💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Fakta Menarik dan Ragam Manfaat Mobil Rubicon dari Jeep

fakta menarik Jeep dan ragam manfaat mobil Rubicon dari Jeep

Beberapa tahun terakhir, pecinta mobil Jeep di dunia semakin banyak, tak terkecuali di Indonesia. Salah satu tipe Jeep yang sedang populer saat ini adalah mobil Rubicon. Ternyata, mobil yang satu ini begitu digemari karena menyimpan berbagai keunggulan menarik. Namun sebelum membahas lebih lanjut, mari kita simak penjelasan mengenai beberapa fakta menarik dari mobil Jeep di bawah ini!

Fakta Menarik Mobil Jeep

Mobil Jeep memang memiliki sejarah yang panjang di dunia otomotif. Itulah mengapa jenis mobil ini memiliki sederet fakta yang menarik untuk dikulik lebih dalam. Berikut adalah fakta menarik dari mobil Jeep.

  1. Sebelum Berjumlah 7, Dahulu Jumlah Slot Grille Mobil Jeep Berjumlah 13

Ada beberapa hal yang lebih ikonis daripada gril tujuh slot Jeep. Tidak diketahui persis bagaimana para desainer menetapkan tujuh slot. Tapi tahukah Anda bahwa pada awalnya jumlah slot grille pada mobil Jeep hampir dua kali lebih banyak?

Desain Jeep asli tahun 1940 memiliki tiga belas slot di bagian depan, bukan tujuh. Akhirnya, jumlah ini diturunkan menjadi sembilan sekitar tahun 1943. Dari sana, para desainer membuat kendaraan Jeep yang kita kenal dan cintai dengan gril tujuh slot yang ikonik.

  1. Jeep Pernah Digunakan Sebagai Mobil Kereta Api pada Masa Perang Dunia II

Jeep adalah salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan dalam Perang Dunia Kedua, membangun citra yang kokoh dan dapat dibawa ke mana saja. Selama Perang Dunia II, rel kereta api biasanya memiliki “kereta jip”, yaitu jip yang dilengkapi dengan roda gerbong kereta, bukan roda biasa. Jeep ini bisa bolak-balik dengan mudah, membantu dalam misi-misi penting.

Fleksibilitas Jeep membantu menjaga jalur pasokan tetap bergerak selama perang. Dengan pengalih rel beroda baja, speeder, dan bahkan mesin lokomotif ringan, ini adalah satu-satunya kendaraan yang dapat berjalan di jalan raya dan di rel. Ketahanan mobil Jeep di berbagai medan di darat sudah cukup memukau, tetapi perjalanan di rel kereta api jauh lebih mengesankan!

  1. Warna Jeep Terinspirasi dari Tempat Sampah

Warna Anvil Jeep memang cukup ikonis, tetapi banyak orang berpendapat bahwa warnanya mirip tempat sampah. Pertama kali ditampilkan pada kendaraan konsep Mighty FC, warna mobilnya benar-benar terinspirasi oleh tempat sampah di studio desain Jeep. Warna tersebut menjadi sangat populer sehingga akhirnya digunakan untuk Jeep Wrangler JK.

  1. Wranglers Mencapai Popularitas di Akhir 80-An

Pada 1980-an, Jeep populer karena merevolusi pasar mobil 4×4. Mereka melakukannya dengan merilis SUV 4×4 empat pintu kompak pertama dengan Jeep Wrangler. Kendaraan itu sangat populer pada akhir tahun 80-an sehingga Anda akan dengan mudah menemukan kendaraan Jeep melintas di jalan raya.

Jeep bangga dengan sejarahnya, dan tahun 80-an tidak diragukan lagi merupakan salah satu dekade terkuat mereka. Banyak desain Jeep selanjutnya mengambil inspirasi dari era ini.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Jeep Adalah Salah Satu Merek Mobil Favorit Presiden AS

Sampai saat ini, banyak orang Amerika menganggap kendaraan Jeep sebagai ikon. Jeep juga memiliki sejarah memberikan insentif keuangan kepada anggota militer AS yang aktif dan para veteran, menunjukkan dukungan Jeep yang pantang menyerah untuk pasukan militer AS.

Tetapi salah satu fakta paling menonjol mengenai Jeep ada di Gedung Putih itu sendiri. Mantan presiden AS Ronald Reagan dikenal karena mengendarai Jeep, seperti kebanyakan Presiden sejak Perang Dunia II. Presiden AS yang duduk saat ini, Joe Biden, menjadi berita utama pada tahun 2021 dalam joyride model Jeep listrik baru.

  1. Ford Memberi Kontribusi pada Jeep Pertama

Kita tentu suka berpikir bahwa produsen kendaraan bersaing ketat satu sama lain. Tetapi keadaan luar biasa dapat membuat dua produsen kendaraan saling bekerja sama. Faktanya, Jeep mungkin tidak ada tanpa Ford.

