📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

8 Tips Merawat Mobil Bekas Agar Awet & Seperti Baru

8 Tips Merawat Mobil Bekas Agar Awet & Seperti Baru

Membeli mobil bekas, tentu anda perlu merawat mobil bekas tersebut secara ekstra daripada mobil baru. Hal ini karena komponen atau mesin mobil sudah pernah digunakan sebelumnya. Untuk menjaga konsisi mobil bekas tersebut agar tetap prima, awet dan seperti baru, anda harus melakukan beberapa perawatan khusus.

Perawatan kendaraan bekas merupakan hal yang penting untuk memastikan mobil tersebut beroperasi dengan aman dan efisien. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara melakukannya, Anda dapat membawa mobil Anda ke mekanik yang berpengalaman untuk memeriksa mobil Anda.

Selain memeriksa mekanik, Anda juga harus memeriksa body mobil. Pastikan bahwa semua bagian mobil yang terlihat baik dan tidak ada bocor atau kerusakan. Untuk detailnya, silahlan perhatikan 8 tips merawat mobil bekas berikut ini yang wajib anda lakukan!

8 Tips Merawat Mobil Bekas Agar Awet

Kedelapan tips merawat mobil bekas berikut ini adalah hal yang memang seharusnya anda lakukan ketika memutuskan untuk membeli mobil bekas. Akan tetapi perawatan tersebut bukan berarti karena mobil anda jelek atau punya masalah tertentu. Hanya saja untuk menjaga kualitas dan performa mobil tetap awet dan seperti baru, maka anda membutuhkna tips merawat mobil bekas berikut ini:

  1. Periksa dan lakukan perbaikan reguler: Periksalah kondisi mobil Anda secara reguler dan lakukan perbaikan yang diperlukan. Anda harus memeriksa sistem kelistrikan, roda, suspensi, rem, sistem pendingin, filter udara, filter oli, dan banyak lagi.
  2. Ganti oli secara berkala: Ganti oli secara berkala untuk memastikan mesin Anda berjalan dengan lancar. Ini juga akan membantu menjaga kinerja mesin dan mengurangi risiko kerusakan.
  3. Periksa cincin kompresi: Periksa cincin kompresi Anda secara berkala untuk memastikan bahwa mesin Anda berfungsi dengan baik. Cincin kompresi dapat menjadi salah satu penyebab masalah mesin mobil.
  4. Jaga kebersihan mobil: Jaga kebersihan mobil Anda dengan membersihkan bagian luar dan dalam mobil secara berkala. Anda juga harus membersihkan filter udara dan filter oli secara berkala untuk menjaga kinerja mesin.
  5. Perhatikan ban: Ban mobil Anda adalah salah satu bagian yang paling penting. Pastikan untuk memeriksa ban mobil Anda secara berkala untuk memastikan bahwa mereka selalu dalam kondisi yang baik. Periksa sistem kelistrikan: Sistem kelistrikan mobil Anda harus selalu diperiksa secara berkala untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik. Pastikan untuk mengganti komponen yang rusak secara berkala.
  6. Ganti rem: Rem adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah mobil. Pastikan untuk memeriksa rem secara berkala dan menggantinya jika diperlukan.
  7. Gunakan pelumas: Gunakan pelumas untuk semua bagian utama mobil Anda untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik.

8 tips merawat mobil bekas adalah melakukan periksa dan perbaikan reguler, ganti oli secara berkala, periksa cincin kompresi, jaga kebersihan mobil, perhatikan ban, periksa sistem kelistrikan, ganti rem, dan gunakan pelumas. Dengan melakukan semua hal ini, Anda dapat memastikan bahwa mobil bekas Anda tetap dalam kondisi yang baik dan berfungsi dengan baik.

BACA JUGA: 3 Penyebab Mobil Keluar Asap Putih Dan Mengatasinya

Apakah Biaya Perawatan Mobil Bekas Mahal?

Merawat mobil bekas terkadang bukan persoalan apa yang harus dilakukan, akan tetapi berapa besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan perawatan tersebut. Karena biaya merawat mobil bekas bisa dibilang mahal, terutama untuk membawanya ke kondisi yang optimal. Biaya ini sangat bervariasi tergantung pada jenis mobil, usia, dan kondisi awal. Pada umumnya, biaya merawat mobil bekas meliputi:

  1. Biaya Perawatan Umum: Biaya ini terutama untuk mengganti oli mesin, filter oli, filter udara dan filter kabin, ganti cairan pendingin & rem, dan lain-lain. Biaya ini berkisar antara Rp500.000 – Rp1.500.000.
  2. Biaya Perbaikan: Biaya ini meliputi perbaikan mekanik yang diperlukan untuk memastikan mobil bekas berjalan dengan baik dan aman. Biaya ini bervariasi tergantung pada jenis masalah dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaikinya. Biaya ini bisa berkisar antara Rp1.000.000 hingga Rp3.000.000.
  3. Biaya Perawatan Eksterior: Biaya ini meliputi perawatan bodi mobil, cat mobil, dan pembersihan kaca mobil bekas. Biaya ini bervariasi tergantung pada jenis perawatan yang diinginkan. Biaya ini bisa berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1.500.000.
  4. Biaya Pembelian Barang-barang Mobil: Biaya ini meliputi pembelian ban baru, bagian-bagian mekanik baru, dan barang-barang lain yang dibutuhkan untuk memperbaiki mobil bekas. Biaya ini bervariasi tergantung pada jenis dan jumlah bagian yang dibeli. Biaya ini bisa berkisar antara Rp1.000.000 hingga Rp3.000.000.

Jadi, biaya merawat mobil bekas pada umumnya bisa berkisar antara Rp5.000.000 hingga Rp10.000.000, tergantung pada jenis dan kondisi mobil bekas. Atau tergantung dari jenis mobil dan perawatan mana yang anda ingin lakukan. Selain itu bengkel mana tempat anda melakukan perawatan juga sangat berpengaruh.

Rawat Mobil Bekas Ke Dokter Mobil !

Apabila tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu mahal untuk merawat mobil bekas, maka silahkan pergi ke bengkel Dokter Mobil! Di sini bukan hanya menyediakan semua jenis perawatan, akan tetapi biasa perawatan di Dokter Mobil terbilang sangat bersahabat.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Untuk merawat mobil bekas di Dokter Mobil, anda bisa menghubungi customer service Dokter Mobil (klik di sini) atau telfon ke nomor berikut ini: 0813-9860-1800. Nantinya anda akan dibantu oleh customer service Dokter Mobil untuk membuat janji perawatan mobil di waktu yang sesuai dengan keinginan anda. Serta anda juga bisa memilih ingin datang ke cabang mana. Jadi tunggu apalagi, yuk ke Dokter Mobil sekarang juga!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5699

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya