πŸ“’ SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   πŸ“’ Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Kompresor AC Mobil Suara Kasar, Ternyata Ini Faktor Penyebabnya

Kompresor AC Mobil Suara Kasar

Saat sedang menyalakan AC mobil, pernahkah Anda mendengar bunyi yang terasa β€˜kasar’ saat didengar? Sumber suara ini ternyata berasal dari kompresor AC mobil suara kasar.

Apa yang menyebabkan kompresor AC mobil suara kasar? Apakah hal ini menjadi indikasi kerusakan yang bahaya? Bagaimana cara mengatasinya?

Agar tak kebingungan, yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Penyebab Kompresor AC Mobil Suara Kasar

Masalah kompresor AC mobil suara kasar bisa terjadi karena beberapa penyebab. Berikut adalah beberapa faktor penyebab kompresor AC mobil suara kasar bisa Anda identifikasi:

  1. Oli Kompresor yang Kurang atau Terlalu Banyak

Kadar oli kompresor yang tidak tepat pada kompresor AC mobil dapat menyebabkan kompresor AC mobil suara kasar.

Jika terlalu sedikit minyak, kompresor akan mengalami keausan dan gesekan yang berlebihan, menghasilkan bunyi kasar.

Di sisi lain, jika terlalu olinya terlalu banyak, tekanan internal di dalam kompresor dapat meningkat, yang juga mengakibatkan muncul suara yang tidak normal.

  1. Bantalan Kompresor yang Aus

Kompresor AC mobil yang telah digunakan untuk waktu yang lama dapat mengalami keausan pada bantalan internalnya.

Bantalan yang aus akan menyebabkan kompresor AC mobil suara kasar. Jika Anda mendengar suara berderit atau gemuruh yang kuat, kemungkinan besar bantalan kompresor perlu diganti.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❀️

  1. Berkurangnya Pelumasan

Pelumasan yang tidak memadai pada kompresor AC mobil dapat menyebabkan bunyi kasar.

Komponen internal yang tidak dilumasi dengan baik akan mengalami gesekan berlebihan saat bergerak, menyebabkan kompresor AC mobil suara kasar.

Pastikan Anda melakukan pemeliharaan yang tepat pada sistem pelumasan untuk menjaga kompresor berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Cara Mengisi Oli Kompresor AC Mobil dengan Benar

  1. Ada Komponen yang Longgar atau Rusak

Ada beberapa komponen di sekitar kompresor AC mobil yang dapat menjadi longgar atau rusak seiring waktu. Misalnya, sabuk penggerak yang longgar atau rusak dapat menghasilkan suara berdecit atau berderit saat kompresor berputar.

Periksa secara rutin komponen-komponen ini dan pastikan semuanya dalam kondisi yang baik untuk mencegah masalah kompresor AC mobil suara kasar ini muncul.

  1. Kontaminasi pada Sistem AC

Kontaminasi seperti kotoran atau debu yang masuk ke dalam sistem AC mobil dapat menyebabkan kompresor AC mobil suara kasar.

Hal ini biasanya terjadi jika filter udara dan filter kabin tidak diganti secara teratur. Pastikan Anda membersihkan atau mengganti filter-filter ini sesuai dengan panduan yang diberikan oleh produsen mobil.

Apa yang Terjadi saat Kompresor AC Mobil Suara Kasar?

Ketika kompresor AC mobil mengeluarkan bunyi kasar, ini bisa menjadi pertanda adanya masalah serius pada sistem pendingin udara mobil Anda.

Bunyi kasar tersebut merupakan sinyal bahwa terjadi gangguan atau kerusakan pada kompresor, yang merupakan komponen vital dalam sistem AC mobil.

Jika masalah tersebut tidak ditangani dengan cepat, hal ini dapat mengakibatkan kerusakan lebih lanjut pada kompresor dan komponen lainnya.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form