📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Mobil Matic Slip atau Ngelos: Penyebab dan Solusinya

Mobil Matic Slip atau Ngelos - Penyebab dan Solusinya

Mobil matic slip seringkali dirasakan oleh para pengguna mobil matic. Hal ini ditandai dengan hilangnya tenaga pada mobil dan muncul suara yang berderu saat menginjak pedal gas.

Meski umum dijumpai, masalah mobil matic slip ini sangatlah mengganggu.

Kenyamanan Anda selama berkendara jadi akan terganggu karena laju mobil jadi tak sehalus seperti sebelumnya.

Apalagi jika Anda tidak berhati-hati dalam berkendara, hal ini dapat berpotensi timbulkan kecelakaan lalu lintas, lho.

Agar tak terjadi pada mobil kesayangan Anda, berikut ini adalah informasi seputar penyebab mobil matic slip atau ngelos hingga cara mengatasinya. Mari disimak!

Penyebab Mobil Matic Slip atau Ngelos

Penyebab Mobil Matic Slip atau Ngelos

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang suka berkendara dengan mobil matic, ketika mengendarai mobil matic seringkali mengalami masalah slip atau ngelos.

Masalah ini dapat terjadi pada hampir semua jenis mobil matic, baik itu mobil matic transmisi otomatis ataupun transmisi manual.

Masalah slip atau ngelos merupakan masalah yang sering terjadi pada mobil matic, dan dapat berakibat fatal jika tidak segera diperbaiki.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Oli Transmisi Mobil Kualitasnya Buruk

Penyebab utama dari mobil matic slip atau ngelos adalah karena kualitas oli transmisi yang buruk.

Jika oli transmisi dalam mobil matic telah menjadi kotor atau telah mengering, hal ini akan menyebabkan transmisi mobil matic menjadi tidak responsif dan kurang kuat.

Jika hal ini terjadi, maka mobil akan bergerak dengan terlalu cepat atau terlalu lambat, atau bahkan berhenti secara tiba-tiba.

Oli yang kotor atau telah mengering juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen transmisi mobil matic, seperti filter minyak, pelumas, dan filter udara.

Jika komponen ini telah rusak, maka transmisi mobil matic tidak akan dapat bekerja dengan baik, dan hal ini akan menyebabkan masalah mobil matic slip atau ngelos.

  1. Katup pada Transmisi Mobil Matic Bermasalah

Selain itu, masalah slip atau ngelos juga dapat terjadi karena adanya masalah pada katup transmisi mobil matic.

Jika katup transmisi tidak berfungsi dengan baik, maka katup tidak akan dapat mengatur aliran minyak dengan benar, sehingga akan menyebabkan masalah mobil matic slip atau ngelos.

  1. Adanya Kerusakan pada Komponen Elektronik di Mobil

Kerusakan pada komponen elektronik dalam mobil matic juga dapat menyebabkan masalah mobil matic slip atau ngelos.

Kerusakan ini dapat dikarenakan oleh sejumlah faktor, seperti arus pendek, kontak yang tidak baik, atau bahkan komponen elektronik yang usang.

Jika kerusakan pada komponen elektronik dalam mobil matic tidak segera diperbaiki, maka hal ini dapat menyebabkan masalah slip atau ngelos.

  1. Sistem Pengereman Bermasalah

Kerusakan pada sistem pengereman juga dapat menyebabkan masalah mobil matic slip atau ngelos.

Hal ini dapat terjadi ketika sistem pengereman tidak bekerja dengan benar, sehingga sistem tidak akan dapat mengatur tingkat kecepatan mobil dengan benar.

  1. Gearbox, Transmisi, atau Kopling Mobil Bermasalah

Beberapa masalah lain yang dapat menyebabkan masalah slip atau ngelos pada mobil matic adalah masalah pada gearbox atau transmisi, serta masalah pada kopling.

Masalah pada gearbox atau transmisi dapat terjadi ketika gearbox atau transmisi tidak dapat berpindah ke gear berikutnya dengan benar, sehingga mobil akan bergerak dengan terlalu cepat atau terlalu lambat.

Masalah pada kopling juga dapat menyebabkan masalah slip atau ngelos, karena kopling tidak dapat mengontrol tingkat kecepatan mobil dengan benar.

Baca Juga: Cara Mengatasi Mobil Bau Gosong Saat Kecepatan Tinggi

Jadi, mobil matic yang slip atau ngelos dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kualitas oli transmisi mobil yang buruk, kerusakan pada komponen transmisi, masalah elektronik, dan masalah pada sistem pengereman maupun kopling.

Oleh karena itu, setiap kali Anda mengalami masalah slip atau ngelos pada mobil matic, sebaiknya segera periksa kondisi mobil dan lakukan perbaikan jika diperlukan.

Cara Mengatasi Mobil Matic Slip atau Ngelos

Ketika Anda menyadari bahwa mobil matic Anda mengalami slip atau ngelos, Anda harus segera memeriksa mesin mobil matic Anda.

Jika Anda tidak yakin, Anda dapat membawa mobil Anda ke mekanik yang berpengalaman untuk memeriksa mesin Anda. Mereka akan mengetahui masalah dan menyarankan cara terbaik untuk memperbaikinya.

Jika masalah tersebut disebabkan oleh faktor internal, maka Anda harus memeriksa kondisi bagian-bagian mesin Anda.

Jika Anda menemukan masalah dengan bagian-bagian mesin, Anda harus segera memperbaikinya. Perbaikan ini akan membantu Anda menghindari masalah slip atau ngelos pada mobil matic Anda di masa depan.

Selain itu, Anda juga harus memeriksa oli yang digunakan pada mobil matic Anda. Jika oli yang digunakan tidak tepat, maka akan ada masalah dengan transmisi.

Anda harus mengganti oli ini dengan yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh pabrikan.

Perawatan yang tepat dapat membantu Anda menghindari masalah slip atau ngelos pada mobil matic Anda.

Dengan memastikan bahwa mesin mobil matic Anda dipelihara dengan baik dan menggunakan oli yang sesuai dengan persyaratan.

Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak akan mengalami masalah slip atau ngelos. Jangan lupa untuk menjaga kondisi mobil matic Anda agar tetap dalam kondisi baik.

 

Itulah penjelasan singkat tentang penyebab dari masalah slip atau ngelos pada mobil matic. Jika Anda sering mengalami masalah slip atau ngelos pada mobil matic Anda, sebaiknya segera lakukan perbaikan yang diperlukan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya