Artikel

service AC di bengkel mobil dengan bongkar mesin

Ciri dan Perbedaan Bengkel Mobil yang Jujur dan Curang

Penting bagi anda untuk mengetahui Ciri dan Perbedaan Bengkel Mobil yang Jujur dan Curang yang layak anda percayai untuk mengemban amanat mengurus dan memperbaiki mobil anda. Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor tentu membuat usaha bengkel mobil semakin tumbuh subur. Namun sayangnya, tidak semua bengkel mobil dapat dipercaya. Beberapa dari mereka justru kerap merugikan konsumennya.

Bengkel Mobil yang Jujur dan Curang

Bengkel Mobil yang Jujur dan Curang

Beberapa jenis kecurangan yang dilakukan bengkel mobil dan wajib anda tahu diantaranya adalah :

– Memberikan Informasi Palsu

Bengkel mobil sejatinya haruslah menjadi pusat informasi dan konsultasi terpercaya bagi konsumennya. Namun dengan tujuan agar konsumen mau mengambil penawaran yang mereka jual, konsumen sering kali disesatkan. Padahal informasi sesat ini jelas-jelas akan merugikan konsumen.

Informasi palsu yang diberikan dapat berupa :

– Saran jenis oli mobil yang cocok untuk kendaraan anda
Padahal nyatanya, oli yang mereka tawarkan kualitasnya sangatlah rendah, atau bahkan sebenarnya tidak cocok untuk jenis mobil anda.

– Laporan jenis kerusakan pada mobil anda
Modus yang dilakukan adalah dengan mengatakan kerusakan/masalah pada mobil anda ada pada spare part A, B, dan C. Untuk mengatasinya haruslah mengganti spare part tersebut dengan spare part baru.

Padahal nyatanya, kerusakan yang ada sebenarnya ada hanya pada spare part C, atau sebenarnya kerusakan dapat diatasi dengan service ringan tanpa perlu mengganti spare part.

– Memberikan Barang Palsu

Bengkel tidak hanya menawarkan jasa service, namun juga menawarkan barang-barang untuk dijual seperti spare part mobil, oli mobil, aksesoris, maupun komponen mesin. Sebagai seorang konsumen, anda tentu ingin agar hanya barang-barang terbaik yang dipakaikan pada mobil anda. Namun seringkali bengkel nakal ini justru memberikan barang palsu kepada anda. Beberapa alasan pemberian barang palsu ini diantaranya adalah :

– Keuntungan dari menjual barang palsu cukuplah besar
Dengan harga yang hanya ¼ harga produk original, barang palsu jelas lebih murah. Dan dengan menjual setara dengan harga barang asli, keuntungan bengkel mobil nakal tentu akan sangat besar.

– Bengkel mobil tidak kompeten sehingga tidak tahu mendapat suplai barang palsu/KW
Ada beberapa bengkel yang mencoba selalu memberikan barang ori kepada konsumennya. Namun seringkali bengkel yang kurang kompeten lalai sehingga kemasukan barang palsu. Dan celakanya, inkompetensi mereka sangat merugikan konsumen.

– Mematok Harga Sembarangan

Hal paling anda takuti ketika membawa mobil untuk melakukan service/perawatan pastilah soal biaya yang akan muncul. Anda akan bertanya dalam hati beberapa pertanyaan seperti :

– apakah harga yang dibebankan tersebut normal ?
– apakah saya mendapat harga terbaik ?
– apakah saya bisa mendapatkan biaya yang lebih murah jika service di tempat lain ?

Hal tersebut adalah lumrah mengingat banyak sekali bengkel mobil yang sering memark up harga agar keuntungannya berlipat-lipat. Untuk kita perlu melakukan perbandingan sebelum membawa kendaraan ke bengkel. Beberapa perbandingan yang wajib anda lakukan dan tanyakan adalah :

– perbandingan hasil diagnosis kerusakan antara bengkel 1 dan bengkel lainnya
– perbandingan janji lama service antara bengkel yang satu dengan bengkel lainnya
– perbandingan harga antara bengkel yang satu dengan bengkel lainnya
– perbandingan garansi hasil service antara bengkel mobil yang satu dengan bengkel lainnya

bengkel mobil akan memberikan pelayanan terbaik

– Memberikan Hasil Service yang Asal

Seringkali anda dan pemilik mobil lainnya mengharapkan masalah mobil akan kelar dalam sekali service sehingga anda tidak perlu kembali ke bengkel dan kembali membuang uang, waktu, dan tenaga. Namun sayangnya hal ini tampaknya akan sulit sekali terjadi karena :

– sangat sedikit bengkel mobil yang berkompeten

Walaupun sebuah bengkel mobil mengklaim sebagai bengkel mobil terbaik, namun kebanyakan hanyalah trik promosi untuk menarik minat pelanggan. Umumnya mereka tidak mampu memperbaiki masalah pada kendaraan dengan tuntas akibat keterbatasan tenaga profesional, alat pendukung, dan stok onderdil yang memadai.

Akibat dari “inkompetensi” ini, janganlah heran jika akhirnya banyak bengkel mobil yang gagal memperbaiki mobil anda dengan sempurna dan perlu menservice berulang-ulang kali karena adanya kesalahan berupa :

– gagal menemukan titik kerusakan
– salah mendiagnosa penyebab kerusakan
– human error saat service mobil
– ada kerusakan yang tidak sempat diperbaiki
– ada spare part yang tidak tersedia di toko

Untuk alasan inilah sangat penting untuk memastikan mobil anda berada di tangan bengkel mobil yang tepat.

– Ada bengkel mobil yang ingin anda sering melakukan service
Beberapa bengkel mobil nakal sengaja memberikan spare part yang mudah rusak sehingga anda terpaksa kembali ke bengkel tersebut untuk melakukan service ulang. Hal ini tentu akan sangat merugikan anda. Beberapa kecurangan lain juga bisa dilakukan oleh bengkel nakal ini, seperti :

– memasang baut tidak erat
– takaran oli yang kurang tepat
– dan pura-pura lupa memasang beberapa kabel dalam kelistrikan (agar terjadi korslet)

Ciri Bengkel Mobil Berkompeten dan Layak untuk Dipercaya

Beberapa kesimpulan yang dapat diberikan untuk syarat dan ciri bengkel mobil terpercaya, jujur, berkompeten, profesional, dan layak untuk anda coba diantaranya adalah :

A. Memberikan Barang-Barang Terbaik

Barang-barang terbaik di sini adalah produk-produk kebutuhan mobil anda seperti spare part, aksesoris, oli, dan komponen lainnya yang memiliki kualitas seperti :
– Barang original
– Berkualitas tinggi
– Harga terjangkau

Contoh barang yang wajib dijual di bengkel mobil adalah oli mobil terbaik yang memiliki tingkat viskositas yang tinggi dan sesuai dengan kebutuhan mobil.

B. Memberikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan terbaik dapat dilihat dengan kemampuan bengkel untuk :

– Memberikan konsultasi service

Apa saja yang menjadi kendala pada kendaraan anda, mengapa terjadi masalah seperti itu, dan memberikan saran bagaimana cara agar masalah tersebut tidak lagi terjadi di kemudian hari.

– Memberikan rincian harga dimuka

Bengkel yang berkompeten akan mampu memprediksi dengan baik melalui diagnosa kerusakan yang akurat. Dengan demikian bengkel mobil tersebut mampu untuk memberikan rincian harga yang fair dan dapat dipertanggung-jawabkan.

Kemampuan dan pelayanan seperti ini, akan membantu anda mempersiapkan budget dengan lebih baik. Anda tentu tidak ingin memperbaiki mobil melebihi budget bukan ?

C. Adanya Perlindungan GARANSI Service

Garansi adalah hal yang sangat sulit diberikan oleh bengkel mobil abal/nakal. Namun bengkel mobil berkompeten akan mampu memberikan garansi karena mereka tahu service yang mereka lakukan adalah service terbaik yang pasti akan memperbaiki mobil anda layaknya mobil baru.

Nah, itulah ulasan terkait Ciri dan Perbedaan Bengkel Mobil yang Jujur dan Curang. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh Jasa Bengkel AC Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Bagi anda yang tertarik untuk menservice mobilnya, dapat menghubungi atau mengunjungi Dokter Mobil di alamat :

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Persamaan Dokter Manusia Dan Dokter Mobil? Cari Tahu Disini Yuk Biar Gak Bingung
Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak Yang Harus Anda Hindari!
Perbedaan Mobil Manual Dan Matic
Komponen Mesin Mobil Yang Perlu Anda Ketahui!
Jenis Jenis Mobil Honda yang Ada di Indonesia