Artikel

Sepele, Cuma Ini Penyebab Asap Hitam Pada Mobil Bensin

Sepele, Cuma Ini Penyebab Asap Hitam Pada Mobil Bensin

Asap hitam merupakan kondisi dimana proses pembakaran tidak berjalan dengan sempurna. Lantas apa penyebab asap hitam pada mobil bensin? Hal ini perlu ditilik lebih dalam agar tidak menimbulkan gejala merembet lainnya. Jika tidak, kenyamanan berkendara anda akan terenggut.

Namun terkadang sebagian pengguna mobil masih bersifat acuh tak acuh selama tidak menimbulkan gejala yang signifikan. Hal ini justriu berbahaya, sebab lambat laun beberapa komponen mesin menjadi bermasalah hingga berujung kerusakan. Hal tersebut menjadi boomerang bagi dirinya sebab penyebab asap hitam pada mobil bensin sepele hanya karena ini;

Kotornya Ruang Pembakaran

Pada dasarnya, penyebab utama ruang pembakaran menjadi kotor karena disebabkan oleh kerak karbon menumpuk di komponen ruang bakar, seperti busi, katalitik, injektor, throttle body, dan lain sebagainya. Mengapa dapat mengalami penumpukan kotoran?

Hal ini tidak terlepas dari penggunaan oli dan bahan bakar bensin. Bisa saja kualitas yang digunakan jelek sehingga mengakibatkan bensin tidak terbakar secara menyeluruh, alhasil timbulah residu atau kerak karbon pada ruang pembakaran. Inilah yang mengakibatkan asap hitam muncul pada saluran knalpot.

Anda dapat mengecek salah satu komponen ruang pembakaran yakni busi. Coba perhatikan dan amati dengan seksama, apakah busi mengalami penumpukan kotoran terutama pada ulir dan kepala busi sebagai pematik api. Kondisi ini juga dapat mengakibatkan kondisi mobil dapat brebet dan knocking.

Baca Juga : Pasti Belum Tahu! Ini Loh Penyebab Mobil Boros Bensin

Cara Mengatasi Asap hitam Pada Mobil Bensin

Jangan biarkan gejala asap hitam melekati mobil anda. Cara mengatasinya yakni dengan melakukan servis tune up di bengkel spesialis. Namun, apakah semua bengkel menghasilkan hasil tune up dengan kualitas sama bagusnya? Jawabannya tentu tidak.

Tune up merupakan proses pembersihan ruang pembakaran secara menyeluruh dari kerak karbon yang membandel. Untuk melakukan proses tune up, tentu tidak terlepas dari tools atau mesin canggih agar hasil servis tune up menjadi berkualitas.

Oleh sebab itu maka sangat penting udah memastikan bengkel yang hendak dituju memang spesialis dan berkompeten menangani tune up, khususnya menangani beragam jenis mobil. Sebab jika tidak ditangani secara serius, asap hitam tidak hilang secara maksimal. Kalau begini jadi buang duit kan?

Berakhir sudah ulasan mengenai penyebab asap hitam pada mobil bensin dan cara tepat dalam mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk anda dan dapat dijadikan sebagai rujukan terpercaya Anda..

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :