📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Cara Setting AC Mobil Agar Dingin Selalu

Cara Setting AC Mobil Agar Dingin Selalu

Saat berkendara di tengah cuaca panas, AC mobil adalah salah satu fitur yang sangat diandalkan untuk menjaga kesejukan dan kenyamanan di dalam kendaraan.

Namun, banyak pengemudi yang tidak mengetahui betapa pentingnya melakukan cara setting AC mobil agar dingin yang tepat.

Jika Anda ingin menikmati kesejukan yang optimal dan memperpanjang masa pakai AC mobil Anda,simak cara-caranya di sini!

Cara Setting AC Mobil Agar Dingin

Cara setting AC mobil agar dingin memang butuh perlakuan yang sedikit lebih ‘detail’. Hal ini agar AC mobil tetap maksimal kinerjanya sehingga pendinginan di kabin mobil cepat terasa sejuknya.

Nah, berikut ini ada beberapa tahapanan dan cara setting AC mobil agar dingin terus:

  1. Periksa Sirkulasi Udara

Langkah pertama cara setting AC mobil agar dingin yang harus dilakukan adalah memastikan sirkulasi udara yang tepat di dalam kendaraan.

Pastikan bahwa udara dari luar dapat masuk dengan baik dan udara panas yang ada di dalam mobil dapat dikeluarkan dengan efektif.

Caranya adalah dengan membuka sedikit jendela atau menggunakan fitur ventilasi pada mobil untuk mengeluarkan udara panas sebelum menyalakan AC.

Setelah itu, pastikan bahwa AC diatur untuk mengatur sirkulasi udara dalam mobil dengan baik.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Biasanya, mode “Recirculation” atau “Rekirkulasi” pada AC mobil dapat membantu meningkatkan kinerja pendinginan dengan mengambil udara dari dalam kabin.

  1. Periksa Filter Udara AC

Filter udara AC mobil berperan penting dalam menjaga kualitas udara di dalam mobil dan guna cara setting AC mobil agar dingin bisa dilakukan dengan lancar.

Filter yang kotor dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan AC bekerja lebih keras untuk mencapai suhu yang diinginkan.

Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa dan membersihkan atau mengganti filter udara AC secara teratur sesuai dengan rekomendasi produsen.

Dengan menjaga filter udara yang bersih, AC akan bekerja dengan lebih efisien dan dinginnya pun akan lebih optimal.

  1. Atur Suhu yang Tepat

Menentukan suhu yang tepat adalah langkah penting dalam cara setting AC mobil agar dingin. Idealnya, suhu yang nyaman dan efisien untuk kebanyakan orang adalah sekitar 22-24 derajat Celsius.

Mengatur suhu terlalu rendah tidak hanya akan membuat mobil terasa terlalu dingin, tetapi juga akan meningkatkan beban pada sistem AC dan mengurangi efisiensinya.

Selain itu, perhatikan juga perbedaan suhu antara luar dan dalam mobil. Jika perbedaannya terlalu besar, tingkat dingin yang dihasilkan oleh AC akan berkurang.

Dalam kondisi cuaca panas, penurunan suhu sekitar 6-8 derajat Celsius dari suhu luar cukup untuk mencapai kesejukan yang nyaman di dalam mobil.

  1. Gunakan Fitur Kipas

Selain mengatur suhu yang tepat, memanfaatkan fitur kipas pada AC mobil juga penting untuk cara setting AC mobil agar dingin.

Biasanya terdapat beberapa level kecepatan kipas yang dapat disesuaikan sesuai dengan preferensi dan kondisi cuaca.

Jika cuaca sangat panas, menggunakan kecepatan kipas yang lebih tinggi dapat membantu menyebarluaskan udara dingin dengan lebih cepat ke seluruh kabin mobil.

Namun, jika suhu udara luar sudah cukup sejuk, menggunakan kecepatan kipas yang rendah dapat membantu menjaga suhu di dalam mobil agar tetap stabil dan nyaman.

  1. Jaga Kebersihan Sistem AC

Kebersihan sistem AC mobil juga berpengaruh terhadap kinerja dan dinginnya yang dihasilkan. Kotoran dan debu yang menumpuk pada kondensor atau evaporator AC dapat menghambat aliran udara dan menghambat cara setting AC mobil agar dingin.

Oleh karena itu, pastikan untuk secara teratur membersihkan bagian-bagian tersebut dengan menggunakan alat yang sesuai atau dapat menghubungi bengkel AC mobil untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh.

Selain itu, menjaga kebersihan kabin mobil juga penting agar udara yang masuk ke dalam AC tidak terkontaminasi oleh debu, bakteri, atau bau yang tidak sedap.

  1. Jaga Sistem Pendingin AC

Selain melakukan pengaturan yang tepat, menjaga kondisi sistem pendingin AC juga penting untuk cara setting AC mobil agar dingin.

Pastikan untuk melakukan perawatan rutin dan periksa secara berkala komponen-komponen penting seperti kompresor, kondensor, dan evaporator.

Jika terdapat tanda-tanda kerusakan atau kebocoran pada sistem pendingin, segera perbaiki atau ganti komponen yang rusak tersebut.

Selain itu, pastikan juga untuk mengisi ulang refrigeran AC secara teratur sesuai dengan rekomendasi produsen agar sistem pendingin tetap berfungsi dengan baik.

  1. Parkir di Tempat yang Tepat

Ketika memarkir mobil di bawah terik matahari, suhu dalam kabin mobil dapat meningkat secara signifikan dan mempengaruhi kinerja pendinginan AC.

Oleh karena itu, jika memungkinkan, usahakan untuk memarkir mobil di tempat yang teduh atau menggunakan penutup jendela atau reflektor panas untuk mengurangi panas yang masuk ke dalam kabin dan sebagai cara setting AC mobil agar dingin.

Dengan meminimalkan panas yang terperangkap di dalam mobil, AC akan lebih mudah mencapai suhu yang diinginkan dan dinginnya pun akan lebih tahan lama.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/