📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

6 Tips Service Perawatan Mobil Fortuner

6 Tips Service Perawatan Mobil Fortuner
6 Tips Service Perawatan Mobil Fortuner

Service perawatan mobil Fortuner merupakan salah satu informasi atau hal yang harus benar-benar diperhatikan oleh para pemilik SUV andalan Toyota ini. Toyota Fortuner menjadi salah satu kendaraan jenis SUV yang mempunyai tampilan dan performa gagah.

Tidak heran lagi di saat mobil jenis Toyota Fortuner ini banyak dijadikan pilihan untuk melintasi jalanan yang mulus maupun medan cukup ekstrim. Selain itu, untuk Toyota Fortuner ini dilepas pada pasaran dengan dua pilihan mesin diesel dan non diesel.

Meski terdapat dua pilihan mesin, akan tetapi para pemilik kendaraan Toyota Fortuner harus tetap memperhatikan service perawatan secara berkala. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai perihal service perawatan mobil Fortuner. Sedangkan, untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai perihal service perawatan bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Kiat-kiat Service Perawatan Mobil Fortuner

Kiat-kiat Service Perawatan Mobil Toyota Fortuner

Supaya mesin mobil tetap berada di kondisi yang baik atau selalu bertenaga, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan servis pada beberapa komponen mesin. Ada 6 tips yang bisa dilakukan di saat akan melakukan service perawatan mobil Fortuner di dalam beberapa komponen mesin, yaitu:

  1. Melakukan Pergantian pada Filter Udara

Mesin mobil diesel mempunyai kompresi yang sangat tinggi. Tidak terkecuali juga untuk mobil Toyota Fortuner dimana kompresi yang diberikan mencapai dengan 200 bar. Dengan tingkat kompresi yang tinggi ini tidak heran lagi apabila saringan atau filter udaranya cepat kotor.

Ketika dibandingkan dengan Toyota Fortuner dengan mesin non diesel mempunyai perbedaan yang sangat amat jauh. Di dalam hal ini, sebaiknya Anda atau pemilik mobil Toyota Fortuner dengan mesin diesel harus melakukan pergantian filter udara setiap jarak 15.000 kilometer.

Untuk ukuran kilometer tersebut hanya berlaku di saat kendaraan digunakan pada udara yang cukup bersih. Apabila mobil sering dibawa berkendara ke tempat yang berdebu atau mempunyai tingkat polusi yang tinggi, sebaiknya penggantian filter diganti lebih cepat.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Filter Udara Aftermarket Bisa Tingkatkan Performa Mobil?

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Melakukan Pergantian Bahan Bakar

Tidak hanya saringan udara saja, filter bahan bakar juga menjadi salah satu komponen wajib yang harus diperhatikan oleh para pemilik mobil. Melakukan pergantian filter secara rutin ini juga bisa menjaga pasokan bahan bakar minyak (BBM) yang dibutuhkan oleh mesin tersedia dengan kondisi baik. Selain itu, di dalam melakukan service perawatan mobil Fortuner dianjurkan sesuai dengan panduan yang telah disediakan oleh pabrik.

  1. Memperhatikan Water Sedimenter

Water Sedimenter merupakan salah satu alat yang biasa digunakan oleh mobil dengan mesin diesel modern. Selain itu, untuk alat satu ini berfungsi sebagai saringan atau penyaring untuk menangkap air yang terdapat pada bahan bakar. Sehingga, dengan hal tersebut bisa menghasilkan bahan bakar yang lebih murni.

Karena fungsi dari Water Sedimenter ini untuk menyaring air pada waktu tertentu, maka bisa saja alat tersebut menjadi penuh dan berubah warna. Untungnya untuk mobil baru atau modern sudah terdapat pemberitahuan pada speedometer.

Di dalam hal ini apabila lampu indikator yang berhubungan dengan bahan bakar sudah menyala, maka hal tersebut menunjukkan bahwa air yang tersaring di dalam Water Sedimenter sudah penuh. Langkah yang bisa diambil oleh para pemilik mobil adalah membuang air tersebut.

Cara membuat air pada Water Sedimenter sangatlah mudah. Perhatikan keran yang terdapat di bagian bawah alat yang satu ini. Untuk air hasil saringan dari bahan bakar ini akan bisa dibuang dengan cara memutar kran drain cock.

  1. Melakukan Pergantian Oli Mesin

Sebagaimana yang telah disebutkan diatas, pada Toyota Fortuner dengan mesin diesel ini mempunyai rasio kompresi sangat tinggi. Dengan hal tersebut juga bisa membuat oli mesin menjadi cepat kotor.

Pada gilirannya, untuk hal ini bisa menyebabkan pergantian oli juga harus dilakukan dengan lebih cepat. Idealnya, penggantian oli untuk mesin diesel dapat dilakukan setelah mencapai jarak 5.000 kilometer dan kelipatannya.

Selain itu, oli mesin ini dipergunakan juga khusus pada mesin diesel. Untuk mengetahui hal tersebut, untuk caranya sangat mudah, yaitu dengan melihat kode sertifikasi API (Compression) pada bagian botol nya.

  1. Melakukan Pergantian Filter Oli

Tips service perawatan mobil Fortuner selanjutnya,adalah melakukan pergantian filter oli. Saringan atau filter pada komponen oli ini juga harus diganti secara rutin atau berkala.

Hal tersebut harus dilakukan, karena salah satu fungsi dari oli adalah untuk membawa kotoran atau residu yang tepat terhadap komponen mesin mobil. Selain itu, untuk residu ini mempunyai bentuk seperti pasir.

Apabila filter oli dibiarkan atau tidak diganti dengan waktu yang lama, maka resiko yang bisa timbul adalah residu tersebut akan mengakibatkan kerusakan pada bagian komponen mesin tertentu. Di dalam hal yang satu ini, sebaiknya penggantian filter oli dilakukan pada setiap 3 kali melakukan pergantian mesin.

  1. Melakukan Pengecekan Kondisi Busi Pijar

Salah satu komponen yang harus diperhatikan pada saat melakukan service perawatan mobil Fortuner adalah busi pijar. Ketika komponen yang satu ini berada di dalam kondisi baik, maka untuk mesin Toyota Fortuner ini juga sangat mudah untuk dinyalakan.

Sebaliknya apabila berada di dalam kondisi yang kurang maksimal, maka mesin mobil akan susah sekali untuk dinyalakan. Jika sudah berada di titik tersebut, maka langkah yang bisa dilakukan adalah pergantian busi baru.

Namun, ada satu langkah yang bisa dilakukan sebelum melakukan pergantian busi yaitu melakukan pengecekan. Cara yang bisa dilakukan adalah mengalirkan arus dari aki mobil. Artinya, apabila busi masih nyala akan mengalami perubahan warna merah dan tandanya kondisi tersebut masih cukup bagus.

Bengkel Terpercaya untuk Service Perawatan Mobil Fortuner

Pada era yang serba mudah seperti sekarang banyak sekali macam-macam bengkel mobil yang bermunculan. Sehingga, dengan banyaknya pilihan bengkel mobil ini justru membuat para pemilik mobil bingung harus memilih bengkel yang mana.

Akan tetapi, perlu diingat lagi untuk memilih bengkel mobil ini juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan begitu saja. Tidak ada salahnya juga untuk para pemilik mobil bisa melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu sebelum menentukan untuk memilih bengkel mobil.

Bengkel Dokter Mobil merupakan salah satu bengkel yang bisa membantu Anda di dalam menangani masalah pada semua jenis permasalahan.

Anda juga bisa langsung mengunjungi bengkel Dokter Mobil terdekat, karena Dokter Mobil sudah hadir di beberapa daerah di Indonesia.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai perihal service perawatan mobil Toyota Fortuner. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu para pemilik kendaraan Fortuner yang ingin melakukan service.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/