📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Beberapa Cara Mendorong Mobil Mogok Karena Aki Habis

Beberapa Cara Mendorong Mobil Mogok Karena Aki Habis
Beberapa Cara Mendorong Mobil Mogok Karena Aki Habis

Tidak ada yang suka melihat mobil mogok karena aki habis tiba-tiba. Bahkan, jika Anda seperti salah satu orang yang sangat suka mengemudi, mungkin menyedihkan untuk menyadari bahwa biasanya masalah mobil mogok karena aki habis tidak dapat diketahui tanda-tanda awalnya.

Penyebab Mobil Mogok

Meskipun ada berbagai alasan mengapa mobil Anda bisa mogok, dalam kebanyakan keadaan, mobil mogok karena aki habis. Ketika mobil mogok karena aki habis, aki Anda yang kehabisan tenaga. Biasanya, aki mobil modern dapat bertahan hingga 3-4 tahun tetapi jika mobil mogok karena aki habis, Anda harus tahu cara menghidupkan mobil dengan mendorongnya.

Saat ini aki mobil juga berperan dalam mensuplai daya ke berbagai alat bantu elektronik dan gadget yang menyertai mobil. Ini memiliki efek yang agak kuat pada kesehatan aki mobil Anda. Namun terkadang, ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh pemilik kendaraan yang bisa mengurangi daya aki hingga habis, seperti lupa mematikan lampu depan atau bahkan lampu atap interior. Sebagian besar mobil modern akan memberi tahu Anda tentang tingkat aki yang rendah dengan memasang ikon di konsol speedometer.

Cara Mengetahui Apakah Aki Mobil Benar-benar Habis

Cara Mengetahui Apakah Aki Mobil Benar-benar Habis

Sebelum Anda keluar dan menyimpulkan bahwa mobil mogok Anda disebabkan karena aki yang habis, Anda perlu memastikan apakah masalah itu benar-benar disebabkan karenabaki yang mati atau hal lain di balik masalahnya. Cara terbaik untuk mengeceknya adalah dengan menyalakan kunci kontak. Jika mesin mobil Anda engkol, maka itu bukan masalah terkait aki tetapi ada yang salah dengan sistem mekanis mobil. Namun, jika mobil tidak melakukan apa-apa, maka aki yang habis mungkin yang menjadi penyebabnya.

Sekarang setelah Anda yakin bahwa itu adalah aki, Anda memiliki dua pilihan, baik untuk menstarter mobil dengan metode jumpstart atau untuk menyalakan aki. Namun, Anda selalu dapat mencoba untuk mendorong mobil Anda sebelum Anda melakukan jump start. Secara teori, Anda sebenarnya dapat mendorong mobil untuk memulai sendiri tetapi itu mengharuskan Anda untuk masuk kembali ke dalam mobil setelah kecepatan yang memadai tercapai, ditambah lagi itu tidak terlalu aman. Oleh karena itu, ketika mobil mogok karena aki habis, sangat disarankan untuk melakukan solusi yang aman.

Tindakan Pencegahan untuk Mobil Mogok Karena Aki Habis

Kami akan membahas cara menyalakan mobil secara manual di sini dan sebelum melanjutkan, Anda perlu mengetahui bahwa power steering membutuhkan mesin mobil Anda untuk hidup. Karena itu kami menyarankan Anda untuk tidak mencoba mendorong mobil Anda di tikungan.

Hal yang sama berlaku untuk sistem pengereman, jadi Anda juga harus menjaga jarak pengereman, yang berarti, rem tangan di sebagian besar mobil bekerja tanpa hidrolik. Dengan semua informasi ini, berikut adalah cara mendorong mobil mogok karena aki habis.

Jangan Memaksakan Kunci Kontak

Meskipun kemungkinannya cukup kecil, tetapi kami tetap menyarankan Anda untuk tidak terus mencoba menghidupkan mobil Anda saat tidak dihidupkan dengan kunci kontak. Ini mungkin memiliki efek buruk pada pompa bahan bakar. Mereka adalah perangkat yang rumit dan cukup mahal untuk diganti juga.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Pilih Tempat yang Aman

Jika bisa, pilihlah titik di mana ada kemiringan jalan (menurun). Karena push start membutuhkan tenaga kerja manual, jalan yang menurun akan lebih mudah untuk mendorong mobil Anda masuk. Sisi baiknya, ini juga akan membantu mobil Anda mengumpulkan kecepatan yang dibutuhkan lebih awal dan lebih cepat. Gravitasi adalah teman yang Anda butuhkan di pihak Anda untuk ini.

Bantuan Eksternal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda tidak perlu memaksakan diri dan mencoba melakukan semuanya sendiri. Mintalah bantuan teman, atau pengguna jalan lainnya. Tidak ada yang akan menolak dorongan sederhana untuk mobil Anda, terutama jika itu adalah mobil ukuran kecil atau sedan biasa. Untuk SUV besar, masuk akal untuk meminta dua orang untuk melakukan pekerjaan itu.

Nyalakan Lampu Hazard Mobil

Dalam kondisi mobil mogok karena aki habis, sangat penting bagi Anda untuk terlihat oleh lalu lintas di jalan. Selalu nyalakan lampu hazard Anda sehingga orang lain mengetahui situasinya. Jika sisa daya aki Anda terlalu rendah untuk menyalakannya, gunakan reflektor keselamatan yang disertakan dengan setiap mobil untuk situasi seperti ini.

Mulai Mendorong Mobil

Disarankan agar Anda mengontrok roda kemudi dan membiarkan orang lain mendorong mobil Anda. Hal ini terjadi karena biasanya Anda memahami kontrol mobil Anda lebih baik daripada orang lain sehingga juga aman. Kecepatan sekitar 8-10 km/jam sudah lebih dari cukup bagi kebanyakan mobil untuk starter. Pada saat ini, ketika mobil Anda sedang didorong, pastikan rem tangan dilepaskan dan gearbox dalam posisi netral.

Menghidupkan/Menstarter Mobil Anda

Setelah bergerak, saat Anda mencapai kecepatan yang diinginkan, pindahkan ke gigi 2 (bukan 1 ), biarkan kopling sekali jalan dan tekan pedal gas sedikit pada saat yang bersamaan. Ini bekerja dalam banyak kasus. Jika ini tidak berhasil dan Anda merasa ada sejumlah cairan di aki mobil untuk menghidupkan motor starter, coba putar kunci kontak saat Anda meninggalkan kopling. Ini bekerja dengan sangat baik, terutama jika mobil Anda tidak digunakan selama beberapa minggu.

Baca Juga: Inilah Penyebab Starter Mobil Berat, Awas Jangan Anggap Remeh

Selanjutnya apa? Selamat, mobil Anda sudah menyala. Sekarang injak kopling atau pindah ke netral, berikan throttle yang baik pada mobil Anda dan parkirlah dengan hati-hati di sisi yang jauh dari lalu lintas yang datang. Jangan matikan mesin dan biarkan dalam keadaan idle setidaknya selama lima menit atau lakukan putaran yang lama. Ini akan membantu mengisi aki melalui alternator.

Anda harus selalu bersikap sopan dan sampaikan keinginan Anda kepada orang yang membantu Anda untuk menghidupkan mobil Anda di jalan raya. Jangan lupa untuk menyampaikan tips ini kepada siapa pun yang mungkin terjebak di jalan. Kita sering melihat mobil mogok karena aki habis di jalan raya. Ketika Anda melihat masalah seperti itu, tawarkanlah bantuan Anda.

Rekomendasi Pengecekan dan Servis untuk Mencegah Mobil Mogok Karena Aki Habis

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa masalah mobil mogok karena aki yang habis memang cukup banyak terjadi. Oleh karenanya, sangat penting untuk selalu memeriksa kondisi aki agar mobil tidak mogok di jalan raya. Selain itu, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan dan servis di bengkel terpercaya seperti DOKTER MOBIL.

Dengan layanan terbarunya, DOMO Electric, seluruh permasalahan yang berkutat di kelistrikan mobil dapat teratasi dengan baik, termasuk pada aki mobil. Seluruh layanan DOMO Electric dikerjakan oleh teknisi yang handal dan berpengalaman sehingga menjamin agar permasalahan seputar kelistrikan mobil ini bisa teratasi hingga ke akar permasalahan.

Untuk atasi masalah mobil mogok karena aki habis, segera reservasi layanan DOMO Electric di Dokter Mobil sekarang via WhatsApp untuk dapatkan informasi lengkap hingga diskon menarik untuk setiap layanannya. Anda juga bisa mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda untuk nikmati langsung layanan DOMO Electric. 

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai cara mendorong mobil mogok karena aki habis. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aki yang habis adalah salah satu penyebab utama masalah mobil yang tiba-tiba mogok dj jalab raya. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk melakukan pengecekan dan servis mobil secara berkala di bengkel terpercaya seperti DOKTER MOBIL agar masalah mobil mogok dapat dihindari.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/