📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Penyebab & Solusi Ac Mobil Kijang Kapsul Tidak Dingin

AC Mobil Kijang Kapsul Tidak Dingin, Cek Bagian Fan Belt-nya
AC Mobil Kijang Kapsul Tidak Dingin, Cek Bagian Fan Belt-nya

Kijang Kapsul tak akan pernah menjadi mobil yang ketinggalan zaman. Sejak kemunculannya pada tahun 1997, mobil ini menjadi andalan bagi mereka yang mencari mobil keluarga dengan harga yang terjangkau.

Namun, seperti halnya mobil lainnya, Kijang Kapsul juga memiliki masalahnya sendiri. Masalah yang paling sering terjadi adalah AC mobil Kijang Kapsul tidak dingin akibat fan belt yang bermasalah.

AC mobil merupakan kebutuhan utama bagi para pemilik mobil, terutama di musim panas. Mereka membutuhkan AC yang bekerja dengan baik untuk menjaga kenyamanan dalam berkendara.

Bagi Anda yang AC mobil Kijang Kapsulnya tidak dingin, berikut ini adalah informasi lengkap seputar permasalahan di fan belt yang menjadi faktor utama penyebab AC mobil Kijang Kapsul tidak dingin.

Fungsi dan Prinsip Kerja Fan Belt Kijang Kapsul

Fan belt atau biasa juga disebut sabuk kipas adalah sebuah sabuk yang terhubung ke crankshaft, yang berfungsi untuk menggerakkan komponen mesin seperti kompresor, water pump, dan alternator. Fan belt juga berperan sebagai penghubung antara komponen-komponen mesin tersebut.

Pada mobil Toyota Kijang keluaran 1997-2004, fan belt berfungsi sebagai penghubung dari crankshaft yang berada di bawah kap mesin menuju komponen mesin seperti alternator, water pump, dan kompresor AC.

Fungsi fan belt sendiri adalah untuk mengangkat daya dari crankshaft menuju komponen-komponen mesin lain.

Fan belt memungkinkan crankshaft untuk berputar dan menggerakkan komponen mesin lainnya. Tanpa fan belt, komponen mesin lain tidak akan bekerja dengan benar.

Cara kerja fan belt pada mobil Toyota Kijang keluaran 1997-2004 adalah dengan menggunakan sabuk kipas yang terhubung ke crankshaft.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Sabuk kipas ini akan berputar bersamaan dengan putaran crankshaft, yang mana akan mengangkat daya untuk menggerakkan komponen-komponen mesin lainnya.

Sabuk kipas juga berfungsi untuk mencegah komponen-komponen mesin lainnya dari terlalu berputar cepat atau terlalu lambat.

Fan Belt Rusak Jadi Penyebab AC Mobil Kijang Kapsul Tidak Dingin

Fan belt atau sabuk kipas adalah alat yang menghubungkan poros kipas, kompresor AC, alternator, dan beberapa mesin lainnya.

Apabila fan belt pada mobil Anda rusak atau putus, maka akan menyebabkan AC mobil tidak dingin.

Hal ini dikarenakan poros kipas yang menggerakkan kompresor AC akan berhenti berputar, sehingga kompresor AC tidak akan bekerja dengan baik.

Tanpa kerja kompresor yang optimal, AC mobil tidak dapat menghasilkan pendinginan yang seharusnya.

Oleh karena itu, jika Anda melihat atau mendengar gejala kerusakan fan belt, maka segera periksa dan ganti fan belt Anda sebelum masalah lebih parah terjadi.

Penyebab Fan Belt Kijang Kapsul Rusak

Penyebab fan belt rusak pada mobil Kijang Kapsul dapat disebabkan oleh usia mobil yang sudah lama, kualitas bahan yang kurang baik, serta adanya pemakaian yang berlebihan.

Setiap fan belt memiliki usia pakai tertentu. Jika usia fan belt melebihi batas yang ditentukan, maka fan belt akan mulai mengalami kerusakan.

Selain itu, kualitas bahan yang kurang baik juga dapat menyebabkan fan belt mudah rusak. Jika fan belt terbuat dari bahan yang kurang baik, komponen ini akan lebih rentan terhadap kerusakan.

Terakhir, pemakaian berlebihan juga dapat menyebabkan fan belt rusak. Dengan pemakaian berlebihan, komponen akan mengalami penurunan kualitas dan kemampuan yang akan menyebabkan kerusakan pada fan belt.

Jadi, usia mobil yang sudah lama, kualitas bahan yang kurang baik, dan pemakaian berlebihan dapat menjadi penyebab fan belt rusak pada mobil Kijang Kapsul yang tua.

Hubungi Dokter Mobil Sekarang

Kesimpulan

AC mobil Kijang Kapsul tidak dingin ternyata permasalahannya ada di bagian fan belt yang alami kerusakan. Saat fan belt alami kerusakan, satu-satunya opsi yang paling direkomendasikan adalah mengganti dengan yang baru.

Pergantian fan belt ini perlu dilakukan oleh teknisi yang terlatih agar pemasangannya pas dan AC mobil Kijang Kapsul pun kembali dingin seperti semula.

Untuk itu, percayakan pergantian fan belt pada Kijang Kapsul yang AC mobilnya bermasalah hanya di bengkel spesialis AC mobil terpercaya, Dokter Mobil. Karena di Dokter Mobil, apapun permasalahannya pasti beres!

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/