📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir

kiat efektif mengatasi mobil terendam banjir

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Cara untuk mengatasi mobil terendam banjir memang terbilang cukup rumit, namun hal ini tetap harus dilakukan sebaik mungkin. Hal ini tentunya agar kendaraan yang terendam tersebut bisa digunakan kembali. Banjir memang merupakan salah satu bencana alam yang paling tidak bisa dihindari. Terlebih jika hujan deras tiba dan mulai mengguyur dalam waktu yang lama.

Saat dilanda banjir, tidak sedikit juga baik manusia, barang, dan juga hewan yang bahkan  menjadi korban bencana tersebut. Mobil terendam banjir pun akan banyak sekali dijumpai pada saat musim penghujan terutama di daerah kota.

7 Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir

7 cara mengatasi mobil terendam banjir

Keadaan di mana terlihat ada banyak mobil yang berenang di tengah rendaman air banjir juga sudah menjadi hal yang cukup umum terjadi saat musim banjir. Karena hal ini, akhirnya para pemilik mobil pun menjadi panik karena keadaan yang terjadi pada mobil mereka. Jika mobil Anda juga menjadi salah satunya, maka pastikan untuk segera mengatasinya dengan benar tepat setelah banjir reda. Berikut ini terdapat  beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mengatasi Mobil Terendam Banjir dengan Melepaskan Kabel Aki dari Mobil

Untuk langkah pertama yang bisa Anda lakukan saat mobil Anda terendam banjir adalah dengan melepas bagian kabel aki. Melepas bagian kabel aki setelah mobil terendam banjir, adalah cara untuk menghindari terjadinya sebuah korsleting. Hal ini tentunya karena Kabel aki memiliki hubungan yang sangat erat dengan komponen listrik atau elektronik yang ada di dalam mobil. Sehingga jika mobil terendam banjir sebaiknya segera lepas kabel aki untuk mengindari konslet.

Karena hal inilah yang bisa memicu terjadinya korsleting pada mobil jika kabel aki dibiarkan begitu saja dan tidak segera dicabut. Terlebih lagi, jika mobil Anda adalah sebuah mobil yang merupakan keluaran paling baru. Karena, mobil keluaran terbaru memiliki sebuah sistem otomatis yang lebih mengandalkan transmisi dengan menggunakan sebuah jaringan listrik. Sehingga, potensi dari adanya konslet listrik akan semakin tinggi pada mobil Anda.

Dikarenakan hal itu, Anda perlu melepaskan kabel di bagian aki mobil terlebih dahulu untuk membuat kendaraan atau mobil Anda ini tetap aman dari korsleting listrik. Terlebih dalam kondisi banjir ini, korsleting biasanya juga sering dipicu akibat adanya air yang masuk ke dalam bagian mesin mobil. Korsleting ini juga sangat berbahaya bukan hanya bagi pengendara tapi juga bagi mesin mobil Anda sendiri.

Baca Juga: Waspada Korsleting Listrik Pada Mobil, Kenali Cirinya

  1. Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir dengan Tetap Mematikan Mesin dan Cukup Dorong Mobil

Jika Anda ingin memindahkan mobil terendam banjir ke tempat yang lebih aman, maka sebaiknya jangan pernah menyalakan mesin mobil tersebut. Sebisa mungkin jika Anda ingin memindahkan mobil Anda tersebut ke tempat yang lebih aman. Cukup dorong saja mobil Anda dan tidak perlu menyalakan mesin mobilnya. Hal ini karena berada di tengah banjir jelas menjadi hal yang sangat darurat.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Karena hal itulah, Anda jelas perlu meminggirkan mobil Anda ke tempat yang jauh lebih aman dari banjir. Tetapi, menyalakan mesin mobil pada saat mobil dalam keadaan terendam banjir juga sangat berbahaya. Tapi, kenapa menyalakan mesin mobil terendam banjir bisa menjadi hal yang berbahaya? Hal ini sama seperti pada Penjelasan sebelum tentang aki mobil dan juga konsleting.

Pada saat mobil Anda terendam air ditengah banjir, kemungkinan aki mengalami konslet adalah sangat besar. Sehingga, mesin mobil yang dinyalakan pada saat mobil masih terendam di air jelas akan dapat menimbulkan sebuah korsleting listrik pada mobil. Selain itu, karena hal ini juga bisa membuat air yang masuk ke daerah mesin mobil justru lebih banyak lagi. Hal ini jelas menjadi hal yang sangat tidak disarankan jika mobil Anda sedang dalam keadaan terendam banjir.

  1. Mengatasi Mobil Terendam Banjir dengan Mengeringkan Bagian Pengapian Mobil

Mobil pasti memiliki sebuah komponen pengapian, dimana umumnya komponen ini terdiri dari beberapa komponen meliputi busi, saringan udara, alternator, karburator mobil, koil, dan juga delco kabel. Berbagai macam piranti pengapian ini sebenarnya juga cukup mudah rusak jika mobil terendam banjir. Oleh karena hal itu, Anda perlu melakukan pengeringan terhadap perangkat pengapian mobil. Hal ini tentunya agar tidak memperparah kerusakan yang terjadi pada mobil terutama di bagian komponen pengapian mobil.

Selain dengan melakukan pengeringan pada komponen perapian, Anda juga perlu mengecek apakah fungsi dari komponen tersebut masih normal. Atau bahkan pada komponen tersebut terdapat sebuah gangguan akibat dari mobil terendam banjir ini. Saat Anda melakukan pemeriksaan, sebaiknya lakukan dengan teliti dan juga hati-hati. Hal ini agar mobil bisa berfungsi secara maksimal dan juga tidak mengalami mogok.

Karena jika mobil Anda sudah parah dan mungkin juga mulai mogok. Maka, Anda juga harus bersiap untuk mengeluarkan kocek yang lebih dalam lagi untuk melakukan perbaikan akibat mobil terendam banjir. Sesaat setelah banjir mulai mereda, sebaiknya Anda bisa langsung membawanya ke sebuah bengkel resmi yang terpercaya seperti di bengkel dokter mobil untuk melakukan check up tentang kesehatan mobil. Karena dalam hal ini, pengapian sendiri juga termasuk dalam komponen yang cukup sensitif.

  1. Mengatasi Mobil Terendam Banjir dengan Cara Menonaktifkan Rem Tangan

Sebagai cara untuk mengatasi mobil yang terendah banjir selanjutnya adalah dengan menonaktifkan rem tangan. Rem tangan pada mobil memang harus segera dinonaktifkan untuk menghindari rem kanvas yang menjadi lengket. Hal seperti ini sebenarnya mirip dengan kondisi saat Anda sudah lama tidak menggunakan kendaraan Anda. Dimana hal ini membuat mobil harus dinetralkan guna menstabilkan kondisi dari mesin saat akan digunakan kembali.

Lalu, bagaimana jika mobil terseret oleh arus karena rem tangan mati? Untuk menghindari Agar mobil Anda tidak bergerak terbawa arus banjir, maka Anda bisa menggunakan sebuah batu untuk mengganjalnya. Selain dengan mengganjal mobil terendam banjir dengan batu, Anda juga bisa menggunakan gigi mesin, ganti gigi mesin ke gigi satu. Tetapi sayangnya, tips yang satu ini hanya bisa digunakan untuk mobil yang menggunakan transmisi manual. Dimana mobil tersebut akan bisa masuk menggunakan sebuah rem tromol.

Berbeda dengan sebuah mobil yang bertransmisi manual. Mobil yang menggunakan sebuah transmisi otomatis akan bisa memindahkan persneling menjadi mode parking atau parkir. Dimana mode ini akan menandakan bahwa mobil dalam kondisi berhenti.

  1. Mengatasi Mobil yang Terendam Banjir dengan Menguras Tangki Bensin

Cara untuk mengatasi mobil terendam banjir yang selanjutnya adalah dengan menguras tangki bensin pada mobil Anda. Pada saat mobil terendam banjir, maka bensin akan sangat rentan tercampur dengan air banjir. Karena hal itulah, menguras tangki bensin diperlukan agar bahan bakar mobil tidak tercampur dengan kotoran dan air. Untuk hal ini, Anda juga bisa melakukannya sendiri, tetapi jika memang Anda merasa tidak mampu melakukannya sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel.

