📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

4 Kebiasaan Buruk yang Bikin AC Mobil Cepat Rusak

4 Kebiasaan Buruk yang Bikin AC Mobil Cepat Rusak

Kebiasaan Buruk yang Bikin AC Mobil Cepat Rusak – Saat ini, AC mobil adalah sebuah kebutuhan khusus yang wajib ada di dalam sebuah mobil. Banyak orang yang bahkan tidak bisa terlepas dari yang namanya AC mobil saat berkendara.

Hal ini tentunya karena kondisi dari cuaca yang terkadang bisa sangat panas saat siang hari. Sehingga membuat banyak orang mau tidak mau harus menyalakan AC mobil mereka guna meredam hawa panas.

Kebiasaan Buruk yang Bikin AC Mobil Cepat Rusak

Kebiasaan Buruk yang Bikin AC Mobil Cepat Rusak

Ada beberapa hal yang sering diabaikan terkait dengan cara pemakaian AC yang benar. Kita sering kali melakukan kebiasaan buruk yang bikin ac mobil cepat rusak. Tetapi, kita tidak menyadari hal itu dan cenderung abai dengan perilaku tersebut. Sehingga, untuk menghindari agar Anda tidak melakukan hal tersebut dan bisa menjaga AC agar awet, berikut adalah beberapa kebiasaan yang harus dihindari.

  1. Merokok di dalam Mobil

AC memang menjadi salah satu bagian dari komponen mobil yang wajib ada di dalamnya. Hal ini tentunya karena kegunaan AC yang cukup penting untuk memberikan kenyamanan kepada para pengendara. Bisa dibayangkan, jika di dalam sebuah mobil mereka tidak memiliki AC. Sedangkan, pengendara perlu bepergian di siang hari atau cuaca yang panas dalam waktu perjalanan yang panjang.

Hal ini tentu akan sangat membuat tidak nyaman para penumpangnya. Oleh karena hal itu, AC jelas perlu dirawat dengan baik agar tetap bisa bekerja sesuai fungsinya. Salah satu kebiasaan buruk yang bikin ac mobil cepat rusak adalah dengan merokok di dalam mobil. Kebiasaan ini mungkin sering sekali diabaikan oleh para penggunanya.

Meskipun terlihat sederhana, tetapi nyatanya merokok di dalam mobil bukanlah hal yang disarankan. Hal ini dikarenakan pada saat Anda merokok di dalam mobil, maka asap dan juga debu yang berasal dari rokok Anda akan ikut masuk ke dalam filter AC. Dimana hal ini jika dilakukan dengan terus menerus, tentunya akan membuat filter mobil cepat kotor dan tersumbat. Akibatnya, jelas AC mobil Anda akan menjadi kurang maksimal dalam mendinginkan mobil karena udaranya terhambat oleh filter yang kotor.

  1. Membuka Kaca Mobil saat AC Mobil Menyala

Selain dengan merokok di dalam kendaraan, mungkin beberapa dari Anda juga pernah melakukan kebiasaan yang satu ini. Dimana Anda membuka jendela mobil Anda saat berkendara. Dimana pada saat itu, posisi dari AC mobil Anda juga sedang menyala. Jika benar, dan Anda termasuk di dalam orang yang sering melakukan hal ini, sebaiknya kurangi kebiasaan ini.

Hal ini disebabkan kebiasaan membuka jendela mobil saat AC menyala adalah kebiasaan buruk yang bikin ac mobil cepat rusak. Ada beberapa alasan dan faktor yang menyebabkan kenapa membuka jendela saat AC menyala bisa merusak AC. Pada alasan pertama yang terjadi adalah pada saat Anda menyalakan AC, maka kompresor akan mulai bekerja untuk mengubah udara panas yang ada di dalam mobil menjadi udara dingin.  Saat kaca mobil dibuka, hawa panas yang berada di luar mobil akan masuk kedalam kabin mobil. Hal ini tentunya akan membuat kompresor Mobil Anda menjadi bekerja lebih ekstra untuk mendinginkan mobil. Karena ada banyak Udara dari luar yang menambah suhu mobil menjadi tidak ideal. Efeknya, kompresor jika bekerja terlalu ekstra akan menjadi lebih cepat rusak.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Sedangkan, untuk faktor kedua yang menjadi alasan kebiasaan buruk yang bikin AC mobil cepat rusak ini adalah kotoran. Faktor kedua ini juga memiliki konsep yang hampir sama dengan penyebab pertama dari asap rokok. Dimana jika Anda membuka jendela mobil Anda, bukan hanya udara panas dari luar yang akan masuk, tetapi juga dibarengi dengan Debu dan kotoran. Debu dan juga kotoran halus yang masuk ke dalam tersebut, tentunya akan secara otomatis masuk juga kedalam filter mobil yang membuatnya menjadi lebih cepat kotor.

Baca Juga: Seringkali Diabaikan, Inilah Akibat Filter AC Mobil Kotor!

  1. Menggunakan Pewangi Mobil yang Tidak Tepat

Selain dari merokok di dalam mobil dan membuka jendela mobil saat AC menyala. Ada lagi kebiasaan buruk yang bisa menjadi penyebab AC mobil menjadi lebih cepat rusak. Penyebab tersebut adalah dengan memakai pewangi yang kurang tepat pada mobil. Maksud dari menggunakan Pewangi yang kurang tepat pada mobil ini adalah dalam segi bentuknya.

Kebanyakan orang, memakai sebuah pewangi mobil yang berbentuk gel di dalam mobil mereka. Padahal, seharusnya di dalam sebuah mobil idealnya mereka menggunakan Pewangi dalam bentuk cair. Salah satu kebiasaan ini adalah hal yang sebenarnya sangat sering sekali dilakukan. Padahal, hal ini merupakan sebuah kebiasaan buruk yang bikin ac mobil cepat rusak. Hal ini dikarenakan, pewangi mobil yang berbentuk gel akan menguap dan berubah menjadi sebuah gas. Dimana gas tersebut, jika akan masuk kedalam bagian filter mobil. Padahal, gas dari pewangi tersebut akan kembali berubah menjadi gel jika terkena oleh udara dingin.

Hal ini tentunya bukan hal yang baik, sebab gel tersebut jika terus menumpuk dalam jumlah banyak akan berpotensi untuk menghambat filter AC mobil. Bukan hanya pada filter AC mobil, gel tersebut juga bisa saja masuk dan menghambat Evaporator di dalam AC. Efeknya tenyuijuga sudah jelas, hal ini akan bisa mempengaruhi kinerja dari AC mobil dan membuatnya menjadi tidak bisa dingin. Oleh karena hal itu, sebaiknya hindarilah kebiasaan buruk yang bikin AC mobil cepat rusak yang satu ini.

  1. Mematikan Mesin Mobil saat AC Mobil Masih Menyala

Kebiasaan buruk yang bikin AC mobil cepat rusak selanjutnya adalah dengan mematikan mesin mobil saat AC masih menyala. Hal ini mungkin terlihat tidak terlalu berpengaruh, tetapi nyatanya dengan Anda mematikan mesin sebelum mematikan AC adalah sebuah kebiasaan buruk yang perlu dihindari. Ada alasan yang menjadikan penyebab kenapa mesin mobil tidak boleh dimatikan di saat AC masih menyala. Alasan dari kebiasaan buruk yang bikin AC mobil cepat rusak tersebut adalah saat AC mobil masih menyala, kemudian mesin dimatikan.

Secara otomatis AC mobil juga akan ikut mati, meskipun masih dalam keadaan aktif. Hal inilah yang kemudian membuat AC akan otomatis menyala saat mobil dinyalakan. Karena AC menyala secara otomatis tersebut, tentunya mesin harus bekerja lebih ekstra. Hal yang perlu Anda ingat adalah, mesin mobil yang baru menyala akan bekerja dengan lebih ekstra untuk mengalirkan listrik ke berbagai komponen.

Sehingga, dengan menyalakan mobil dibarengi dengan AC mobil yang langsung menyala. Hal ini tentunya membuat aki mobil menjadi bekerja double dan lebih berat. Karena aki mobil yang bekerja terlalu berat dan tidak bisa maksimal, maka arus yang dihasilkan pun juga akan kurang stabil. Hal inilah yang kemudian membuat AC mobil menjadi terpengaruh, sebab listrik yang disalurkan ke komponen kurang dan akhirnya bisa merusak AC mobil.

Rekomendasi Bengkel Service AC Mobil Terpercaya

Selain mencegah kebiasaan buruk yang bikin AC mobil cepat rusak, melakukan perawatan AC mobil secara berkala juga dapat memperpanjang masa pakai AC mobil jadi lebih awet lagi. Jika Anda masih kebingungan dan kurang yakin akan reputasi bengkel AC mobil yang bisa Anda percayakan, Dokter Mobil adalah pilihan yang tepat untuk melakukan perawatan AC mobil secara berkala.

Dokter Mobil mempunyai banyak sekali macam-macam jenis layanan perbaikan mulai dari komponen mesin sampai dengan AC mobil. Semua proses pengerjaan yang dilakukan oleh Dokter Mobil ini sudah dilakukan dengan orang ahli dalam bidangnya.

Tidak hanya sampai disitu saja, untuk semua pengerjaan yang dilakukan oleh Bengkel Dokter Mobil ini mempunyai masa garansi. Sehingga, di saat terjadi hal buruk pada beberapa hari kemudian bisa langsung di klaimkan masa garansi dan tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

Sedangkan, untuk masalah harga Dokter Mobil mengikuti jenis perbaikan yang dilakukan. Akan tetapi, dibandingkan dengan bengkel mobil lainnya untuk Bengkel Dokter Mobil tetap menjadi andalan utama.

Tertarik coba layanan Dokter Mobil? Reservasi layanan service AC mobil di Dokter Mobil sekarang melalui WhatsApp di 0877-7776-0597 (atau klik di sini). Bisa reservasi di mana saja, Anda akan diarahkan menuju cabang Dokter Mobil terdekat untuk nikmati langsung layanan service AC mobilnya tanpa harus khawatir menunggu dapatkan layanannya.

Ada juga bisa datangi langsung cabang-cabang Dokter Mobil terdekat, karena Dokter Mobil telah hadir di banyak kota-kota di Indonesia.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Pegangsaan Dua

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Kalimalang

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Narogong

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang bikin AC mobil cepat rusak. Agar AC Anda tetap awet, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut dan seringlah melakukan servis di Bengkel Dokter Mobil yang merupakan spesialis AC Mobil, terimakasih.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!