasi. Berdiskusilah dengan teman dan kerabat tentang mobil yang Anda pikirkan dan lihat apa yang mereka sarankan. Ini akan membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat.

  1. Cek Kelengkapan Dokumen

Lakukan pemeriksaan bukti keabsahan mobil dari sisi hukum saat cari mobil bekas. Periksalah semua dokumen yang berhubungan dengan mobil bekas. Pastikan untuk memeriksa sejarah mobil tersebut, apakah mobil ini pernah dimiliki oleh pengguna yang pernah bermasalah dengan hukum atau tidak. Pemeriksaan dokumen kelengkapan dari mobil ini sangat penting karena tentu Anda tak ingin harus berurusan dengan hukum akibat membeli mobil ‘bodong’ atau ‘bermasalah’, bukan?

  1. Konsultasi Seputar Kondisi Mobil pada Pemilik Sebelumnya

Konsultasikan berbagai hal yang ingin Anda tanyakan pada pemilik mobilnya saat sedang cari mobil bekas. Jika Anda menemukan mobil bekas yang ingin Anda beli, pastikan untuk bertanya kepada pemilik tentang segala hal tentang mobil tersebut. Tanyakan kapan mobil terakhir kali diperbaiki, bagaimana mobil tersebut diperlakukan, dan apakah ada masalah dengan mobil tersebut.

Hal ini agar Anda bisa lebih memahami mobil yang Anda pilih. Sehingga jika suatu saat terjadi sesuatu pada mobil Anda, Anda tak akan kelimpungan dalam mengurusnya.

  1. Pertimbangkan Biayanya

Pertimbangan biaya perlu diperhatikan saat Anda sedang cari mobil bekas. Anda harus mempertimbangkan biaya yang akan Anda keluarkan untuk membeli mobil bekas. Hitung biaya pembelian, biaya registrasi, biaya asuransi, biaya perbaikan, dan biaya pemeliharaan saat memutuskan apakah Anda akan membeli mobil bekas atau tidak. Ini akan membantu Anda dalam menentukan apakah mobil bekas yang Anda beli akan menjadi pilihan yang tepat atau tidak.

  1. Lakukan Test Drive

Test drive adalah proses yang penting ketika Anda sedang cari mobil bekas. Hal ini membantu Anda untuk memeriksa kondisi mobil untuk memastikan bahwa mobil sudah dalam keadaan yang baik. Selain itu, test drive juga memungkinkan Anda untuk mengetahui perasaan mengemudi mobil tersebut dan memastikan bahwa itu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Test drive juga memungkinkan Anda untuk mencari tahu hal-hal teknis seperti kebisingan mesin dan kinerja suspensi. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa kondisi jalan untuk melihat apakah suspensi dan bagian lain dari mobil berfungsi dengan baik. Ini juga memungkinkan Anda untuk mencari tahu persneling bekerja dengan baik dan apakah ada masalah yang mungkin terjadi di jalan.

Test drive juga membantu Anda menentukan apakah mobil bekas cocok dengan kebutuhan Anda atau tidak. Sebelum membeli, Anda dapat melakukan test drive untuk memastikan bahwa mobil tersebut cocok untuk Anda. Test drive juga memungkinkan Anda untuk mencari tahu apakah ada masalah teknis seperti masalah rem atau transmisi. Dengan melakukan test drive, Anda dapat yakin bahwa Anda membeli mobil yang tepat untuk kebutuhan Anda.

  1. Pastikan Apakah Mobil Memiliki Asuransi

Memeriksa asuransi yang digunakan pada mobil bekas adalah hal yang penting untuk dilakukan saat cari mobil bekas. Hal ini karena asuransi akan memberikan perlindungan kepada pemilik mobil dari risiko kerugian finansial yang mungkin timbul akibat kerusakan mobil atau kecelakaan.

Asuransi juga bisa menyediakan perlindungan kepada pemilik mobil dari kerugian yang mungkin timbul akibat kehilangan atau pencurian mobil. Jadi, memeriksa asuransi yang digunakan pada mobil bekas adalah cara yang efektif untuk memastikan bahwa mobil yang dibeli memiliki perlindungan asuransi yang memadai dan dapat memberikan perlindungan dari risiko finansial yang mungkin timbul akibat kerusakan atau kehilangan mobil.

Selain itu, memeriksa asuransi yang digunakan pada saat cari mobil bekas juga dapat membantu Anda untuk mengetahui berapa banyak premi yang harus Anda bayar setiap bulan. Ini akan memastikan bahwa Anda tidak akan membayar premi yang lebih tinggi daripada yang diperlukan. Dengan demikian, memeriksa asuransi yang digunakan pada mobil bekas akan membantu Anda untuk menghemat uang dan memastikan bahwa Anda mendapatkan perlindungan asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Hindari Mengambil Mobil Bekas Banjir

Ketika cari mobil bekas untuk digunakan dalam penuhi kebutuhan mobilitas Anda, penting untuk memastikan bahwa mobil yang dipilih bukanlah mobil bekas banjir. Hal ini penting karena mobil bekas banjir dapat menyebabkan kendala dari sisi finansial dan rasa aman.

Dari sisi finansial, mobil bekas yang telah terkena banjir biasanya memiliki harga jual yang lebih rendah daripada mobil yang bebas banjir. Selain itu, mobil bekas banjir juga akan mengakibatkan biaya tambahan untuk perbaikan dan perawatan. Sebagai contoh, komponen seperti mesin, kabel, dan bahkan sistem kelistrikan yang telah terkena banjir akan memerlukan penggantian yang mahal.

Kemudian, dari sisi rasa aman, banjir dapat merusak sistem keamanan seperti airbags, seatbelts, dan struktur yang berhubungan dengan keselamatan. Ini berarti bahwa ketika Anda mengemudi di jalan, Anda tidak akan mendapatkan perlindungan yang diperlukan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mobil bekas banjir saat cari mobil bekas.

  1. Periksa Kelengkapan Aksesoris dan Bagian Interior Mobil

Memeriksa kelengkapan aksesoris dan interior mobil adalah hal yang penting saat cari mobil bekas. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa mobil yang hendak Anda beli tidak mengalami kerusakan atau penurunan kualitas selama periode penggunaannya. Dengan memeriksa kelengkapan aksesoris dan interior mobil, Anda dapat menentukan apakah mobil itu layak dibeli atau tidak.

Mengapa hal ini penting saat cari mobil bekas? Karena, dalam beberapa kasus, kelengkapan aksesoris dan interior mobil dapat menentukan nilai jual mobil tersebut. Jika ada aksesoris atau interior yang hilang atau rusak, maka nilai mobil tersebut akan menurun. Selain itu, kelengkapan aksesoris dan interior mobil juga berkaitan dengan kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Baca Juga: Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara

  1. Jangan Tergiur Harga Murah Saja

Pertama, ada kemungkinan bahwa kondisi kendaraan tidak seperti yang Anda harapkan atau dijanjikan. Ini bisa menyebabkan kerugian finansial, karena Anda harus mengganti bagian yang rusak. Juga, Anda mungkin harus menghabiskan waktu dan biaya untuk memperbaiki masalah yang mungkin tidak terlihat pada saat pemeriksaan pertama.

Kedua, jika Anda membeli mobil bekas dari pemilik lain, Anda mungkin tidak akan tahu tentang sejarah perawatannya. Ini berarti bahwa mesin atau bagian lainnya mungkin telah mengalami kerusakan akibat perawatan yang buruk.

Ketiga, Anda mungkin tidak mendapatkan asuransi yang memadai untuk mobil bekas yang Anda beli. Ini berarti bahwa Anda mungkin harus menanggung biaya yang besar jika terjadi kerusakan atau kerugian di masa depan.

  1. Inspeksi Kondisi Mobil secara Menyeluruh

Penting untuk mengetahui kondisi mobil saat cari mobil bekas agar tak salah pilih. Karena ada banyak kasus pembeli mobil bekas yang menyesal setelah membeli mobil bekas.

Untuk mengatasinya, ada layanan Chekko di Dokter Mobil yang bisa dipercaya dalam mengetahui kondisi mobil dengan sempurna. Chekko adalah layanan inspeksi mobil yang menyeluruh dari mulai mesin, interior, hingga eksterior mobil untuk melihat bagaimana kondisi mobil secara keseluruhan.

Dengan peralatan yang canggih dan teknisi yang ahli, layanan Chekko juga memberikan sertifikasi resmi jika mobil selesai dilakukan inspeksi. Menegaskan bahwa kondisi mobil sudah sesuai dengan standar yang sewajarnya mobil ‘sehat’ pada umumnya.

Layanan Chekko ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di seluruh cabang Dokter Mobil di Indonesia. Namun agar tak harus menunggu antrean yang kerap kali memanjang, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu dengan menghubungi via WhatsApp di 0877-7776-0597 (atau hubungi di sini).

Penutup

Membeli mobil bekas adalah pilihan yang baik untuk memiliki mobil tanpa harus membayar banyak uang. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli mobil bekas. Pastikan untuk melakukan penelitian, melakukan inspeksi, memeriksa sejarah hukum, bertanya kepada pemilik, dan mempertimbangkan biaya. Jika Anda melakukan semua hal ini, Anda akan memiliki mobil bekas yang berkualitas dan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Namun, untuk memastikan kondisi mobil secara menyeluruh dan mendapatkan penilaian dari ahli, Anda dapat memanfaatkan layanan Chekko di Dokter Mobil. Layanan ini akan membantu Anda memeriksa kondisi mobil secara detail dan memberikan laporan yang mendetail mengenai kondisi mobil bekas yang ingin Anda beli.

Jadi, sebelum memutuskan membeli mobil bekas, pastikan untuk menggunakan layanan Chekko di Dokter Mobil untuk memastikan bahwa mobil bekas yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mobil yang baik.

Referensi:

InsuranceHotline (2021). Should You Buy a Car with an Accident History? https://www.insurancehotline.com/resources/should-you-buy-car-accident-history-truth-about-purchasing-used-or-damaged-cars (Diakses pada 19 Januari 2023)

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/