New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Penyebab Mobil Susah Hidup Saat Mesin Panas, Sudah Tahu?

Apakah Kamu tahu penyebab mobil susah hidup saat mesin panas? Memang cukup menyebalkan apalagi jika kondisimu tengah buru-buru. Kendala ini biasanya terjadi saat mesin memiliki temperatur terlalu panas atau sebaliknya terlalu dingin.

Dengan mengetahui dua kondisi yang kemungkinan dapat menimpa mobil kesayangan, maka setidaknya Kamu akan lebih mudah mengantisipasinya. Sekalipun tidak bisa memperbaiki secara mandiri, Kamu dapat mengkonsultasikannya ke pihak bengkel sehingga proses perbaikan berlangsung lebih mudah dan cepat.

Penyebab Mobil Susah Hidup Saat Mesin Panas

Kenyamanan berkendara Kamu bisa saja terganggu oleh berbagai masalah, terutama jika menggunakan mobil-mobil usia tua yang riskan terjadi kerusakan seperti tidak dapat distarter. Padahal, mobil baru saja digunakan namun beberapa menit kemudian malah tidak dapat menyala dengan starter.

Selain itu, kondisi mobil seperti yang telah disebutkan terkadang sulit ditebak. Pasalnya, mobil susah distarter muncul secara tiba-tiba baik mesin dalam keadaan dingin maupun panas. Oleh sebab itu, simak beberapa penyebab mobil susah distarter berikut ini.

  1. Koil panas

    Untuk menyalurkan tegangan listrik menuju aki, koil merupakan komponen yang berperan penting dalam hal tersebut. Dengan adanya koil, tegangan yang awalnya hanya sekitar 12 volt bisa menjadi ribuan volt yang selanjutnya disalurkan menuju busi sehingga muncul bunga api.

    Jika ingin mengecek koil, kamu dapat melakukannya dengan mudah. Cukup pegang koil tersebut, bila koil terasa panas maka segera diganti dengan platina kondensor. Panas tersebut bisa menandakan bahwa terjadi masalah pada koil yang dapat berimbas ke sistem pengapian.

  1. Terjadi masalah pada busi

    Adanya masalah pada busi merupakan salah satu penyebab yang paling sering terjadi pada mobil yang susah hidup. Saat kondisi busi tidak berjalan normal, maka mobil pun tidak dapat menyala saat distarter terutama ketika mesin panas.

    Namun kebanyakan kasus mobil masih bisa hidup bila mesin sudah kembali dingin. Jika itu terjadi, Kamu sebaiknya membawa mobil kesayangan ke bengkel dan lakukan tune up secara keseluruhan untuk memastikan bahwa tidak ada masalah lain pada mesin.

    Selain itu, Kamu juga dapat mengganti busi dengan yang baru. Sedikit tips, pilihlah busi yang memang sesuai standar. Atau Kamu dapat mengikuti rekomendasi yang diberikan pihak pabrikan.

  1. Terjadi masalah pada aliran bahan bakar

    Selain dua hal yang telah disebutkan, masalah pada aliran bahan bakar juga dapat mempengaruhi dan memicu kendala mobil sulit dihidupkan. Bahan bakar akan disimpan secara aman dengan adanya aliran bahan bakar. Komponen ini juga memiliki peran dalam menyalurkan sekaligus pengabutan bahan bakar sehingga tercampur sempurna dengan udara.

    Jika memang permasalahan terletak pada aliran bahan bakar, maka Kamu harus memeriksa sitem aliran BBM. Karena pada kebanyakan kasus mesin mobil masih dapat menyala saat kondisi dingin, tetapi susah hidup saat kondisi panas. Solusinya terbaiknya adalah membawa mobil Kamu ke bengkel terdekat guna mendapatkan perbaikan yang tepat.

Nah, itulah beberapa penyebab mobil susah hidup saat mesin panas yang harus Kamu ketahui. Jangan lupa untuk sesegera mungkin mengambil tindakan sebelum mesin mobil mengalami kerusakan lain. Semoga tulisan ini bermanfaat khususnya Kamu yang tengah memiliki keluhan mobil sulit menyala.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda