New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
penyebab kia visto kalau hujan mesin mati

Penyebab Mesin Mobil Kia Visto Jadi Gampang Mati Saat Hujan

Penyebab kia visto kalau hujan mesin mati – Meskipun memiliki mesin tangguh dan handal, tak jarang mobil kia visto bisa mogok. Yuk tilik penyebab kia visto kalau hujan mesin mati. Dengan demikian, bisa mempersiapkan semua hal dengan baik. Terutama saat di musim hujan.

Memasuki musim hujan, tak sedikit area jalan menjadi tergenang air. Genangan air ini berpotensi menimbulkan kerusakan bagi kendaraan yang melintasi jalan tersebut. Baik mobil mahal maupun murah, keduanya dapat berpotensi menimbulkan mogok dijalan.

Meskipun memiliki mesin tangguh dan handal, tak jarang mobil kia visto bisa mogok. Yuk tilik penyebab kia visto kalau hujan mesin mati. Untuk mengatasinya, penting untuk tahu penyebabnya. Dengan demikian, solusi yang tepat bisa diberikan.

Faktor Penyebab KIA Visto Kalau Hujan Mesin Mati Mendadak

penyebab kia visto kalau hujan mesin mati
Service AC yang Bau

Jika mobil kia visto mengalami mogok karena hujan, bisa jadi kemungkinan terbesar adalah sistem perapian mengalami gangguan. Bila komponen-komponen tersebut terkena air, maka proses pengapian pada mesin dapat terganggu. Dampaknya, laju mobil menjadi tersendat hingga berujung mogok dijalan. Apa saja komponen tersebut?

Komponen-komponen yang dimaksud antara lain distributor, koil, busi, dan ECU (Engine Control Unit). Komponen tersebut sangat berperan dalam sistem pembakaran atau pengapian mobil.

Penyebab paling umum yakni tercampurnya air dan bahan bakar di dalam tangki. Jika sudah tercampur, maka kinerja mobil menjadi tidak maksimal.

Lakukan Ini Jika Mobil KIA Visto Sudah Mogok

Etelah mengetahui penyebab kia visto kalau hujan mesin mati, selanjutnya Anda harus mealkukan beberapa hal agar masalah tersebut bisa terselesaikan

Apabila mobil sudah dalam keadaan mogok, langkah pertama yang harus dilakukan adalah kuras tanki bensin agar terbebas dari air hujan. Setelah selesai, jangan lupa tambahkan lagi bahan bakar ke tangki bensin.

Untuk komponen sistem pengapian, anda dapat mengeringkan komponen mobil dengan menyemprotkan mesin kompresor. Jangan lupa lap dengan tisu kering. Pastikan air dan embun benar-benar menghilang.

Jika hal ini masih belum berhasil, opsi terakhir ialah membawa ke bengkel

ECU merupakan komponen vital pada mobil anda. Komponen ini merupakan “komputer” pada mobil yang berfungsi mengontrol kinerja mesin melalui berbagai sensor yang disematkan. ECU kerap disebut sebagai jantung pada mobil injeksi.

Sebab terletak di ruang mesin menjadi lebih rentan mengalami kerusakan ketika mobil memaksakan diri untuk menerobos genangan air yang cukup tinggi. Jika kerusakan sudah menyerang bagian ECU, mau tidak mau dilakukan perbaikan atau pergantian ECU baru. Biaya penggantian ECU relatif cukup mahal, rata-rata berkisar di angka sekitar Rp5 juta tergantung jenis mobil. Biasanya ECU ini rusak karena kesalahan dalam melakukan setting ECU.

Lihat Juga: Remap ECU Mobil di Dokter Mobil

penyebab kia visto kalau hujan mesin mati

Itulah ulasan pada hari ini tentang penyebab kia visto kalau hujan mesin mati. Semoga dapat membantu permasalahan mobil anda. Jangan lupa rawat dan sayangi mobil anda untuk mencegah kerusakan yang mungkin terjadi. Berani membeli berani merawat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5239

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!