New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
servis berkala mobil toyota

Ini Dia 5 Cara Servis Berkala Mobil Toyota dan Harganya

servis berkala mobil Toyota biasanya dilakukan maksimal jangka waktu setiap 6 bulan sekali atau setiap kelipatan 10 ribu kilometer. Namun tahukah sobat mengapa harus setiap 6 bulan. Tentunya hal ini berkaitan dengan mesin mobil agar tetap prima dan tetap nyaman dikendarai. Selain itu, dengan melakukan servis berkala maka sobat otomotif juga dapat melakukan identifikasi kerusakan lebih awal dengan begitu kendala dapat ditangani sebelum menjadi masalah yang lebih besar. Pemeriksaan berkala juga merupakan upaya yang dilakukan untuk merawat bagian-bagian kendaraan terutama bagian kelistrikan yang seringkali bermasalah. Untuk mengetahui cara servis berkala mobil Toyota simak ulasan berikut ini ya sobat otomotif.

Servis Berkala Mobil Toyota dan Harganya

servis berkala mobil toyota

  1. Pastikan Menggunakan Sparepart Asli

Hal pertama kali yang harus sobat otomotif perhatikan saat servis berkala mobil Toyota adalah memastikan suku cadang atau spareparts yang dipasang atau diganti adalah yang asli keluaran pabrikan. Cara membedakannya pun tidak sulit hal yang harus sobat perhatikan pertama kali adalah harganya. Spareparts mobil Toyota yang asli pasti memiliki harga dua kali lipat lebih mahal daripada harga palsunya. Selain dari harganya sobat otomotif bisa memperhatikan nomor seri yang terpampang pada spareparts itu sendiri. Caranya adalah dengan membandingkan nomor serial yang ada pada spareparts itu pada katalog produk resminya. Jika ada kejanggalan sedikit saja, maka sobat otomotif perlu waspada ya.

Hal tambahan yang perlu sobat perhatikan adalah kondisi kemasan, bahan dan spesifikasi spareparts tersebut. Pada kemasan spareparts yang asli pasti tertera hologram dan material hologram tersebut terbuat dari material yang lebih tebal dan lebih halus. Kualitas kardusnya juga lebih tebal dan memiliki warna terang. Untuk bahan dan spesifikasi juga berbeda antara spareparts asli dan palsu. Informasi ini bisa sobat dapatkan sekali lagi lewat katalog produk resmi atau website ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk).

  1. Rawat Ban Kendaraan

Merawat ban kendaraan merupakan langkah kedua dari cara servis berkala mobil Toyota yang baik dan benar. Dengan merawat ban itu tandanya sobat otomotif bahwa ban merupakan investasi jangka panjang hidup sobat sekalian. Ban yang botak selain mengancam keselamatan sobat otomotif juga tidak baik untuk kesehatan kantong sobat. Oleh sebab itu, merawat ban merupakan tindakan wajib dan krusial. Cara merawat ban juga tidak susah kok. Hal yang harus sobat lakukan adalah rutin memeriksa kondisi ban dan selalu menukar posisi ban secara berkala.

Rutin memeriksa kondisi ban termasuk memeriksa kondisi angin ban depan dan belakang untuk memastikan ukuran tekanan sesuai dengan standar yang dibutuhkan. Mencuci ban juga diperlukan jika ban sudah terlalu kotor atau sering melewati jalanan berlumpur, hal ini dimaksudkan agar ban tidak kehilangan traksi ketika di jalanan. Selain itu, menukar posisi ban secara berkala penting untuk dilakukan setiap 5 ribu kilometer. Pastikan menukar ban mobil bagian depan dengan ban mobil bagian belakang secara menyilang. Jadi, ban depan kiri ditukar posisinya dengan ban belakang kanan dan ban depan kanan ditukar posisinya dengan ban belakang kiri. Hal ini dikarenakan ban mobil depan lebih cepat aus dibandingkan dengan ban mobil bagian belakang.

  1. Pahami Jadwal Servis

Setiap mobil pasti memiliki jadwal servis yang berbeda. Namun jangan salah ya sobat otomotif, memahami hadwal servis berkala mobil Toyota bisa sobat temukan di buku servis. Dokumen ini juga menjadi penting karena semua jadwal servis berada di sini termasuk untuk mengetahui jadwal penggantian komponen atau suku cadang mobil. Dengan memahami jadwal servis sobat juga menjadi lebih tahu kira-kira berapa pengeluaran yang harus sobat persiapkan.

  1. Jangan Mengandalkan Kilometer

Terkadang masyarakat sebagian besar saat akan melakukan servis berkala mobil Toyota akan lebih mengandalkan total kilometer. Secara teori jarak tempuh 10 ribu kilometer bisa dicapai dalam kurun waktu 6 bulan, namun kenyataanya pada kota besar seperti Jakarta dan Surabaya yang notabene macet dan suhu lingkungan tergolong tinggi, pencapaian 10 ribu kilometer dapat dicapai diatas 6 bulan. Sehingga hal ini menjadi sudah tidak relevan. Sehingga dengan melihat hal seperti ini bengkel resmi Toyota merekomendasikan penggunaan waktu dengan menghitung interval servis berkala yaitu setiap 6 bulan sekali.

  1. Jika mobil jarang dipakai, perlukah servis juga?

Jika mobil sobat sering di rumah, apakah perlu servis berkala mobil Toyota juga? Jawabannya iya. Servis berkala 6 bulan tetap harus dilakukan. Hal ini dikarenakan saat mobil dalam posisi diam akan terjadi proses oksidasi dari uap air yang berada di sekitar komponen mobil sehingga lama-kelamaan oli mesin akan bercampur dan menjadi satu dengan air. Sehingga menyebabkan senyawa oli mesin menjadi rusak. Jika komponen mesin ini jarang bergerak maka bukan tidak mungkin komponen akan dihinggapi karat dan karet menjadi getas.

Baca Juga : Teknik Cara Rawat Mesin Innova Diesel Awet dan Maksimal

Servis berkala mobil Toyota memang harus dilakukan baik pada mobil yang jarang dipakai ataupun mobil yang sering bepergian. Namun yang perlu diperhatikan adalah beberapa hal seperti kondisi ban dan penggunaan suku cadang yang tetap harus orisinal. Selain itu, selalu ingat ya sobat otomotif. Perhitungan kilometer sudah tidak dibenarkan ya, jadi berhitung mulai dari terakhir kali servis dihitung 6 bulan setelahnya. Nah, jika sobat ingin mengganti suku cadang orisinal selain di bengkel resmi, bisa lho. Caranya sobat cukup datang ke Dokter Mobil yang juga menjual suku cadang orisinal mobil Toyota selain itu sobat juga bisa langsung mengganti oli di Dokter Mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 17474

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya