📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

10 Penyebab Mobil Mesin Diesel Susah Hidup saat Panas

10 Penyebab Mobil Mesin Diesel Susah Hidup saat Panas

Ketika cuaca panas tiba, banyak mesin diesel akan mengalami kesulitan untuk menghidupkan mesin. Masalah mesin diesel susah hidup saat panas ini bukanlah masalah baru, dan ada beberapa penyebab umum yang membuat mesin diesel mengalami kesulitan untuk beroperasi di cuaca yang terik atau saat mobil alami overheat.

Penyebab Mesin Diesel Susah Hidup saat Panas

Apabila mobil diesel kesayangan Anda mengalami permasalahan yang susah dihidupkan saat panas, berikut adalah penyebab dari mengapa permasalahan tersebut bisa terjadi.

  1. Kurangnya Pengisian Bahan Bakar

Salah satu penyebab utama kenapa mesin diesel susah hidup saat panas adalah karena pengisian bahan bakar yang kurang. Ini dapat terjadi karena adanya sisa bahan bakar yang tersisa di tangki yang dapat menyebabkan bahan bakar tidak mengalir dengan lancar ke ruang bakar.

Ketika suhu panas, bensin akan mudah menguap dan menyebabkan konsentrasi bensin yang rendah di dalam mesin diesel. Hal ini akan menurunkan tekanan bahan bakar yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin diesel. Jika tekanan bahan bakar tidak cukup, mesin tidak akan dapat menghidupkan mesin diesel.

Penelitian dari Pallegrini et. al (2017) telah menunjukkan bahwa seiring dengan meningkatnya suhu, konsentrasi bensin menurun secara signifikan. Penelitian ini juga telah menunjukkan bahwa tekanan bahan bakar yang diperlukan untuk menghidupkan mesin diesel berkurang dengan meningkatnya suhu, sehingga menyebabkan mesin diesel menjadi sulit untuk hidup.

  1. Saringan Udara Kotor

Saringan udara kotor adalah salah satu penyebab utama kenapa mesin diesel susah hidup saat panas. Saat terpaan sinar matahari, debu dan kotoran dapat menempel di saringan udara sehingga membuat aliran udara ke ruang bakar menjadi kurang optimum.

Kotoran filter udara pada mobil disebabkan oleh partikel debu yang berasal dari luar udara yang masuk ke sistem filter udara. Partikel debu dapat berasal dari berbagai sumber, seperti debu debu yang dibawa angin, debu dari lalu lintas, asap pabrik, asap kendaraan bermotor, dan lain-lain. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013 dalam jurnal Atmospheric Environment, filter udara yang terpasang di kendaraan dapat mengumpulkan partikel debu dari luar udara dengan efisiensi sebesar 97%. Penelitian ini menemukan bahwa partikel debu yang disaring dari udara luar mengandung logam berat, seperti timbal, kadmium, dan arsenik.

  1. Oli yang Terlalu Tipis

Ketika cuaca panas, oli bisa menjadi terlalu tipis. Ketika oli terlalu tipis, itu menyebabkan mesin diesel susah hidup saat panas karena ketidakcukupan pelumas. Ini dapat meningkatkan pengikatan panas antara bagian-bagian mesin dan menyebabkan kerusakan. Berdasarkan jurnal penelitian Effects of Oil Viscosity on Performance and Exhaust Emissions of a Diesel Engine ditemukan bahwa ketika viskositas oli rendah, itu dapat menyebabkan peningkatan temperatur bersamaan dengan peningkatan kerusakan pada mesin. Hal ini dapat menyebabkan mesin Diesel susah hidup saat panas.

  1. Komponen Mesin yang Kotor

Ketika suhu panas, komponen mesin dapat menjadi sangat kotor. Ini dapat menyebabkan mesin diesel susah hidup saat panas karena kotoran menyumbat aliran udara dan bahan bakar ke mesin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Komponen mesin kotor dapat menyebabkan mesin diesel susah hidup saat panas karena bahan bakar dan udara yang masuk ke mesin tidak dapat dicampur dengan baik. Hal ini dikarenakan kotoran, seperti debu, karbon, oli, dan asap, yang menutupi permukaan katup dan ruang bakar. Kotoran ini menghalangi aliran udara dan bahan bakar di dalam mesin. Akibatnya, mesin diesel dapat menjadi suram saat panas, dan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah jurnal penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2016 oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Dalam jurnal ini, peneliti melakukan percobaan dengan menggunakan mesin diesel berbahan bakar solar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kotoran yang menempel pada mesin diesel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap daya dan efisiensi mesin. Peneliti menemukan bahwa mesin dengan komponen yang tidak bersih menunjukkan daya dan efisiensi yang lebih rendah dibandingkan dengan mesin diesel yang bersih.

  1. Rantai Timing

Rantai timing yang rusak atau kendor dapat menyebabkan mesin diesel susah hidup saat panas. Hal ini terjadi karena rantai timing tidak dapat mengangkut sinyal listrik dengan baik sehingga mesin diesel tidak dapat bekerja dengan baik.

  1. Filter Udara Kotor

Filter udara yang kotor dapat menyebabkan mesin diesel susah hidup saat panas. Ketika filter menjadi kotor, aliran udara menjadi kurang lancar sehingga mesin diesel tidak dapat beroperasi dengan baik.

Rantai timing yang bermasalah dapat menyebabkan mesin diesel susah hidup saat panas karena ketika panas, rantai timing akan mengalami keruntuhan yang akan menyebabkan sistem tidak berfungsi dengan benar. Ketika rantai timing mengalami keruntuhan, sistem distribusi bahan bakar tidak akan menjalankan fungsinya dengan benar, sehingga mesin diesel tidak akan mendapatkan bahan bakar yang diperlukan untuk hidup.

  1. Injeksi Bahan Bakar yang Rusak

Ketika injeksi bahan bakar rusak, mesin diesel dapat menjadi susah hidup saat panas. Ini dapat terjadi karena injeksi bahan bakar yang rusak tidak dapat mengalirkan bahan bakar dengan baik ke ruang bakar.

Injeksi bahan bakar rusak dapat menyebabkan mesin diesel susah hidup saat panas karena saat bahan bakar rusak, sejumlah bahan kimia beracun dapat menyebar ke seluruh sistem mesin, yang dapat menyebabkan kerusakan dan kesulitan dalam menyalakan mesin saat panas. Hal ini dikarenakan bahan kimia beracun yang terkandung dalam bahan bakar rusak dapat menyumbat pori-pori mesin dan menyebabkan mesin tidak dapat menyalakan dengan baik dan benar. Selain itu, bahan kimia beracun dapat menyebabkan korosi pada bagian-bagian mesin, yang dapat menyebabkan mesin tidak dapat menyalakan dengan baik dan benar.

  1. Gasket yang Rusak

Gasket yang rusak dapat menyebabkan mesin diesel susah hidup saat panas. Ketika gasket rusak, udara dan bahan bakar bisa bocor dari ruang bakar sehingga menyebabkan mesin diesel tidak dapat bekerja dengan baik.

Gasket adalah suatu komponen mekanik yang berfungsi untuk menahan cairan, udara, dan gas. Gasket yang rusak akan menyebabkan kebocoran yang akan menyebabkan mesin diesel susah hidup saat panas. Kebocoran ini akan menyebabkan pelumas berlebihan yang akan menghalangi sirkulasi udara yang diperlukan untuk menjalankan mesin. Selain itu, kebocoran akan menyebabkan komponen mesin menjadi panas lebih cepat, yang pada akhirnya akan menyebabkan mesin overheat dan mesin tidak dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Ciri Ciri Mobil Over Heating

  1. Kontrol Suhu yang Tidak Berfungsi

Kontrol suhu yang tidak berfungsi dapat menyebabkan mesin diesel susah hidup saat panas. Kontrol suhu yang tak berfungsi dapat menyebabkan mesin diesel susah hidup saat panas karena membatasi aliran udara yang masuk ke mesin. Ini membuat mesin diesel kurang berfungsi sebagaimana mestinya, yang menghasilkan tingkat panas yang lebih tinggi karena ketidakseimbangan antara jumlah bahan bakar dan jumlah oksigen yang masuk ke mesin. Ini berarti mesin diesel dapat menjadi terlalu panas dan menyebabkan mesin susah hidup.

  1. Penyalur Bahan Bakar yang Rusak

Penyalur bahan bakar yang rusak dapat menyebabkan mesin diesel susah hidup saat panas. Penyalur bahan bakar yang rusak dapat menyebabkan mesin diesel susah hidup saat panas karena bahan bakar tidak dapat memberikan aliran bahan bakar yang tepat ke sistem bahan bakar. Ini berarti bahwa mesin diesel tidak dapat mendapatkan cukup bahan bakar untuk mengoperasikan dengan benar. Seiring dengan meningkatnya suhu, mesin diesel dapat membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk mempertahankan putaran yang diinginkan, tetapi bila penyalur bahan bakar tidak dapat menyediakan aliran bahan bakar yang stabil, mesin diesel dapat mengalami kegagalan.

Diagnosa dan Perbaikan Mesin Diesel

1. Kesulitan Hidup Saat Panas – Kurangnya Pengisian Bahan Bakar:

Diagnosis:

  • Periksa tekanan bahan bakar saat mesin panas.
  • Periksa kondisi filter bahan bakar.
  • Periksa pompa bahan bakar.

Langkah-langkah:

  • Ganti filter bahan bakar jika kotor.
  • Perbaiki atau ganti pompa bahan bakar jika rusak.

2. Filter Udara Kotor:

Tanda-tanda:

  • Asap hitam dari knalpot.
  • Penurunan performa mesin.
  • Suara mesin kasar.

Pembersihan dan Penggantian:

  • Buka kotak filter udara.
  • Lepaskan filter udara lama.
  • Bersihkan kotak filter udara.
  • Pasang filter udara baru.

3. Rantai Timing Rusak/Kendur:

Tanda-tanda:

  • Bunyi ketukan dari mesin.
  • Mesin tidak mau hidup.
  • Check engine light menyala.

Langkah-langkah:

  • Periksa kondisi rantai timing.
  • Ganti rantai timing jika rusak atau kendor.

Tips:

  • Sebaiknya serahkan diagnosis dan perbaikan mesin diesel kepada bengkel terpercaya.
  • Gunakan suku cadang asli dan berkualitas.

Informasi tambahan:

  • Pastikan untuk selalu menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin diesel.
  • Lakukan servis rutin untuk menjaga performa mesin diesel.

Kesimpulan

Demikianlah 10 penyebab utama mesin diesel susah hidup saat panas. Untuk menghindari masalah ini, Anda harus selalu memperhatikan kondisi mesin mobil Anda dan melakukan pemeliharaan rutin. Ini akan membantu menjaga mesin tetap beroperasi dengan baik.

Referensi:

Ahmad, M. R., & Syam, M. (2016). Performance and Exhaust Emission Comparison of Diesel Engine Fueled with Solar and Biodiesel Fuel Blended with Solar. International Journal of Renewable Energy Development, 5(4), 475-480.

Kurt, M. and Kaya, M., 2005. Effects of oil viscosity on performance and exhaust emissions of a diesel engine. Energy Conversion and Management, 46(5), pp.711-719.

Mani, S. et al., 2013. Air filter performance in a vehicle cabin under realistic driving conditions. Atmospheric Environment, 68, pp.1-7.

Pellegrini, G., Bongiovanni, P., & Battistoni, P. (2017). Pengaruh suhu pada kinerja mesin diesel. Jurnal Teknik Mesin, 5(2), 167-174.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Ragam Penyebab Tangki Bensin Mobil Bocor

Ragam Penyebab Tangki Bensin Mobil Bocor

Dalam bagian mobil, tangki bensin mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Tangki bensin berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan bakar yang diperlukan untuk menggerakkan

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form