Hal ini tentunya untuk menghindari adanya kesalahan yang tidak sengaja dilakukan yang justru menambah kerusakan mobil. Tapi, mengapa bagian dari tangki bensin perlu dikuras? Hal ini tentunya dilakukan untuk menghindari adanya karat pada bagian tangki bensin yang terjadi akibat adanya air masuk yang tercampur dengan bensin. Selain itu, jika bensin pada kendaraan Anda tercampur dengan air dan juga kotoran, hal ini jelas akan menjadi sebuah masalah.

Karena tidak hanya sekedar menyebabkan tangki mobil berkarat. Keadaan yang terjadi pada mobil seperti ini juga dapat mengganggu sistem kerja dari pengapian pada mobil. Tangki mobil juga akan bisa menjadi keropos dan bahkan bocor untuk jangka panjang. Hal ini jelas menjadi hal buruk untuk mobil Anda yang Anda sendiri tidak ingin terjadi.

  1. Melakukan Pemeriksaan pada Bagian dan Juga Piranti Interior Mobil

Mobil terendam banjir jelas menjadi sebuah masalah yang serius, terlebih jika hal itu tidak ditangani dengan tepat. Dalam hal ini, bukan hanya pada bagian dalam dan juga bagian mesin saja yang perlu diperhatikan. Anda, juga perlu memperhatikan pada bagian interior mobil yang mungkin juga perlu kembali diperbaiki. Anda perlu melakukan pemeriksaan secara teliti pada bagian interior mobil mulai dari bagian karpet, kursi mobil, pintu, bagian kendali, dan juga beberapa bagian yang lainnya.

Mobil terendam banjir memang akan perlu diperiksa secara menyeluruh dan teliti. Hal ini tentunya untuk menghindari adanya sebuah kerusakan yang mungkin juga tidak bisa Anda deteksi hanya dengan melihatnya saja. Untuk itulah, Anda juga perlu memeriksa dan memastikan bahwa tidak ada jamur ataupun karat yang menempel pada bagian interior mobil Anda.

  1. Keringkan Mobil di Bawah Sinar Matahari pada Saat Cuaca Sedang Cerah

Cara untuk mengatasi mobil terendam banjir yang terakhir adalah dengan menjemur mobil Anda. Untuk tahap ini, Anda bisa melakukannya pada saat matahari sedang bersinar cerah. Panas dari matahari yang terbilang terik akan dapat membantu Anda untuk mengeringkan beberapa bagian mobil yang basah. Selain itu, hal ini juga dinilai lebih efektif daripada melakukan pengeringan mobil dengan bantuan sebuah alat.

Pengeringan yang dilakukan dengan bantuan matahari akan lebih cepat prosesnya. Selain dengan hal itu, pengeringan juga akan bisa lebih sehat serta tidak perlu memakan banyak biaya tambahan. Tepi, jika tidak ada sinar matahari yang bersinar terik. Sebaiknya, Anda bisa menggunakan bantuan alat pengering untuk mengeringkan bagian-bagian mobil yang memang penting dan urgent.

Tempat Melakukan Servis Mobil Yang Terpercaya

Setelah mengetahui tentang cara mengatasi mobil terendam banjir, maka sebaiknya Anda juga melakukan langkah tersebut seperti yang dijelaskan. Selain dengan itu, untuk mengatasi hal ini dan menghindari adanya sebuah kerusakan yang parah. Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel spesialis mobil. Salah satu bengkel mobil yang bisa mengatasi semua permasalahan mobil Anda dan ahli dalam hal servis mobil adalah di Dokter Mobil.

Sebagai sebuah bengkel yang sudah terpercaya, Dokter Mobil akan bisa mengatasi semua permasalahan mobil Anda baik melakukan servis rutin, perbaikan AC mobil dan juga kelistrikan. Dokter Mobil ahli dalam hal tersebut, bahkan disini juga memberikan garansi untuk setiap pelayannya yang diberikannya. Bukan itu saja, di Dokter Mobil juga sudah memiliki tenaga ahli yang profesional dan jug berpengalaman. Karena hal itulah, melakukan servis di sini akan lebih terjamin karena akan ditangani oleh para profesional.

Hal ini juga akan membuat mobil Anda terhindar dari adanya kesalahan penanganan yang bisa membuat kerusakan pada mobil Anda menjadi lebih parah. Reservasi layanan di Dokter Mobil sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan Dokter Mobil dan diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2934

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *