New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
mesin innova diesel

Teknik Cara Rawat Mesin Innova Diesel Awet dan Maksimal

Tahukah anda bahwa mesin innova diesel merupakan mesin yang irit dan bandel? Jika anda belum tau, nih saya akan memberitahu sobat. Bahwasanya mesin innova diesel ini banyak diminati karena irit, bandel dan perawatan yang mudah. Selain itu, menjamurnya mesin diesel juga karena daya tahan dan torsi tenaga yang cukup besar. Tak mengherankan juga, banyak kalangan pecinta otomotif jatuh cinta pada mesin mobil diesel ini. Karena banyaknya pengguna mobil diesel di Indonesia, maka dari itu kali ini saya akan berikan sobat otomotif cara terbaik merawat mesin innova diesel agar awet sepanjang masa.

Cara Rawat Mesin Innova Diesel Supaya Awet

mesin innova diesel

  1. Panaskan Mesin

Pada dasarnya mesin Innova diesel adalah mesin diesel dengan teknologi terbaru. Memanaskan mesin diesel sebelum dipakai adalah kewajiban. Hal ini dikarenakan mesin mobil diesel membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai suhu optimal mesin untuk melakukan pembakaran. Tentu saja karena mesin diesel pada dasarnya tidak memiliki busi sebagai pemantik utama. Sehingga mesin diesel hanya mengandalkan kompresi udara yang tinggi dan suhu mesin.

Setidaknya beri waktu sekitar 6-7 menit untuk memanaskan mesin mobil sebelum dipakai. Selain memanaskan mesin, mendinginkan mesin juga sepenting memanaskan mesin. Cara mendinginkan mesin mobil diesel ini cukup mudah, yaitu diamkan selama 6-7 menit dalam posisi mesin hidup atau idle ketika anda sudah sampai di tempat tujuan. Setelah itu, baru anda bisa mematikan mesin mobil. Jika mesin Innova diesel tidak digunakan dalam waktu lama, jangan lupa untuk sering memanaskan mesinnya, setidaknya 2x dalam seminggu.

  1. Perhatikan Oli

Mesin Innova diesel membutuhkan perhatian lebih ekstra terutama pada bagian oli mesin. Untuk itu, agar mesin diesel tetap awet sobat perlu memperhatikan warna oli, level oli ketinggian oli dan kualitas oli itu sendiri. Tentu saja, warna oli yang paling bagus pada mesin Innova diesel adalah warna cokelat dan akan berwarna hitam berangsur pemakaian. Selain itu, warna oli sendiri dapat mengindikasikan masalah tertentu pada bagian mesin. Seperti misalnya oli berwarna putih itu tandanya oli bercampur dengan air. Hal ini bisa dikarenakan karena air radiator mengalir ke ruang oli mesin. Untuk mengetahui lebih tepatnya mengapa hal ini bisa terjadi, anda bisa membawa mobil ke tempat saya, Dokter Mobil ya.

  1. Pakai BBM yang Benar

Penggunaan bahan bakar pada mesin Innova diesel dengan mesin diesel konvensional juga berbeda lho sobat otomotif. Jika pada mesin diesel konvensional bahan bakar yang digunakan bisa menggunakan solar subsidi, maka bahan bakar pada mesin mobil diesel paling minimal adalah Pertamina Dex. Atau jika sobat ragu, anda bisa menyesuaikannya dengan spesifikasi mesin yang tertera pada buku manual saat pertama kali anda membeli mobil.

Selain itu, agar terjaga keawetannya maka saya sarankan agar anda tidak membiarkan tangki dalam keadaan kosong baru sobat isi penuh. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kondisi tangki dan pompa bahan bakar itu sendiri. Jika anda sering melakukannya maka jangan heran kalau mesin diesel anda sering brebet seperti tidak lancar. Ini bisa disebabkan karena udara di dalam tangki bahan bakar tersedot oleh pompa bahan bakar. Sehingga menyebabkan keluarnya bahan bakar tidak merata. Jika sudah begini maka perlu dilakukan pembedahan pada mobil. Nah, jika ini terjadi ada baiknya anda segera ke Dokter Mobil ya. Agar brebetnya hilang dan tidak loss power lagi.

  1. Hati-Hati Filter Bahan Bakar

Perhatikan indikator filter bahan bakar yang ada pada panel instrumen pada mesin innova diesel sobat otomotif. Hal ini fungsinya sebagai pengingat untuk mengganti filter bahan bakar. Filter bahan bakar juga merupakan komponen yang perlu diganti, hal ini mengingat memang filter bahan bakar berfungsi untuk menyaring kandungan solar yang didalamnya masih terdapat kandungan air. Jika filter bahan bakar terlalu lama tidak diganti maka bukan tidak mungkin kandungan air akan masuk ke dalam ruang bakar sehingga menyebabkan pembakaran kurang sempurna.

  1. Perhatikan Injektor

Terakhir cara merawat mesin Innova diesel adalah membersihkan injektor dengan rutin. Tentu saja agar performa mobil tetap terjaga dengan baik. Untuk membersihkan injektor ini sobat perlu membawa mobil mesin diesel sobat ke Dokter Mobil. Nanti teknisi Dokter Mobil akan menyemprotkan cairan ke dalam saluran bahan bakar. Atau sobat bisa menyemprotnya sendiri, namun untuk melakukan penyemprotan sobat otomotif harus melakukan pembongkaran. Jadi daripada ribet, sobat otomotif perlu bawa mobil mesin diesel ke Dokter Mobil.

Baca Juga : Begini Cara Bersihkan Mesin Mobil Anda di Rumah Sendiri

Merawat mesin Innova diesel yang tepat memang adalah mementingkan detail. Baik dari bahan bakar, filter pompa bahan bakar sampai ke bagian injektor. Tentu saja kesemuanya harus sobat perhatikan dengan baik agar mesin Innova diesel sobat otomotif selalu maksimal dalam performa dan awet bertahun-tahun. Namun, bagaimana jika sobat tidak memiliki waktu cukup untuk melakukan itu semua? Caranya mudah, sobat otomotif cukup datang ke Dokter Mobil dan ajukan keluhan yang mobil sobat alami. Biarkan teknisi kami yang menangani kasus mesin mobil diesel sobat. Tenang saja, jika ada apa-apa pasti kami garansi. Jadi, kapan berkunjung ke Dokter Mobil?

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!