🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Mobil Tidak Bisa Menanjak? Berikut 8 Faktor yang Menyebabkannya

Faktor yang Menyebabkan Mobil Tidak Bisa Nanjak

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Ketika Anda melewati lintasan jalan yang memiliki kondisi jalan yang tidak mulus dan juga mobil tidak bisa menanjak, tidak jarang Anda akan melihat beberapa kendaraan yang mengalami beberapa masalah. Salah satu masalah yang paling sering ditemui di area jalan yang menanjak adalah mobil tidak bisa menanjak. Bahkan, tidak hanya tanjakan yang cukup suram saja, tetapi pada tanjakan biasa pun terkadang Anda juga akan menemukan mobil tidak bisa menanjak.

Saat menghadapi kondisi jalan yang cukup menanjak, tentu ketangguhan dari mobil Anda ini sangat dibutuhkan, apalagi jika Anda akan melakukan perjalanan jauh. Setiap mobil memang memiliki spesifikasi mesin yang berbeda, tetapi sering terjadi para pemilik kendaraan mobil malah menyepelekan hal ini yaitu kondisi di mana mobil tidak bisa menanjak.

Faktor yang Menjadi Penyebab Mobil Tidak Bisa Menanjak

mobil tidak bisa menanjak

Permasalahan dari kondisi mobil tidak bisa menanjak bisa dikarenakan oleh beberapa faktor. Contoh sederhana adalah karena mobil yang jarang dipanasi sebelum akan digunakan, mobil yang jarang mendapat service atau perawatan secara berkala, hingga umur mobil Anda yang memang sudah tua. Walau mobil Anda kelihatannya masih bagus, tetapi jika sudah cukup berumur pasti beberapa komponen dari mesin mobil sudah tidak bagus lagi salah satunya dapat menyebabkan mobil tidak bisa menanjak. Akan tetapi, bisa berbeda jika walau memiliki mobil yang berumur tua tetapi Anda masih memberi perawatan rutin ke bengkel dokter mobil, hal ini akan membuat mobil yang Anda gunakan memiliki kondisi yang baik.

Selain hal hal yang disebutkan di atas, ada beberapa faktor lain yang membuat mobil tidak bisa menanjak, yaitu:

Terjadinya Overheating Pada Mesin Mobil Anda

Salah satu hal yang bisa dianggap sebagai penyebab paling utama jika kendaraan Anda mengalami gejala mobil tidak bisa menanjak yaitu terjadi overheating pada mesin mobil. Untuk mengatasi hal ini sehingga kendaraan Anda tidak mengalami gejala mobil tidak bisa menanjak, Anda bisa melakukan perawatan rutin pada komponen mesin mobil, salah satunya Anda bisa pergi ke bengkel mobil terdekat dokter mobil bahkan disini juga terdapat free general check up untuk mobil Anda.

Overheating pada mobil ini dapat menyebabkan permasalahan pada komponen mesin mobil karena ketika overheating terjadi akan memberikan efek pendinginan sehingga akan membuat mesin mobil Anda tidak dapat berkerja secara maksimal.

Masalah Sistem Pada Bahan Bakar Mobil

Hal lain yang menjadi penyebab mobil tidak bisa menanjak adalah penggunaan bahan bakar yang tidak memadai yang artinya bahan bakar yang digunakan oleh mobil Anda tidak menunjang untuk mesin mobil Anda dapat berkerja lebih kuat ketika melewati lintasan jalan yang menanjak. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba bahan bakar yang memiliki kualitas bagus dibanding bahan bakar yang kendaraan Anda gunakan saat ini. Namun, tentu saja, penggunaan bahan bakar harus tetap sesuai dengan oktan dengan penggunaan mobil Anda.

Selain penggunaan bahan bakar yang kurang bagus, salah satu penyebab lainnya adalah karena kendaraan Anda memiliki oktan bahan bakar yang rendah. Hal ini terjadi karena besarnya oktan dari bahan bakar bisa memberikan pengaruh pada proses pembakaran bahan bakar. Jika kendaraan Anda memiliki oktan bahan bakar yang tinggi, hal ini akan memberi efek yang lebih maksimal untuk kinerja mesin kendaraan Anda.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Saluran Bahan Bakar Kendaraan yang Terganggu

Selain dari faktor penggunaan bahan yang harus berkualitas agar menghindari penyebab mobil tidak bisa menanjak, salah satu masalah lain yang bisa menjadi alasan dari mobil tidak bisa menanjak dalam bahan bakar adalah tersumbatnya saluran dari bahan bakar kendaraan Anda. Hal ini tentu akan mengakibatkan penyaluran bahan bakar yang merupakan sumber energi dari mobil akan menjadi terhambat kinerjanya. Biasanya, saluran bahan bakar bisa tersumbat diakibatkan oleh adanya kerak karbon yang menempel atau juga bisa disebabkan dari kebiasaan pengguna mobil yang kurang bagus, yaitu suka menunda pengisian bahan bakar padahal bensin sudah hampir habis. Kebiasaan dari suka menunda ini menyebabkan endapan di dalam tangki bensin akan naik ke saluran bahan bakar.

Oli Mesin Mobil yang Bermasalah

Salah satu faktor lain yang bisa menjadi penyebab adalah oli mesin mobil yang bermasalah. Tentu, untuk mengatasi hal ini Anda bisa lakukan dengan mengganti oli dari mesin mobil Anda secara berkala, Anda bisa sekalian melakukan perawatan rutinnya di bengkel dokter mobil. Pergantian dari oli mesin sebaiknya dilakukan sesuai dengan kilometer yang sudah dituliskan oleh mekanik yang mengganti oli mobil Anda. Selain itu, gunakan juga jenis oli yang memiliki kualitas bagus untuk mobil sehingga akan memberi performa yang maksimal pada kinerja mesin pada mobil Anda.

Terjadi Masalah Pada Aki Mobil

Masalah pada aki atau kelistrikan pada mobil juga bisa menjadi penyebab yang membuat kendaraan Anda mengalami gejala mobil tidak bisa menanjak, bahkan yang paling parah biasa menyebabkan mobil mogok. Untuk menghindari hal ini sebaiknya Anda melakukan pengecekan ke bengkel dokter mobil untuk melihat pada kabel yang mungkin terjadi korosi sehingga menyebabkan aliran listrik mobil tidak lancar, ketika melakukan hal ini sebaiknya dilakukan oleh mekanik yang handal, Anda bisa melakukan pengecekan mobil Anda ke bengkel mobil.

Salah Memilih Ban

Salah dari memilih ban juga bisa menjadi faktor penyebab mobil Anda susah untuk menanjak. Ban sendiri merupakan salah satu komponen penting, sehingga pemilihan dari ukuran ban yang sesuai dengan kendaraan Anda harus sangat pertimbangkan.

Dibaca Juga: Mobil Tarikan Berat? Dokter Mobil Bisa Menjadi Solusinya

Faktor Lain yang Menyebabkan Mobil Tidak Bisa Menanjak

Selain dari faktor komponen mesin yang ada di dalam mobil, tentu ada hal lain yang menjadi penyebab mobil Anda susah melewati lintasan menanjak. Faktor tersebut antara lain:

Kondisi Dari Tanjakan

Ketika Anda yakin kalau keadaan mobil Anda sudah bagus dan bahkan Anda juga rutin melakukan perawatan terhadap mesin di bengkel dokter mobil tetapi ketika melintasi jalan yang curam mobil Anda masih mengalami kesusahan, maka yang bisa jadi ini disebabkan oleh lintasan jalan yang kondisinya tidak baik serta curamnya tanjakan. Karena jika tanjakan semakin curam, hal ini akan membuat mesin pada mobil Anda harus berkerja lebih ekstra. Sebuah tanjakan bisa dianggap curam serta berbahaya jika memiliki sudut kemiringan yang mencapai 30 derajat atau lebih.

Faktor kelihaian pengemudi

Kalau faktor dari mesin mobil sudah baik, kondisi dari lintasan tanjakan juga baik, faktor yang menjadi penentu berikutnya adalah kelihaian dari pengemudi ketika melewati lintasan tanjakan. Terdapat beberapa trik yang bisa Anda terapkan, salah satunya adalah dengan mengambil sisi luar saat melintasi tanjakan. Hal ini karena sisi luar tanjakan biasanya memiliki kondisi jalan yang lebih landai dibanding dengan sisi dalamnya.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai faktor yang menjadi penyebab mobil tidak bisa nanjak. Bisa di simpulkan jika kebanyakan faktor disebabkan oleh kerusakan pada komponen mobil. Untuk menghindari kerusakan tersebut Anda bisa melakukan perawatan rutin ke bengkel dokter mobil, bahkan disini Anda bisa mendapatkan free general check up mobil. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1237

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Jadwal Ganti Oli Mobil

Jadwal Ganti Oli Mobil

Jadwal ganti oli mobil banyak pemilik mobil merasa bingung menentukan kapan waktunya. Padahal jadwal ganti oli mobil harus  dilakukan secara teratur merupakan suatu kewajiban yang

Read More »

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.