New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

5 Penyebab Air Radiator Mendidih, Kenali di Sini, Yuk!

Ternyata ada beberapa penyebab air radiator mendidih yang mungkin masih cukup jarang diketahui oleh beberapa pengguna setia mobil. Padahal hal ini sangatlah penting, mengingat air radiator memiliki peran dan fungsi utama dalam bergeraknya sebuah mesin mobil.

Air radiator mampu mendinginkan mesin mobil yang panas sehingga tidak mengalami overheat. Kalau mobil sampai mengalami overheat, mesin mobil bisa mengeluarkan asap bahkan mesin bisa mati mendadak.

Wah, kalau hal ini sampai terjadi pada dirimu, pastinya akan sangat membuat kamu kerepotan apalagi ketika sedang berada di tengah jalan. Mau mencari pertolongan untuk ke bengkel juga pasti cukup sulit, kan? Karena itu, kamu perlu mengetahui penyebab dari air radiator mendidih dan cara untuk mengantisipasi.

Untuk itu, ketika air radiator mobil kamu berubah dan malah jadi mendidih, ada beberapa hal yang wajib dan perlu banget untuk kamu cek kondisinya. Apa saja itu? Yuk, kita bahas satu per satu!

Cek bagian seals karena ini bisa jadi penyebab air radiator mendidih

Kalau ada salah satu segel yang rusak, sistem radiator bisa kemasukan udara yang berlebihan. Kalau hal ini sampai terjadi, tingkat tekanan internal bisa mendapat masalah. Seperti yang kita ketahui, bagian seal sangat sensitif level tekanannya. Alasannya, karena seal berhubungan langsung dengan radiator ke pendinginnya. Untuk itu, tekanan pada aliran udara benar-benar harus diperhatikan levelnya jika air radiator mendingin. Kalau dibiarkan, bukan hanya menyebabkan air radiator mendidih tapi juga mempercepat terjadinya korosi.

Cari tahu apakah ada kerusakan pada kepala gasket

Jika kepala gasket mengalami kerusakan, ciri-cirinya adalah adanya busa yang menempel pada pendingin di reservoir ekspansi. Jika mengalami kerusakan, kemampuan kepala gasket untuk mempengaruhi pompa air dalam mengalirkan cairan dingin juga akan menurun dan hasilnya tidak maksimal. Akhirnya, air radiator pada mobil kamu bisa mendidih, lho.

Kumungkinan ada masalah pada tutup radiator

Air radiator terdiri dari beberapa komponen. Komponen ini mulai dari tangki, tutup radiator, dan air radiator itu sendiri. Masing-masing komponen ini punya peran yang penting, termasuk tutupnya. Tanpa tutupnya, air radiator bisa tumpah ke mana-mana.

Tutup radiator dibagi menjadi tiga bagian. Ada seal utama, segel bali, dan tekanan. Masing-masing memiliki fungsi untuk melakukan kontrol untuk tekanan, ekspansi, serta aliran cairan pendingin menuju semua komponen radiator itu.

Jika tutup radiator bermasalah, sirkulasi panas yang berlebihan bisa terjadi. Untuk itu, kamu perlu mengecek kondisi dari tutup radiator. Pastikan fungsinya tetap bekerja dengan baik. Beberapa ahli percaya, kamu perlu mengganti tutup radiator ini selama lima tahun sekali.

Check kondisi kipas radiator

Jika kendaraan kamu sedang dalam posisi tidak bergerak, keberadaan kipas bisa menjaga radiator tetap dingin. Mesin mobil kamu tidak akan panas akibat adanya kipas radiator ini. Kipas radiator ini selalu dihubungkan ke radiator yang akan melalui berbagai jaringan kabel-kabel. Biasanya, kabel ini akan rentan mengalami korosi setelah dipakai untuk waktu yang cukup lama.

Lihat Juga: Cara Membersihkan Radiator Mobil

Jika hal ini terjadi, radiator bisa menjadi terlalu panas. Akhirnya, sirkulasi udara jadi tidak maksimal saat kondisi mobil sedang berhenti. Untuk itu, saat mobil kamu mengalami air radiator mendidih, pastika kamu lakukan pengecekan pada kipas radiator, ya.

Kemungkinan besar ada masalah di thermostat

Fungsi dari thermostat sendiri adalah untuk membuka saat pendingin yang ada di mesin sangatlah panas. Cara kerja dari komponen ini adalah, pendingin dalam radiator akan mengalir ke dalam mesin. Setelah itu, pendingin panas akan ke radiator lagi untuk mendinginkan kembali. Untuk kamu yang sering ke luar kota dan sering melewati jalanan yang sempit, wajib untuk kamu mengecek kondisiĀ  thermostat ini secara berkala dan memastikannya tetap dalam kondisi yang baik.

Nah, itulah beberapa penyebab air radiator mendidih. Ketika mobil kamu mengalami hal ini, segera cek lima komponen yang sudah disebutkan di atas, ya. Setelah itu, segera bawa mobil kamu ke bengkel dan minta pertolongan dari para mekanik yang profesional serta berpengalaman, supaya mobil kamu bisa jalan kembali dengan normal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya