New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Praktis, Cek di Sini Cara Membersihkan Radiator Mobil!

Ada beberapa cara membersihkan radiator mobil yang wajib kamu ketahui supaya radiator mobil kamu mampu kembali bekerja dengan maksimal. Memiliki fungsi penting untuk bergeraknya sebuah mobil, kamu wajib memperhatikan kebersihan radiator mobil kamu supaya tidak menimbulkan masalah ke depan. 

Seperti yang kita ketahui selama ini, air radiator berfungsi untuk menjaga suhu mesin mobil. Jika mesin terlalu panas, air radiator lah yang akan mendinginkannya. Tanpa adanya air radiator, mobil bisa mengalami overheat atau mesin yang terlalu panas. Jika hal ini terjadi, mesin mobil kamu bisa mengeluarkan asap dan mesin akan mati seketika. Simak cara membersihkan radiator mobil disini.

Cara Membersihkan Radiator Mobil

cara membersihkan radiator mobil

Nah, sampai di sini, kamu sudah tahu kan, betapa pentingnya fungsi radiator mobil itu? Kamu wajib dan harus sering memperhatikan performa serta menjaga kebersihan dari radiator mobil tersebut dan cara membersihkan radiator mobil.

Untuk memudahkan kamu, berikut ini ada beberapa cara membersihkan radiator mobil yang perlu kamu ketahui. Apa saja itu? Di bawah ini ada penjelasan lengkapnya. Cek hingga selesai artikel ini, ya!

1. Siapkan pembersih radiator

Sesuai dengan judulnya membersihkan radiator, tentu saja hal pertama yang wajib kamu siapkan adalah alat pembersih radiator. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan cairan khusus berupa coolant radiator dan cairan lain untuk membersihkan radiator mobil kamu. Setelah disiapkan, kamu bisa beralih ke langkah berikutnya.

2. Pastikan mobil tidak dalam posisi nyala ketika dibersihkan

Saat hendak membuka kap mesin mobil, pastikan mesin mobil sudah tidak menyala dan tidak dalam keadaan panas, ya. Setelah mesin mobil dimatikan, tunggu dulu beberapa saat hingga mesin mobil benar-benar dalam keadaan yang dingin dan sudah bisa dipegang. Dengan begitu, kamu bisa mulai membersihkan radiator mobil kamu dengan kondisi yang aman.

3. Kuras air radiator

Berikutnya, kamu bisa memulainya dengan menguras air radiator hingga habis. Tujuannya, supaya semua air yang lama keluar dan bisa diganti dengan yang baru. Caranya, buka bagian keran yang ada di bawah tangki radiator mobil. Tunggu hingga semua air radiator keluar dan tangkinya benar-benar habis, ya.

4. Bersihkan bagian selang radiator

Untuk membersihkan selang radiator, coba cari selang yang dihubungkan ke mesin. Kamu bisa menyemprotkan air ke selang, hingga seluruh bagian selang tampak bersih dan tak ada lagi kotoran-kotoran yang menempel. Pastikan tidak ada debu atau kerak yang masih tersisa pada selang radiator, ya.

5. Bersihkan inti radiator

Kemudian, setelah membersihkan selang radiator, bersihkan bagian tangki inti radiatornya. Kamu bisa menyemprotnya dengan air yang bertekanan tinggi, untuk memastikan semua kotoran yang ada di dalamnya bisa segera keluar. Lakukan hal ini secara berulang, ya. Setelah kamu memastikan tangki sudah bersih, barulah isi dengan air radiator yang baru.

6. Tutup tangki dan pasang kembali selangnya

Setelah kamu selesai membersihkan tangki dan mengisi air radiator dengan yang baru, selesaikan pekerjaanmu dengan pemasangan seluruh komponen radiator kembali seperti semula. Tutup tangkinya lalu pasang kembali selangnya. Setelah selesai, kamu bisa mencoba menghidupkan mesin mobilmu.

Lihat Juga: Ciri Ciri Radiator Mampet

Kalau berfungsi dengan baik dan suara mesinnya terasa bagus, artinya pembersihan radiator mobil sudah selesai.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan radiator mobil. Cukup mudah bukan? Proses pengerjaannya juga singkat, kok. Untuk itu, saat punya waktu lowong, jangan lupa untuk tetap membersihkan radiator mobil kamu secara rutin, ya. Dengan begitu, kondisi tangki dan air radiator kamu akan tetap terjaga. Mesin mobil akan awet dan mobil bisa digunakan dengan baik.

Kalau anda tidak mempunyai banyak waktu anda bisa mengunjungi salah satu cabang bengkel mobil Dokter Mobil. yang tersebar diseluruh Indonesia untuk membersihkan radiator mobil anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4212

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!