Desain akhir Jeep masa perang di tahun 40-an dibantu oleh Ford Motor Company. Dengan kontribusi pada desain Jeep asli dan bahkan beberapa bantuan manufaktur di fasilitas terpisah, Ford membantu membentuk merek Jeep yang sekarang menjadi ikon sama seperti siapa pun dalam catatan sejarah perkembangan mobil Jeep.

  1. Latar Belakang Nama Jeep yang Masih Diperdebatkan

Dengan banyaknya merek mobil, Anda dapat dengan mudah mengetahui mengapa nama itu muncul. Ford dibuat oleh Henry Ford, Ferrari oleh Enzo Ferrari, dan seterusnya. Tapi dari mana nama Jeep berasal? Ini sebenarnya sedikit misteri, dengan banyak ketidaksepakatan tentang asal-usul nama itu.

Teori paling populer dan yang telah dikonfirmasi sampai tingkat tertentu adalah bahwa Jeep adalah pengucapan fonetik dari “GP.” Dalam Perang Dunia II, “GP” adalah singkatan dari General Purpose dan digunakan untuk mencatat kendaraan yang tidak memiliki penggunaan khusus. Mereka juga sering disebut “Jeep Willy” atau sekadar “Jeep militer”.

Teori lainnya tentang asal usul nama Jeep adalah yang berasal dari nama karakter kartun Popeye.Dalam kartun ini, ada karakter kecil bernama Eugene the Jeep, yang merupakan hewan peliharaan Popeye yang berguna dan ajaib.

Cerita berlanjut bahwa tentara Sekutu sangat menyukai kemampuan semua medan kendaraan sehingga mereka menamakannya setelah hewan peliharaan kartun favorit mereka, yang juga tampaknya bisa pergi ke mana saja dan melakukan apa saja. Entah itu benar atau tidak, tapi banyak orang yang mempercayai teori ini.

  1. Jeeping Dianggap sebagai Cabang Olahraga

Tahukah Anda bahwa banyak orang menganggap Jeeping sebagai suatu cabang dalam olahraga off-road? Jeeping adalah pengalaman unik dan mengasyikkan yang dapat dinikmati seluruh keluarga. Satu-satunya hal yang Anda perlukan adalah Jeep Anda dan alam luar yang menyenangkan.

Penggemar 4×4 mengendarai Jeep mereka ke atas dan ke bawah tanjakan yang curam, di sepanjang jalan yang terjal, melalui rawa berlumpur, dan di mana pun mereka dapat menemukannya. Ini adalah cara yang seru untuk masuk ke alam bebas dan melihat kemampuan kendaraan favorit Anda.

  1. Begitu Banyak Pesan Tersembunyi

Di AS, terdapat tradisi menyembunyikan telur untuk ditemukan oleh anak-anak pada hari raya Paskah. Itulah inspirasi bagi perusahaan Jeep yang menyembunyikan fitur styling khusus sebagai hadiah bagi pemiliknya. Pada Jeep modern dapat ditemukan isyarat desain kecil yang memperkuat hubungan historis merek dengan jip militer, dan Wrangler baru tidak terkecuali.

Setiap velg Rubicon memiliki siluet MB Willys yang diembos di dekat tepinya. Di sudut sisi penumpang dari kaca depan terdapat logo jip militer kecil yang sedang menanjak. Sementara itu, ada juga hub steering wheel yang memiliki aksen desain yang halus di 3 sisi untuk meniru penempatan jari-jari pada roda kemudi Willys.

  1. Kursi Tahan Air

Logo “Trail Rated” di spatbor Wrangler bukan hanya hiasan belaka. Ini adalah sertifikasi Jeep bahwa mobil mereka dapat berjalan di mana saja dan melintasi medan apapun. meskipun JL Wrangler baru mungkin lebih kecil kemungkinannya daripada generasi Jeep lain untuk melakukan aksi off-road. Wrangler kelas atas bahkan diluncurkan dengan kursi berpemanas berlapis kulit dan sistem hiburan dalam mobil yang canggih.

Namun, FCA membangun semua Wrangler seolah-olah mereka digunakan untuk melintasi medan ekstrim. Kursi Wrangler dibuat agar tahan air dan noda. Selain itu, Jeep masih memasang sumbat saluran pembuangan di lantai belakang kursi pengemudi. Jika Anda terjebak di sungai atau kehujanan dengan penutup atas, cukup angkat penutup karpet dan tarik.

Ragam Keunggulan Utama dari Mobil Rubicon

ragam kelebihan mobil rubicon

Sebagai salah satu varian Jeep yang banyak digemari, mobil Rubicon nyatanya memang memiliki beragam keunggulan yang membuatnya begitu digandrungi oleh berbagai kalangan. Berikut ini adalah ragam keunggulan utama dari mobil Rubicon, varian Jeep yang banyak digemari:

  1. Kemampuan off-road

Hanya ada sedikit produsen mobil di seluruh dunia yang dikenal dengan mobil off-road mereka. Dalam hal ini, mobil Rubicon Jeep menjadi yang terdepan.  Sejak mobil Jeep pertama diluncurkan, nama Jeep sudah menjadi istilah umum untuk mobil yang cocok untuk digunakan di berbagai medan terutama medan ekstrim.

Dengan Trailrated Badge di samping bodi mobil ini, Anda dapat yakin bahwa saat mobil rubicon menyeberangi sungai, mendaki gunung, melintasi padang pasir, menyusuri hutan lebat, menjelajahi hutan belantara, atau medan ekstrim lainnya, Anda tetap dapat sampai di tujuan dengan selamat.

Ada beberapa perangkat keras yang dibuat khusus untuk menunjang kemampuan offroad dari mobil Rubicon seperti heavy-duty Dana 44 solid axles, rear differential, heavy-duty shocks, dan full-time transfer case dengan low-range gear dan full-fat 255/75 R17 knobby tyres. Mobil Rubicon ini juga mendapat sway bar depan yang dapat dilepas secara elektronik yang memungkinkan artikulasi suspensi lebih banyak 30 persen.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Tenaga Mobil Jimny Secara Maksimal

  1. Mesin yang Kuat

Saat ini mobil Rubicon Jeep sudah dilengkapi dengan mesin bensin turbo 2.0 liter dari keluarga Global Medium Engine (GME) FCA.  Mesin yang baru dikembangkan dari keluarga Hurricane ini mengeluarkan 268bhp dan 400Nm yang disalurkan melalui gearbox otomatis delapan kecepatan yang bersumber dari ZF sebagai standar.

Mobil Rubicon ini juga memiliki daya tembak yang cukup di bawahnya untuk memberikan tenaga dengan mudah.  Sebagai permulaan, ini adalah motor yang halus dan bebas getaran.  Di bawah 2000 rpm, komponen ini dapat digunakan seperti mobil biasa yang berjalan tanpa suara mengganggu.  Tentu ini sangat bagus karena membuat mobil Rubicon Jeep sangat mudah dikendarai di kota.

  1. Kaya akan Fitur

Di dunia otomotif, memang ada banyak mobil yang begitu fokus dan dibuat khusus untuk offroad, namun biasanya ada satu kelemahannya, yaitu kurangnya kenyamanan kabin.  Tapi tidak demikian dengan mobil rubicon. Mobil ini tidak seperti 4×4 utilitarian lainnya yang hanya memiliki sedikit fitur di bagian dalam untuk membantunya menapak dalam kondisi ekstrem.

Sebaliknya, mobil Rubicon Jeep dilengkapi dengan pelapis kulit, keempat power window, kontrol iklim zona ganda, sistem musik delapan speaker yang dikombinasikan dengan 8,4 inci.  layar sentuh dengan perintah suara, navigasi, bersama dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Bahkan mobil ini juga memiliki fitur kenyamanan lainnya seperti lampu depan proyektor LED otomatis, tombol start, kamera mundur, layar MID berwarna pada kluster instrumen, sensor parkir depan dan belakang, dukungan lumbar manual untuk kursi pengemudi, 60-40 flat-folding rear seat, dan penyimpanan besar di bawah sandaran tangan tengah.

Tips Jitu dalam Merawat Mobil Rubicon

Apabila Anda sudah memiliki mobil Rubicon Jeep, tentu Anda ingin agar mobil Anda dapat tetap bagus dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, pemeriksaan dan perawatan mobil sangatlah penting dilakukan. Dalam hal melakukan pemeriksaan dan perawatan kendaraan secara berkala, Anda dapat mempercayakannya kepada bengkel DOKTER MOBIL.

DOKTER MOBIL adalah bengkel otomotif profesional yang sudah dipercaya oleh ribuan pemilik kendaraan. Di bengkel ini, Anda dapat melakukan pemeriksaan, perawatan, penambahan komponen pendukung, serta servis yang dilakukan oleh mekanik berpengalaman sehingga menjamin kualitas kendaraan Anda.

Reservasi layanan di Dokter Mobil untuk mobil Rubicon sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan yang ada di Dokter Mobil hingga diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa keunggulan dari mobil Rubicon Jeep beserta tips perawatannya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perawatan dan pemeriksaan kendaraan adalah hal yang sangat penting tidak hanya untuk mobil Rubicon Jeep, melainkan juga semua tipe mobil. Oleh karena itu ada baiknya bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan kendaraan di bengkel terpercaya, seperti DOKTER MOBIL.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1943

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya